Pantai Tiga Warna yang Eksotis di Malang

Malang tidak hanya menjadi kota yang dikenal dengan pariwisata buatan dan bersejarah saja. Tempat ini juga memiliki pariwisata pantai yang alami dan eksotis, yakni Pantai Tiga Warna. Pantai ini sangat ramai dikunjungi pada liburan dan cukup menyenangkan dengan serba-serbi sarananya.

Pantai Tiga Warna

Bagi Sobat Pantai yang selama ini merasa bahwa liburan di pegunungan atau perkotaan Malang terasa jenuh, maka lokasi pantai yang satu ini bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan bersama keluarga dan teman-teman. Berikut ini adalah informasi tentang lokasi wisata unik ini.

Profil Area Pantai Tiga Warna

Pantai ini awalnya bukan dibuka untuk umum. Pasalnya, area ini merupakan sebuah konservasi mangrove berikut tempat rehabilitasinya. Kawasan ini lebih condong dilindungi karena banyak terumbu karang yang juga dibudidayakan. Akhirnya, tempat ini menjadi lokasi wisata tahun 2014.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pantai Tiga Warna (@pantaitigawarna)

Setelahnya, makin banyak wisatawan yang mampir ke tempat ini karena pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini sangat eksotis. Nama Tiga Warna sendiri berasal dari mana yang bisa dilihat oleh wisatawan, yakni biru, merah dan hijau di perairannya.

Perbedaan warna yang ada di perairan tersebut disebabkan oleh kedalamannya. Warna air yang berada di pesisir adalah hijau, kemudian berubah menjadi biru. Semakin dalam, warna airnya berubah menjadi coklat. Meski begitu, bukan berarti pantai ini memiliki air coklat yang kotor.

Baca Juga  Pantai Sigandu, Pantai Indah untuk Berwisata dan Bersantai

Alamat Pantai 3 Warna

Alamat pantai ini merupakan bagian dari Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Apabila Sobat Pantai menempuh perjalanan dari pusat kota Malang ke pantai Tiga Warna, Sobat Pantai membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan motor atau mobil.

Rute Perjalanan Menuju Pantai

Perjalanan menuju pantai ini hampir sama dengan rute ketika Sobat Pantai menempuh ke Pantai Goa Cina. Rute ini menjadi rute favorit karena mudah dan jalannya yang baik. Teman-teman harus mengambil jalan ke arah Gadang, kemudian ambil rute yang menuju daerah Turen.

Setelah melihat adanya dua arah di Turen, yakni Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Cina, Sobat Pantai perlu mengambil arah ke Pantai Goa Cina. Butuh waktu lima menit sebelum akhirnya menemukan sebuah konservasi mangrove dengan nama Clungup Mangrove Conservation.

Setelah melewati tempat konservasi Mangrove tersebut, maka Sobat Pantai akan bisa masuk ke Pantai Tiga Warna.

Sayangnya, tempat ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor atau jalan kaki. Teman-teman yang membawa mobil ke lokasi ini bisa memarkirkan mobil di area sekitar konservasi mangrove.

Tiket Masuk

Sobat Pantai bisa masuk ke area pantai ini hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saja. Harga tiket ini akan digunakan untuk pengelolaan pantai yang biasanya dilakukan setiap hari Kamis setiap minggunya.

Jam Buka

Kawasan pantai 3 warna dibuka setiap hari kecuali hari Kamis. Jam bukanya tidak dibatasi karena ada pengunjung yang mendirikan kemah.

Untuk pemandangan terbaik, Sobat Pantai bisa berkunjung di pagi hari sekitar pukul 08.00. Sobat Pesisir juga bisa menikmati sunset yang indah ketika berkunjung pukul 17.00.

Keindahan Pantai

Keindahan Pantai tiga warna

1. Warna

Warna air adalah alasan utama mengapa banyak orang memilih tempat ini untuk berwisata. Pemandangan unik inilah yang membuat makin banyak pengunjung yang tertarik berlibur ke pantai ini daripada pantai lain di daerah Malang.

Baca Juga  Pantai Ujung Piring Jepara Keindahan Alam yang Menakjubkan

2. Pasir

Pasir di pantai ini memiliki warna yang krem cenderung putih. Kondisi pasirnya cukup bersih, sehingga Sobat Pantai bisa melakukan aktivitas bermain pasir bersama anak-anak dengan lebih leluasa.

3. Ketenangan

Pembatasan jumlah pengunjung yang hanya 100 orang per hari membuat suasana pantai menjadi tenang. Berenang di pantai pun tidak akan terasa kumuh, sehingga pengalaman menjadi lebih menyenangkan.

