Lokasi, Harga Tiket, Serta Aktivitas di Pantai Sopapei

Daerah Ambon terkenal dengan berbagai wisata alam yang indah dan menakjubkan. Hampir di setiap pesisir pulaunya terdapat pantai dengan karakteristik yang berbeda-beda, salah satunya adalah Pantai Sopapei. Pantai ini baru dibuka secara resmi sebagai objek wisata di Pulau Ambon.

Pantai Sopapei

Pantai bernama Sopapei ini memiliki ciri khas yaitu pasir yang berwarna putih dan air laut yang sangat jernih. Untuk menjangkau pantai ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menempuh jarak 15 km dari pusat kota Ambon menggunakan kendaraan bermotor.

Bagi Sobat Pantai yang berencana untuk liburan di tempat yang tenang, maka Sopapei dapat menjadi pilihan. Pantai ini tergolong masih baru sehingga tidak terlalu ramai dan nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga. Masyarakat di sekitar pantai juga banyak menjual makanan dan oleh-oleh.

Harga Tiket Masuk

Pada dasarnya, harga tiket masuk Sopapei berbeda-beda tergantung dari arah mana Sobat Pantai dataang. Akan tetapi, umumnya harga tiket dijual dengan kisaran harga Rp3.000 hingga Rp10.000 per orang. Harga tersebut tentu tergolong sangat murah untuk ukuran tiket wisata yang sangat indah.

Sementara itu, biaya parkirnya juga terbagi dua, yaitu Rp4.000 untuk kendaraan beroda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan beroda empat. Jadi, maksimal biaya yang harus Sobat Pantai persiapkan saat berkunjung ke Sopapei adalah Rp15.000 untuk setiap orang.

Rute Menuju Pantai

Pantai Sopapei berlokasi di Negeri Bawah, Suli, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Jika menggunakan maps, pilih titik koordinat 97GX+GV. Untuk menjangkau lokasi, Sobat Pantai dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, baik roda dua atau empat.

Baca Juga  Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Ngurtafur

Kendaraan pribadi hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam, namun untuk kendaraan umum sedikit lebih lama. Sobat Pantai dapat memulai perjalanan dari pusat kota Ambon khususnya Terminal Mardika. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Sopapei yaitu sekitar 45 menit.

Akan tetapi, jika ingin sampai lebih cepat, bisa menggunakan jasa ojek yang ada di pangkalan di Ambon. Sobat Pantai hanya perlu mencari tukang ojek terdekat dan menanyakan biaya untuk sampai di Sopapei. Jika setuju dengan harga yang diberikan, maka segera berangkat menuju pantai tujuan.

Aktivitas Menarik di Pantai Sopapei

Saat berkunjung ke pantai, Anda tentu harus memiliki rencana aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Nah, keindahan pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati oleh para pengunjung, termasuk melakukan beragam aktivitas berikut ini.

1. Berenang

Air Sopapei yang jernih dan segar dapat membuat siapapun yang berkunjung menjadi tertarik untuk menikmatinya. Salah satu cara terbaik untuk merasakan kesegaran tersebut adalah dengan berenang. Aktivitas ini sangat cocok dilakukan di Sopapei karena pengunjungnya tidak terlalu padat.

Saat berenang, Sobat Pantai harus memperhatikan batas agar tidak terlalu jauh. Jangan lupa untuk menjaga jika anak kecil saat ikut berenang. Jangan sampai lepas dari pengawasan dan berpotensi berakibat fatal. Setiap anak harus diawasi oleh orang tua maupun sanak saudara selama bermain.

Selain itu, perhatikan juga waktu berenang. Hindari untuk menghabiskan waktu terlalu banyak di air. Hal ini disebabkan karena tubuh Sobat Pantai bisa kelelahan atau kram dan susah bergerak di dalam air. Oleh karena itu, kemampuan fisik tubuh wajib menjadi perhatian setiap orang.

2. Mencari Inspirasi

Saat Sobat Pantai bekerja di bidang seni, mencari inspirasi atau ide tentu hal yang selalu dilakukan. Umumnya, inspirasi tidak dapat diprediksi kapan muncul. Akan tetapi, Sobat Pantai dapat membuat pikiran menjadi rileks dengan berkunjung ke tempat tenang dan indah sehingga pikiran menjadi jernih.

