Pantai Ujung Genteng Pesona Alam dan Kehidupan Laut yang Menakjubkan

Sukabumi mempunyai sejumlah pantai alami yang harus dikunjungi. Bagi Sobat Pesisir yang baru pertama kali mengunjungi daerah di Jawa Barat ini, pastikan mendatangi Pantai Ujung Genteng. Destinasi ini sangat populer dikunjungi oleh keluarga, peselancar, dan anak-anak pecinta alam.

Pantai Ujung Genteng

Lokasinya masih di dalam kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. Maka dari itu, pastikan mampir ke pantai pasir putih ini untuk menghabiskan waktu bersama semilir angin laut dan nuansa deburan ombak yang menyejukkan.

Sobat Pesisir juga bisa melihat penyu-penyu yang baru menetas beraktivitas di pesisir. Kalau ingin tahu apa saja daya tarik dari pantai satu ini, mari simak informasi harga tiket, rute, aktivitas, dan fasilitas di bawah ini!

Seputar Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Sebutan ‘genteng’ pada nama pantai ini sebetulnya serapan dari kata ‘gunting’. Pasalnya, pantai yang alamnya masih terjaga sekali ini memiliki bentuk seperti ujung gunting yang tajam.

Dengan garis pantai hingga 3 km, Sobat Pesisir bisa bermain di atas hamparan pasir atau basah-basahan di laut yang segar.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by NtanYulia (@ntan_yulia03)

Pantai ini memang berada di lokasi paling selatan Sukabumi. Mengingat lokasinya berada di taman yang dilindungi, kawasan ini memiliki peraturan yang ketat supaya setiap pengunjung tidak merusak alam sekitar.

Jadi teman-teman bisa langsung melihat keasrian pantai, lengkap dengan terumbu karang penuh warna, penyu-penyu bayi, pasir yang bersih, hingga laut yang jernih. Ombaknya sendiri tergolong besar, namun beberapa orang masih bisa bermain air di pinggiran, menikmati liburan yang asyik.

Baca Juga  Wisata Bahari di Pantai Sedari Karawang: Tiket Masuk dan Peta Lokasi

Objek Wisata

Beragam aktivitas seru menunggu kehadiran Sobat Pesisir. Teman-teman akan diajak melihat penangkaran penyu, wisata kuliner, ombak yang ideal untuk berselancar, pasar ikan hingga spot foto instagramable. Mau tahu lebih lengkapnya? Berikut daftarnya:

1. Penangkaran Penyu

Pantai ini mempunyai penangkaran khusus yang bertujuan menjaga kelestarian penyu. Teman-teman bisa belajar lebih lanjut tentang kehidupan penyu mulai dari telur sampai menjadi penyu dewasa yang siap menjelajah lautan.Penangkaran Penyu pantai ujung genteng

Pada beberapa waktu tertentu, penangkaran ini akan melepaskan penyu-penyu yang sudah dirawat ke alam aslinya. Sobat Pesisir bisa berpartisipasi melepaskan anak penyu tersebut.

2.  Perahu Bercadik

Disebut perahu bercadik karena memang perahu ini memiliki penyangga pada kedua sisinya. Sobat Pesisir bisa menyewa perahu untuk menjelajahi lautan Ujung Genteng ini.

Perahu Bercadik pantai ujung genteng

Nantinya teman-teman akan di antar ke tengah laut untuk melihat garis Pantai Ujung Genteng dari kejauhan. Harga tiket untuk menaiki perahu ini bervariasi, tergantung dari yang ditawarkan oleh nelayan.

3. Surfing

Pantai ini dikenal memiliki ombak yang besar pula, cocok dijadikan tempat berselancar yang seru. Terdapat beberapa titik yang dikhususkan untuk olahraga ini, salah satunya yang populer adalah area Ombak Tujuh.Surfing pantai ujung genteng

Namun, para pemula tidak diperbolehkan untuk berselancar pantai ini mengingat ukuran ombak yang cukup besar.

4. Berenang di Tepi

Pantai yang berada di pesisir bagian selatan Jawa Barat ini dikenal mempunyai ombak yang besar. Namun teman-teman diperbolehkan untuk main air, asalkan tetap di tepian saja. Hindari berenang terlalu ke tengah, karena arusnya bisa berbahaya dan menarik teman-teman jauh dari pesisir.

Berenang di Tepi pantai ujung genteng

Rasakan kesegaran air laut Ciletuh yang sejuk dan indah. Sobat Pesisir bisa melihat langsung dasar laut yang dihiasi oleh terumbu karang dan berbagai biota laut. Teman-teman pun dapat menyelam untuk menikmati keindahan alam bahari tersebut.

