Pantai Walengkabola, Destinasi Wisata yang Cocok untuk Bersantai

Sulawesi Tenggara memang memiliki banyak destinasi wisata kelautan karena areanya memang berbatasan dengan laut. Salah satunya adalah Pantai Walengkabola. Pernahkah Sobat Pantai mendengar nama ini? Wajar jika terkesan asing karena belum banyak yang mengunjungi tempat ini.Pantai Walengkabola

Pantai ini kalah populer dengan pantai lain yang dipugar untuk destinasi wisata umum. Tetapi, hal tersebut tidak membuat pantai ini kalah menarik dengan pantai lainnya. Sobat Pantai bisa menghabiskan waktu yang menyenangkan dan menenangkan di area pesisir ini.

Itu sebabnya, Sobat Pesisir bisa menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi untuk liburan ketika sedang berada di Sulawesi Tenggara. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan di pantai yang indah ini? Berikut ini adalah ulasan singkat tentang pantai berpasir putih di Sulawesi.

Profil Pantai Walengkabola

Pantai ini kini menjadi sebuah destinasi wisata baik turis lokal maupun mancanegara. Tempat ini lebih dikenal sebagai pantai yang alami karena belum dipugar untuk turis.

Di sisi lain, inilah yang membuat para turis tertarik untuk mendatangi Pantai Walengkabola daripada pantai lain di Sulawesi Tenggara. Banyak yang memilih tempat ini karena tidak banyak orang yang datang ke sini, sebab kondisinya yang sepi.

Bagi Sobat Pantai yang memang menyukai ketenangan saat berkunjung ke pantai, maka area ini bisa menjadi tempat yang terbaik. Apalagi pantai dibuka selama 24 jam. Pantai memiliki garis pantai sepanjang 1 km.

Baca Juga  Pantai Katembe, Pantai Terkenal di Sulawesi Tenggara

Di dekat pantai terdapat pepohonan yang rindang dan tak hanya pohon kelapa ala pesisir. Saat berkunjung, Sobat Pantai akan merasa bahwa tempat ini sangat asri dan nyaman dan membuat betah. Akses ke tempat ini pun tidaklah sulit karena daerah pemukiman.

Alamat Pantai

Alamat pantai terletak di Jalan Tanjung, Desa Oempu, Tongkuno. Area ini termasuk ke dalam Kabupaten Muna. Posisi pantai ini berada di antara Selat Buton. Karena menghubungkan Pulau Buton dan Muna, maka Sobat Pantai akan melihat kapal berlalu-lalang di area ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Walengkabola

Lokasi pantai ini cukup strategis. Sobat Pantai perlu menuju lokasi dengan mengunjungi kota Raha terlebih dahulu. Kota ini memang terletak di Sulawesi Tenggara. Dari Kota Raha, jarak menuju pantai sekitar 1 jam 20 menit dengan kendaraan motor atau mobil sejauh 72 km.

Di Kota Raha, Sobat Pantai perlu mengarahkan kendaraan ke Jalan Sutan Syahrir. Kemudian, Sobat Pantai akan menemukan sebuah kota kecil bernama Tombula. Masih lurus ikuti jalan utama, lalu Sobat Pesisir akan langsung tiba di pantai ini. Akses jalan sudah rapi dan nyaman untuk turis.

Tiket Masuk Pantai Walengkabola

Sobat Pantai akan bertemu dengan pengelola dan dimintai tiket masuk yang harganya hanya Rp10.000,00 per orang dan juga berlaku untuk anak-anak. Apabila membawa kendaraan pribadi, maka akan ada retribusi parkir sebesar Rp5.000,00 untuk motor dan Rp10.000,00 untuk mobil.

Jam Buka Pantai

Pantai ini dibuka setiap hari dan buka selama 24 jam. Apabila teman-teman ingin camping di tempat ini, maka teman-teman bisa mendirikan tenda. Kondisi angin di pantai ini tidak terlalu kencang, sehingga nyaman untuk bermalam di tempat ini.

