Indahnya Pantai Takisung Wisata Bahari di Tanah Laut

Pantai Takisung merupakan salah satu objek wisata di Kalimantan Selatan yang menyuguhkan pemandangan pantai sekaligus tempat aktivitas jual beli ikan, baik ikan segar ataupun ikan kering yang didapat langsung dari nelayan pantai.Pantai Takisung

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah dipadu dengan birunya air laut. Terdapat banyak penjual jajanan khas pantai, penjual ikan, hiasan kerang, sampai terumbu karang. Jika Sobat Pantai penasaran dengan keindahan pantai ini, simak informasinya berikut.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai

Jika dihitung dari pusat ibu kota Kalimantan Selatan, jarak Pantai Takisung sekitar 87 km. jika dihitung dari pusat kota Pelaihari, jaraknya kurang lebih 22 km. Untuk alamat lengkap pantai ini yaitu di Desa Takisung, Kec. Takisung, tepatnya di sebelah barat wilayah Kab. Tanah Laut.

Rute yang dilalui untuk menuju pantai ini sangat mudah, karena bisa diakses melalui jalur darat dan didukung dengan kondisi jalanan yang bagus, Jika berangkat dari Kota Pelaihari, ketika sampai di putaran Kijang, tinggal lurus saja sampai menemukan tikungan.

Sesampainya di tikungan, ambil jalur yang menuju arah pantai. Lamanya waktu tempuh perjalanan dari titik ini menuju pantai sekitar 40 menit.

Perlu diketahui bahwa pantai ini berada di Laut Jawa, namun ombaknya tidak besar layaknya di pantai selatan pulau Jawa. Pantai ini cukup aman untuk digunakan sebagai objek wisata karena mempunyai ombak kecil yang ramah bagi pengunjung.

Baca Juga  Keindahan Destinasi Wisata Romantis Pantai Asmara

Tak jauh dari pantai ini, ada sebuah batu besar di tengah laut yang diberi nama “batu bejanggut” oleh penduduk sekitar, karena batu tersebut penuh dengan lumut yang licin. Jika dilihat dari kejauhan seperti batu yang berjanggut. Untuk menuju ke pantai yang indah ini bisa menggunakan jasa perahu yang tersedia.

Harga Tiket Masuk

Jika ingin berlibur ke Pantai Takisung, wisatawan hanya dikenakan tarif yang murah, sehingga wisatawan tidak merasa terbebani dengan harga tiket yang mahal. Untuk mengunjungi pantai ini, hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 untuk weekdays dan Rp10.000 untuk weekend.

Harga tiket masuk belum termasuk dengan biaya lain, seperti biaya naik wahana yang disediakan di sana. Berikut informasi mengenai rincian biaya yang dikenakan kepada wisatawan.

Tiket Masuk
Senin – Jumat (weekdays) Rp5.000,-
Sabtu & Minggu (weekend) Rp10.000,-
Biaya Wahana
Sewa ATV Rp50.000,-
Banana boat khusus anak Rp15.000,-
Banana boat khusus dewasa Rp20.000,-

Ketika musim liburan sekolah, tahun baru, dan pasca lebaran, pantai ini kerap kali menjadi destinasi wisata keluarga. Di momen-momen tersebut, biasanya pihak pengelola menambahkan sarana hiburan lainnya seperti pentas seni, panggung musik, dan bazar untuk menambah keramaian.

Pesona Pantai Takisung

Wisata pantai satu ini sangat populer dan ramai dikunjungi orang Kalimantan Selatan, terutama yang berasal dari Kota Banjarmasin, Tanah Laut, Banjarbaru dan sekitarnya. Di pantai ini, wisatawan dapat menyaksikan aktivitas penduduk sekitar sebagai nelayan dan pengolah makanan khas Tanah Laut

Pantai ini mempunyai nilai tersendiri dalam hal keindahan alamnya. Pantai ini memiliki lautan pasir yang landai, hamparan pasir putih, serta birunya air laut. Pantai yang landai ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati indahnya sunset di pantai, berenang, dan bermain pasir.

Baca Juga  Wisata Pantai AURI Sepinggan Aktivitas, Harga Tiket dan Fasilitas

Secara geografis, wilayah ini menghadap Barat sehingga memungkinkan melihat keindahan sunset. Ketika matahari tenggelam menjadi waktu yang dinantikan oleh banyak wisatawan karena di pantailah bisa terlihat matahari seolah-olah tenggelam ditelan luasnya laut.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Pantai ini tak pernah sepi didatangi wisatawan, baik yang berasal dari daerah setempat maupun luar kota. Di pantai ini, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menarik dan seru.

