Pantai Wediombo: Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Ada begitu banyak wisata pantai indah di Yogyakarta, dan salah satunya adalah Pantai Wediombo. Meski jaraknya dari pusat kota mencapai 70 km, tapi para wisatawan rela jauh-jauh datang kemari untuk menikmati keindahan alam dan aktivitas menyenangkan yang ada di dalamnya.

Nama Wediombo dari pantai ini berasal dari bahasa Jawa dan memiliki arti pasir yang sangat luas. Hanya dengan melihat dari arti nama pantai ini saja, teman-teman pasti sudah bisa membayangkan betapa luasnya pasir pantai yang ada di sekeliling wisata alam satu ini.

Pantai Wediombo

 

Selain itu, wisata pantai ini juga memiliki berbagai daya tarik lainnya yang tak kalah menakjubkan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika tempat ini sering dipilih oleh beberapa orang yang ingin mengajak keluarga, teman, maupun sahabatnya untuk berlibur ke tempat yang menarik.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Wediombo

Lokasi tepat dari wisata pantai indah ini adalah di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta atau di kawasan wisata pantai Gunung Kidul. Kurun waktu yang dibutuhkan untuk menjangkau lokasi pantai ini dari wilayah pusat kota adalah sekitar 2 jam.

Sebab, jaraknya sendiri mencapai 70 km lebih dari pusat kota Yogyakarta. Sementara untuk jalan ke Pantai Wediombo sudah lancar dan beraspal, sehingga teman-teman bisa mengunjunginya dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Nantinya, awali perjalanan dari wilayah Wonosari menuju ke Desa Mulo. Kemudian, ambil jalan ke kiri untuk menuju ke Desa Jepitu di mana pantai indah ini berada. Sesampainya di Desa Jepitu, teman-teman bisa mengikuti petunjuk jalan yang ada dan tak lama kemudian pintu masuk pantai akan terlihat.

Baca Juga  Pesona Eksotis Pantai Suwuk yang Wajib Dikunjungi di Kebumen

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Salah satu alasan mengapa wisata pantai di Yogyakarta ini selalu ramai pengunjung adalah karena harga tiket masuknya tergolong sangat terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan uang yang tidak terlalu besar, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam yang menyejukkan.

Harga tiket masuk wisata bahari ini adalah Rp5.000,- untuk hari biasa maupun hari libur. Selain itu, masih ada beberapa jenis biaya lainnya yang harus dibayarkan oleh pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, yaitu:

Keterangan Tarif
Biaya parkir motor (tidak menginap) Rp5.000,-
Biaya parkir mobil (tidak menginap) Rp10.000,-
Biaya parkir motor (menginap) Rp15.000,-
Biaya parkir mobil (menginap) Rp35.000,-
Biaya kemah (camping) Rp35.000,-
Biaya sewa peralatan surfing dan pemandu Rp100.000,-

 

Fasilitas Pantai Wediombo

Wisata pantai yang buka setiap hari selama 24 jam ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat membuat para pengunjung semakin betah untuk bersenang-senang di sini. Berikut adalah berbagai fasilitas yang tersedia di dalamnya:

  • Area parkir untuk kendaraan pribadi yang luas
  • Warung makan
  • Mushola
  • Toilet
  • Pusat oleh-oleh
  • Spot foto menarik dan kekinian
  • Tempat penyewaan tenda, tikar, hingga payung pantai
  • Area camping
  • Kelas surfing

Daya Tarik Pantai Wediombo

Wisata pantai satu ini tidak hanya memiliki daya tarik pada panorama alamnya yang indah saja, tapi juga sejarah yang ada di dalamnya. Pantai indah ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi serta pasir putih yang bersih. Selain itu, pantai di wilayah Gunung Kidul ini juga memiliki beberapa daya tarik seperti:

1. Bentuknya yang Unik

Perbedaan antara wisata pantai ini dengan wisata pantai yang ada di Yogyakarta lainnya terletak pada bentuknya. Sebab, bentuk pantai ini menyerupai setengah lingkaran, karena terbentuk dari bekas kawah gunung api. Wediombo merupakan pantai yang juga bisa dikatakan sebagai teluk.