Baca Juga  Pantai Enu Harga Tiket, Rute, dan Objek Wisata

Keindahan dan Daya Tarik

1. Warna Pasir

Tidak banyak pantai di Indonesia memiliki pasir yang warnanya putih seperti pantulan mutiara. Di Pantai Walengkabola, Sobat Pantai akan menemukan bahwa warna pasirnya putih bersih. Warna ini sangat kontras dengan kondisi air lautnya yang jernih dan biru pada siang hari.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Fitriani Waode (@fitrianiwaode)

2. Banyak Gua Alami

Daerah di sekitar pantai ini memiliki gua alami. Gua ini dijaga kebersihannya dan Sobat Pantai bisa masuk dengan gratis. Gua alami ini juga memiliki stalaktit dan stalagmit yang masih aktif dan basah, sehingga menjadi alternatif kegiatan di sini.

3. Asri dan Rindang

Tentu saja suasana pantai \yang menjadi daya tarik utama di pantai ini. Di sekitar pantai merupakan taman-taman dengan pepohonan yang rindang. Sobat Pantai tidak akan merasakan panas yang menyengat di siang hari saat berkunjung ke pantai ini.

Keindahan dan Daya Tarik Pantai Walengkabola

4. Kondisinya yang Masih Sepi

Salah satu alasan mengapa banyak orang pergi ke sini adalah kondisinya yang masih sepi. Hal ini membuat turis bisa lebih bersantai dan menikmati pantai yang bersih. Pengunjung juga akan diawasi oleh penjaga pantai untuk tidak membuang sampah sembarangan.

5. Airnya Jernih

Sobat Pantai bisa menikmati pemandangan yang indah karena kondisi air di tempat ini sangat jernih. Pasalnya, memang tidak ada pembuangan limbah dan hampir tidak ada perahu kecuali untuk menghubungkan antara Pulau Muna dan Pulau Buton.

Kegiatan di Pantai Walengkabola

1. Bermain Air dan Berenang

Berenang bukan merupakan aktivitas yang banyak dilakukan di sini meskipun posisi pesisir pantai sangat landai. Wisatawan yang datang lebih memilih untuk bermain air saja. Pantai ini aman untuk bermain air karena kondisi ombaknya yang kecil dan hanya riak-riak di bibir pantai.

Baca Juga  Pantai Kamali: Keindahan Pantai Tersembunyi di Indonesia

Kegiatan di Pantai Walengkabola

2. Hiking Bukit

Mendaki di perbukitan sekitar pantai merupakan salah satu agenda yang seru dan tidak boleh dilewatkan. Pantai ini memang sangat unik karena ada bukit-bukit di dekat pantai. Sobat Pantai bisa mendaki bukit dan melihat gradasi warna air laut dari atas bukit.

3. Wisata Kuliner

Salah satu agenda di sini adalah wisata kuliner. Di daerah pantai terdapat warga yang menawarkan kuliner khas laut dan makanan khas Sulawesi. Bagi turis yang datang dari jauh, tak ada salahnya mencicipi kuliner saat ke Pantai Walengkabola.

4. Pergi ke Danau Moko

Tidak jauh dari pantai ada sebuah danau yang cantik dan bersih, yaitu Danau Moko. Danau ini merupakan danau alami dengan pemandangan yang sangat indah. Tempat ini juga salah satu destinasi wisata alternatif apabila pantai sedang ramai pengunjung.

5. Bersantai di Hammock

Beberapa pohon kelapa di tempat ini memiliki hammock yang menjuntai dan bisa digunakan oleh pengunjung. Hammock ini aman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan di pantai ini. Sebaiknya, bersantai di hammock dilakukan pagi sampai sore hari.

6. Piknik

Kegiatan yang juga bisa dilakukan di pantai ini adalah piknik. Sobat Pantai bisa memilih tempat yang rindang di bawah pepohonan untuk menghampar tikar dan memakan bekal. Waktu terbaik untuk piknik adalah pagi ke siang hari.

7. Berfoto

Salah satu agenda kunjungan yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto bersama. Pasalnya, tempat ini sangat indah dengan latar belakang laut yang luas. Gunakan aksesoris untuk menambah kesan estetik pada foto Sobat Pantai.

Tips Berkunjung

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi ke sore hari saat cuaca cerah. Ada baiknya jika Sobat Pantai yang berkunjung menggunakan sunblock sehingga kulit tidak terbakar matahari. Agar suasana lebih tenang, sebaiknya kunjungan ke pantai tidak dilakukan pada akhir pekan.

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman di Pantai Walengkabola bisa menjadi sarana liburan alternatif yang asik dan seru. Pantai ini masih sepi sehingga Sobat Pantai bisa merasa lebih tenang.