1. Berenang dan Bermain Air

Jika pergi ke pantai, aktivitas utama yang pasti dilakukan yaitu bermain air dan berenang. Dikarenakan pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, maka aman digunakan untuk berenang ataupun sekedar bermain air.

Wisatawan tidak perlu khawatir akan tenggelam selama tetap mematuhi peraturan yang berlaku di pantai ini. Salah satu peraturan yang harus menjadi perhatian penting bagi wisatawan yaitu adanya larangan untuk berenang hingga ke tengah lautan.

Wisatawan hanya boleh berenang di tepian laut yang dekat dengan bibir pantai. Jika berenang sampai ke tengah laut sangat berbahaya karena lebih dalam dan berpotensi tenggelam. Selain itu, ombaknya cenderung besar di tengah laut.

2. Menaiki Banana Boat

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas yang dapat memacu adrenalin, bisa coba untuk menaiki banana boat. Wisatawan akan menikmati sensasi menegangkan berada di laut lepas dan berpacu dengan kecepatan yang cukup tinggi.

3. Menikmati Indahnya Sunset

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini yaitu ketika sore hari. Di waktu ini, wisatawan dapat menikmati indahnya sunset di tepi pantai. Perpaduan langit jingga dan merah yang disuguhkan sangat memikat siapapun yang melihatnya.

Pemandangan indah ini patut diabadikan dalam sebuah foto. Wisatawan juga dapat berfoto dengan latar belakang senja yang akan terlihat aesthetic.

4. Bermain ATV di Tepi Pantai

Bermain ATV juga dapat memacu adrenalin. Wisatawan dapat dengan leluasa menaiki ATV dan berkeliling di sekitar pantai sambil menikmati suguhan pemandangan yang eksotis.

Baca Juga  Pantai Kemala, Destinasi Liburan di Balikpapan: Tiket Masuk, Lokasi, dan Rutenya

5. Berfoto

Pantainya yang indah sangat disayangkan jika tidak diabadikan dengan baik melalui jepretan kamera. Didukung dengan indahnya pemandangan, maka wisatawan dengan mudah berfoto dengan mencari spot foto yang menarik. Bisa juga mengabadikan setiap sudut objek wisata melalui jepretan kamera.

6. Menonton Pertunjukan Pentas Seni

Sarana hiburan yang disediakan oleh pihak pengelola salah satunya yaitu mengadakan live music yang mengundang penyanyi lokal. Selain itu, pihak pengelola terkadang juga menyelenggarakan pertunjukan seni, seperti tarian khas daerah setempat.

Fasilitas Pantai Takisung

Pantai ini menjadi salah satu ikon dari Kota Pelaihari, karena menyuguhkan pemandangan yang indah dengan pasir putih yang terhampar luas, dihiasi pohon kelapa yang tinggi, dan birunya air laut yang menyejukkan mata.

Terdapat berbagai sarana untuk menunjang liburan para wisatawan yang datang. Ada persewaan ban dan pelampung, banana boat, dan persewaan perahu untuk berlayar menikmati pemandangan pantai yang indah, serta persewaan ATV.

Selain itu, Sobat Pantai tak perlu khawatir tersengat oleh teriknya matahari, karena di pantai ini juga tersedia penyewaan payung besar beralas karpet, ataupun semacam pendopo berkapasitas besar yang mampu menampung keluarga besar.

Jika ingin berwisata kuliner dan juga mencari oleh-oleh, di pantai ini banyak dijumpai tempat makan dan toko souvenir. Selain itu, terdapat Kelotok yang bisa digunakan wisatawan jika ingin mengunjungi Pulau Datu.

Tips Liburan ke Pantai Takisung

Agar rencana liburan berjalan lancar, Sobat Pantai perlu mengikuti tips berikut:

  • Selalu cek perkiraan cuaca sebelum berangkat. Disarankan berangkat ketika cuaca sedang cerah.
  • Persiapkan pakaian ganti jika ingin bermain air di pantai.
  • Membawa uang tunai untuk mengantisipasi tidak tersedianya layanan pembayaran non-tunai.
  • Selalu buang sampah pada tempatnya agar kebersihan pantai tetap terjaga
  • Disarankan datang saat weekday untuk menghindari keramaian wisatawan yang datang.

Bagaimana, Sobat Pantai sudah siapkan tanggal liburan ke tempat ini?