Baca Juga  Pantai Gesing Destinasi Wisata Pesisir yang Wajib Dikunjungi di Jogja

Banyak orang yang percaya bahwa pantai ini merupakan bekas kawan gunung berapi yang tenggelam ke lautan dalam. Jadi, bentuknya yang unik dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata bahari menakjubkan ini.

2. Dilengkapi dengan Tempat Penyu Bertelur

Wisata pantai ini juga bisa menjadi wisata edukasi bagi anak-anak. Pasalnya, Wediombo dikenal sebagai tempat konservasi perairan yang dilengkapi dengan aneka ragam hayati. Mulai dari colenterata, crustacean, mollusca, hingga udang barong dapat dilihat di pantai indah ini.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat sendiri proses bertelur seekor penyu yang ada di pantai ini. Semua penyu yang ada di sini telah dilindungi oleh pemerintah dan warga setempat, begitu pun juga dengan aneka ragam hayati lainnya yang ada di area pantai ini.

3.Kolam Renang Alami

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh wisata pantai ini terletak pada kolam renang alaminya. Ya, wisata bahari Wediombo dilengkapi dengan kolam renang alami yang tercipta akibat tumpukan batu karang yang melingkari setiap sisinya. Tentu ini dapat menambah keseruan liburan para pengunjung.

Bahkan, di dekat area kolam renang alami ini teman-teman juga bisa melihat panorama air terjun menakjubkan yang terletak di sela-sela bebatuan karangnya. Air terjun ini muncul akibat deburan ombak deras yang menghantam bebatuan karang tersebut.

Aktivitas Menarik di Dalamnya

Dengan banyaknya fasilitas dan daya tarik yang ada di dalam wisata bahari ini, tak mengherankan jika ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Berikut adalah beberapa jenis aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan di wisata bahari Wediombo Gunung Kidul:

1. Surfing

Ombak yang ada di pantai ini tergolong tidak terlalu tinggi dan cenderung stabil, sehingga teman-teman bisa memanfaatkannya untuk melakukan surfing. Tak perlu khawatir jika tidak memiliki peralatan surfing yang lengkap, karena di sini sudah tersedia tempat penyewaan peralatan surfing yang sangat lengkap.

Baca Juga  Pantai Karang Hawu: Tiket Masuk, Fasilitas, dan Lokasi

2. Snorkeling

Bagi para pengunjung yang merasa aktivitas surfing kurang menantang bagi dirinya, mereka bisa mencoba aktivitas menyenangkan yang satu ini. Dengan snorkeling di Wediombo, teman-teman bisa melihat langsung keindahan bawah laut yang ada di pantai ini.

Sebab, Wediombo memiliki gugusan terumbu karang di bawah laut yang sangat indah. Jadi, sayang sekali jika pemandangan ini tidak dinikmati dengan sebaik mungkin.

3. Berkemah

Karena wisata pantai ini juga dilengkapi dengan area camping yang memadai, jadi salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini adalah berkemah. Pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise yang indah di sini dengan berkemah di area camping yang tersedia.

4. Berenang

Ketika berkunjung ke pantai tentu orang-orang akan langsung berpikir untuk berenang di tempat tersebut. Dalam hal ini, para pengunjung wisata bahari Wediombo bisa melakukannya di kolam renang khusus. Dengan begitu, mereka tidak perlu khawatir mengenai keselamatannya selama berenang.

5. Memancing

Ingin menenangkan pikiran sejenak sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan? Maka aktivitas ini cocok untuk dilakukan. Sebab, memancing akan mengharuskan seseorang untuk menunggu. Jadi, selama menunggu tersebut teman-teman bisa menikmati keindahan alam di sekitar.

Kesimpulan

Pantai Wediombo memiliki berbagai daya tarik yang membuat orang-orang tertarik untuk mengunjunginya. Umumnya, orang-orang yang sudah mengetahui daya tarik dari tempat ini langsung berkeinginan untuk menghabiskan waktu liburan di sini. Jadi, jangan heran jika tempat ini selalu ramai.