Baca Juga  Pantai Karang Jahe Destinasi Liburan Seru untuk Keluarga

Pastikan tidak merusak habitat ikan dan terumbu karang yang ada. Jika teman-teman menemukan keong, cangkang kerang, atau karang, jangan diambil apalagi dibawa pulang karena bisa mengancam ekosistem bawah laut.

5. Wisata Kuliner

Teman-teman tidak akan kelaparan jika mengunjungi Pantai Ujung Genteng. Aneka restoran hingga warung makan bersedia menarik teman-teman untuk mencicipi masakan khas Jawa Barat. Tentunya yang tidak boleh dilewatkan adalah olahan hewan laut.

Jika berjalan sedikit ke pasar ikan, Sobat Pesisir bisa membeli berbagai hewan laut dengan harga terjangkau, seperti kepiting, lobster, ikan dan lain sebagainya. Tinggal pilih warung makan yang harganya pas di kantong.

6. Pasar Ikan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, tidak jauh dari pantai terdapat pasar ikan yang cukup populer.

Semua yang dijual di sini masih dalam keadaan hidup dan segar. Kualitasnya sudah pasti terjamin, bahkan teman-teman bisa meminta penjual untuk mengolahnya langsung di tempat. Sobat Pesisir bisa membeli ikan, lobster atau hewan laut lainnya sebagai oleh-oleh.

7. Spot Foto

Pantai ini dikelola dengan baik, sehingga menghadirkan beragam spot foto menarik untuk Sobat Pesisir yang suka mengoleksi foto. Selain berfoto di pantai, teman-teman juga bisa menuju area foto yang sudah disediakan, seperti area ayunan pinggir laut dan bingkai berbentuk hati.

Harga Tiket Masuk

Sudah tidak sabar mengunjungi pantai indah ini? Teman-teman hanya perlu membayar tiket seharga Rp10.000 per orang.

Biaya parkir dikenakan kepada yang membawa kendaraan pribadi. Motor dikenakan Rp2.000, mobil Rp5.000, dan bus Rp10.000.

Jam Buka

Tidak ada kata tutup bagi Pantai Ujung Genteng. Sobat Pesisir bisa mendatanginya kapan saja, baik dari hari Senin sampai Jumat. Pantai ini buka selama 24 jam, sehingga teman-teman bisa mendirikan tenda untuk berkemah.

Baca Juga  Pantai Ujung Piring Jepara Keindahan Alam yang Menakjubkan

Jika ingin berkemah, Sobat Pesisir harus izin terlebih dulu dengan petugas di loket tiket. Tenang, berkemah di sini tidak dipungut biaya apa-apa. Teman-teman hanya perlu bayar biaya masuk.

Fasilitas

Teman-teman tidak usah khawatir soal kelengkapan fasilitas, segala hal yang dibutuhkan sudah disediakan oleh pihak pengelola, di antaranya yaitu:

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Kamar mandi
  • Musala
  • Penangkaran penyu
  • Penginapan sederhana
  • Restoran dan warung makan
  • Spot foto

Rute Lokasi

Lokasi Pantai Ujung Genteng berada di Desa Gunung Batu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Supaya lebih mudah, teman-teman tinggal menuju ke Geopark Ciletuh Sukabumi. Kondisi jalannya sudah rapi dan beraspal, meski begitu medannya agak berkelok dan naik-turun.

Bagi teman-teman yang berasal dari Jakarta, bisa menggunakan rute yang menuju ke Ciawi. Kemudian dilanjut dengan jalan ke Pelabuhan Ratu. Pilih rute yang menuju Surade melalui Cikembar dan Jampang. Tidak jauh dari sana, Sobat Pesisir dapat menemukan pantai ini.

Sedangkan jika berangkat dari Bandung, teman-teman dapat menggunakan rute Cianjur menuju Sukabumi. Lanjutkan perjalanan dengan menuju ke Surade melewati Jampang Tengah dan Jampang Kulon. Tinggal ikuti petunjuk jalan yang ada untuk tiba di lokasi.

Sobat Pesisir bisa menggunakan berbagai motor, mobil atau bus untuk menuju lokasi. Jalannya cukup luas ditambah dengan adanya pemandangan hijau di sepanjang jalan.

Tips Berkunjung

Jadikan beberapa tips bermanfaat berikut untuk membuat liburan teman-teman semakin berkesan dan menyenangkan:

  • Tidak berenang atau menyelam ke tengah laut.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF selama bermain di pantai.
  • Tidak mengusik penyu-penyu yang ada di penangkaran.
  • Bawa obat-obatan untuk perbekalan.
  • Tidak membuang sampah sembarangan atau merusak kelestarian alam.

Berlibur ke Pantai Ujung Genteng menjadi suatu pengalaman yang tidak terlupakan. Main bersama anak penyu menggemaskan, basah-basahan di laut yang jernih, serta bermain pasir, semuanya akan semakin asyik jika dilakukan bersama orang terdekat. Jadi jangan lupa mengajak mereka!