Baca Juga  Lokasi, Jam Operasional, dan Harga Tiket di Pantai Santai

Dengan demikian, inspirasi akan lebih mudah untuk ditemukan. Selain itu, Pantai Sopapei juga sering dijadikan sebagai tempat merenung bagi para penyair lokal Ambon. Nah, jika Sobat Pantai juga memiliki bakat layaknya penyair, pastikan untuk berkunjung ke tempat ini.

Misalnya, ingin membuat naskah puisi atau drama. Saat memandang hamparan pantai yang luas dan biru, berbagai inspirasi dapat muncul. Sobat Pantai bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak sekaligus memanjakan penglihatan.

3. Spear Fishing

Menangkap ikan atau spear fishing sambil menyelam adalah salah satu aktivitas yang paling menjadi pilihan wisatawan Sopapei. Pantai ini memiliki potensi ikan yang sangat banyak sehingga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, spear fishing bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, teknik menangkap ikan tradisional ini tidak akan menghancurkan ekosistem bawah laut. Kegiatan ini dapat mengetes adrenalin sekaligus mendapatkan ikan yang banyak. Kemudian, Sobat Pantai dapat membuat acara bakar-bakar ikan bersama keluarga saat berlibur.

Misalnya, setelah seharian menikmati indahnya pantai, Sobat Pantai dapat makan ikan hasil tangkapan pada sore maupun malam hari. Akan tetapi, tidak semua orang dapat menangkap ikan dengan teknik spear fishing. Hanya orang yang memiliki keahlian yang mampu melakukan spear fishing.

4. Camping

Hamparan pasir Sopapei yang bersih dan menggoda dapat mencapai tempat strategis untuk camping. Terlebih lagi, riwayat pantai ini memiliki surut ombak hingga mencapai 100 meter. Jadi, camping bisa dilakukan dengan aman bersama keluarga maupun teman terdekat.

Meskipun demikian, Sobat Pantai sebaiknya berkoordinasi dengan pihak pengelola terlebih dahulu untuk memastikan kondisi pantai aman untuk camping. Umumnya, pihak pengelola juga mendata jumlah orang yang camping untuk memastikan semuanya terkendali dengan baik.

Baca Juga  Pantai Ora Surganya Bawah Laut Indonesia Timur

5. Snorkeling

Airnya yang jernih membuat Pantai Sopapei Ambon cocok untuk snorkeling. Aktivitas ini dilakukan untuk melihat keindahan bawah laut seperti ribuan ikan-ikan, terumbu karang, maupun berbagai hewan laut lainnya. Snorkeling sebaiknya dilakukan bagi orang-orang yang telah profesional atau terbiasa.

Jika tidak, Sobat Pantai dapat meminta bantuan kepada profesional untuk melakukannya. Mereka akan mengajarkan cara menggunakan alat snorkeling serta memberikan pendampingan. Pastikan juga Sobat Pantai membawa kamera untuk mengabadikan keindahan keindahan bawah laut Sopapei.

6. Refreshing

Beraktivitas secara rutin setiap harinya membuat tubuh Sobat Pantai menjadi lelah. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan waktu istirahat sekaligus menenangkan pikiran dengan refreshing. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan berkunjung ke Sopapei di waktu libur.

Refreshing ke pantai dapat membuat pikiran menjadi lebih segar dan tubuh lebih rileks. Sobat Pantai dapat mengatur refreshing sesuai dengan waktu libur kerja maupun sekolah. Dengan demikian, bisa memboyong keluarga untuk ikut bersama berkunjung ke Sopapei yang indah.

7. Liburan Keluarga

Saat berada di kota Ambon, Sobat Pantai tidak perlu bingung harus berkunjung ke mana. Sopapei menawarkan banyak fasilitas serta aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama keluarga. Jangan khawatir, terdapat banyak pilihan wisata kuliner yang terdapat di sekitar pantai.

Misalnya, menikmati pemandangan pantai dengan tiupan angin sepoi-sepoi bersama dengan air kelapa muda. Sopapei juga menyediakan banyak fasilitas untuk anak-anak untuk bermain. Selain itu, terdapat kursi bambu dan joglo yang dapat digunakan untuk beristirahat sekaligus mengawasi anak.

Kesimpulan

Ambon memang terkenal dengan berbagai tempat wisata yang indah, termasuk Pantai Sopapei. Pantai ini memiliki ciri khas yakni pasir yang putih, pemandangan bawah laut yang indah, serta air yang jernih. Selain itu, Sopapei juga cocok untuk aktivitas seperti berenang, snorkeling, hingga camping.