4. Ombak

Pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau snorkling tanpa takut akan tergulung ombak besar karena ombaknya sangat tenang.

Aktivitas di Pantai

1. Snorkeling

Aktivitas utama yang paling banyak dilakukan oleh para pengunjung di tempat ini adalah snorkeling. Laut ini tidak memiliki kedalaman yang fantastis di sekitar bibir pantainya. Dengan adanya konservasi terumbu karang, Sobat Pantai diizinkan untuk menikmati pemandangan di bawah laut.

Snorkeling Pantai 3 warna

Sobat Pantai harus mendaftarkan diri untuk bisa snorkeling di tempat ini. Tidak harus bisa berenang karena akan ada pelampung dan alat yang disewakan dengan harga sebesar Rp25.000 saja. Biasanya snorkeling diizinkan sekitar 30 menit hingga 1 jam di pantai ini.

2. Berenang

Aktivitas yang tidak kalah seru dilakukan di tempat ini adalah berenang. Sobat Pantai harus bisa berenang di Pantai Tiga Warna jika ingin melakukan kegiatan ini. Untuk anak-anak, pihak pengelola pantai menyediakan penyewaan ban atau pelampung sehingga aktivitas menjadi aman.

Berenang di Pantai tiga warna

Hanya saja, ada jarak yang ditentukan sehingga perenang nantinya tidak akan terlalu jauh untuk berenang. Pantai ini tidak memiliki ombak yang terlalu besar, sehingga Sobat Pantai tidak perlu khawatir. Bibir pantainya cenderung tenang dengan riak-riak air saja.

3. Berkemah

Hal yang paling menarik dari tempat ini adalah Sobat Pantai bisa berkemah. Di sini, Sobat Pantai bisa mendirikan kemah sendiri meskipun jaraknya tidak terlalu dekat dengan bibir pantai. Satu tenda yang didirikan membutuhkan biaya sekitar Rp50.000 untuk sewa lokasi dan sewa lahannya.

Baca Juga  Pesona Eksotis Pantai Wohkudu Jogja yang Mengagumkan

Berkemah di pantai tiga warna

Lama kemah cenderung tidak ditentukan oleh pengelola, namun biasanya perkemahan tidak akan lebih dari dua malam. Pasalnya, tempat ini tidak menyediakan tempat penjual makanan kecuali Sobat Pantai membawa bekal sendiri dan memasak di sekitar kemah.

4. Trekking

Trekking merupakan aktivitas yang seru dilakukan di pantai. Sobat Pantai bisa berkeliling di area sekitar kawasan mangrove dan melihat penangkaran dan budidaya terumbu karang. Trekking akan dipandu oleh seorang pemandu wisata dan sebaiknya dilakukan oleh sedikitnya 10 orang.

Aturan Berkunjung ke Pantai Tiga Warna

1. Banyak pengunjung

Pengelola pantai membatasi jumlah pengunjung yang bisa ke tempat ini. Dalam satu harinya, hanya boleh sekitar 100 orang saja yang masuk ke area pantai. Hal ini menjamin kebersihan dan ketertiban area pantai berhubung kawasannya masih masuk ke kawasan konservasi.

2. Pemeriksaan

Jangan kaget ketika pengunjung akan menjalani pemeriksaan di pantai ini. Pemeriksaan ini dilakukan ke barang bawaan Sobat Pantai. Saat akan keluar, petugas akan mengecek kembali sehingga teman-teman dipastikan tidak meninggalkan sampah di area tersebut.

3. Melakukan reservasi

Ada baiknya jika Sobat Pantai melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung. Sobat Pantai bisa menelepon ke nomor 0812-3333-9889 atau mengirim SMS ke nomor 0821-3267-7714. Reservasi menjamin bahwa Sobat Pantai memiliki slot masuk dari 100 orang pengunjung per harinya.

4. Membawa makanan sendiri

Karena pantai merupakan kawasan konservasi, maka Sobat Pantai tidak akan menemukan penjual makanan seperti di area pantai lainnya. Ada baiknya jika membawa bekal sendiri dari rumah. Hanya saja, Sobat Pantai tidak boleh meninggalkan sampah apapun di area.

Kesimpulan

Lokasi Pantai Tiga Warna cocok bagi Sobat Pantai yang ingin berlibur di tempat tenang. Pantai ini melakukan pembatasan pengunjung sehingga pengunjung yang ada bisa tetap menikmati suasana pantai. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pantai yang juga tempat konservasi ini.