Pantai Sigandu, Pantai Indah untuk Berwisata dan Bersantai

Batang merupakan area di bagian utara dari Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Laut Jawa. Kabupaten ini memiliki sebuah pantai yang indah bernama Pantai Sigandu. Kunjungan ke pantai ini menjadi sebuah alternatif wisata warga Batang beberapa tahun belakangan.

Pantai Sigandu

Pantai ini cukup luas dengan ombaknya yang cukup tenang. Pihak pengelola pantai juga membuat pantai menjadi rapi dan layak untuk dikunjungi oleh orang-orang yang mencari pantai bagus. Akses menuju pantai ini pun tidaklah sulit.

Penasaran dengan kondisi pantai Utara di Jawa Tengah ini? Berikut adalah beberapa informasi yang perlu Sobat Pantai ketahui sebelum memilih pantai ini sebagai tempat berlibur.

Profil Pantai Sigandu

Kepopuleran Pantai Sigandu akhir-akhir ini semakin meningkat. Pasalnya, banyak orang yang memilih tempat wisata alam dan pantai ini menyajikan destinasi wisata yang nyaman dan tiket masuknya yang murah. Pantai ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Batang.

Profil Pantai Sigandu

Saat Sobat Pesisir mampir ke tempat ini, maka sejauh mata memandang adalah hamparan air laut yang terlihat sangat bersih. Teman-teman tidak akan melihat hamparan pulau-pulau kecil di tempat ini. Tidak ada juga perahu atau kapal yang sedang berlayar di laut.

Ombak yang tenang menjadi alasan mengapa banyak orang menghabiskan waktu di sini, bahkan untuk sekedar berenang. Pantai ini juga tidak terlalu ramai apalagi ketika hari kerja. Alasan inilah yang membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang bagus.

Baca Juga  Pantai Tiga Warna yang Eksotis di Malang

Alamat

Alamat pantai ini terletak di Kampung Sidomulyo, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Akses menuju pantai tidaklah sulit karena pantai juga tidak jauh dari pemukiman. Dari Jalan Pantura, Sobat Pesisir hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan menuju pantai utama.

Rute Menuju Lokasi

Sobat Pesisir bisa pergi ke pantai ini hanya dengan berjalan kaki. Jika ingin membawa kendaraan, teman-teman bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Sobat Pesisir hanya perlu pergi ke kampung Sidomulyo saja dan akan langsung menemukan pantai ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk, Sobat Pesisir hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp5.000,00 saja per orang termasuk anak-anak. Untuk parkir, pengelola mengharuskan pengunjung untuk membayar retribusi sebesar Rp5.000,00 untuk motor dan Rp10.000,00 untuk mobil.

Jam Buka

Jam buka Pantai Sigandu dimulai pada pukul 07.00. Di jam ini akan ramai sekali pada saat akhir pekan dengan banyaknya anak-anak bermain pasir dan berenang. Sementara pantai ditutup pada pukul 17.00 dan tidak boleh ada yang menginap di sekitar pantai.

Fasilitas Pantai Sigandu

Fasilitas Pantai Sigandu

1. Parkiran

Meskipun banyak sekali pengunjung yang datang dengan kendaraan ke pantai ini, Sobat Pantai tidak perlu khawatir. Parkiran di pantai ini sangat luas dan bisa menampung motor dan mobil dalam jumlah yang banyak. Mereka juga akan menjaga kendaraan dengan aman.

2. Mushola

Sobat Pantai juga tidak perlu khawatir jika ingin menghabiskan waktu seharian di sini. Ada mushola yang cukup bagi wanita dan pria melakukan ibadah sholat di tempat ini.

3. Cafe

Meskipun pantai ini tidak terlalu luas seperti pantai utara lainnya, namun kawasan ini memiliki cafe-cafe yang menyajikan hidangan enak dan tempatnya yang nyaman.

Baca Juga  Pantai Gesing Destinasi Wisata Pesisir yang Wajib Dikunjungi di Jogja

4. Taman

Pengelola pantai juga menyediakan taman yang luas bagi Sobat Pantai yang ingin menghabiskan waktu bersantai di bawah pepohonan. Tamannya cukup asri dan terdapat spot untuk berfoto bahwa Sobat Pantai sedang berada di Pantai Sigandu.

5. Taman Olahraga

Bagi Sobat Pesisir yang ingin menghabiskan waktu untuk berolahraga, pantai ini juga memiliki sebuah taman olahraga. Hanya saja, olahraganya sebatas voli pantai dan cukup ramai ketika akhir pekan.

6. Penginapan

Pengunjung yang memang sengaja berlibur ke tempat ini juga tidak perlu khawatir karena banyak penginapan di sekitar pantai. Banyak homestay yang dikelola oleh penduduk sekitar sehingga Sobat Pantai bisa menginap tanpa harus berkemah.

7. Playground

Apabila Sobat pantai membawa anak, pantai ini tidak akan terasa membosankan karena terdapat sebuah playground untuk mereka. Apabila mereka tidak mau berenang, mereka bisa bermain di arena playground.

Keindahan Pantai

1. Pantai yang Luas

Meskipun tidak seluas pantai lainnya, namun pantai ini juga menawarkan pasir putih yang areanya cukup luas. Kontur pesisirnya landai sehingga tidak membahayakan pengunjung yang ingin bermain air laut di pinggir pantai. Kondisi pantainya juga sangat bersih dengan airnya yang jernih.

2. Banyak Cafe dan Restoran

Bosan dengan sajian makanan sehari-hari? Sobat Pantai bisa mendatangi area pantai ini untuk mencicipi berbagai olahan seafood yang enak. Pantai ini memiliki cafe dan restoran berbagai level. Sambil makan, Sobat Pantai juga bisa langsung memandangi keindahan laut.

3. Memiliki Banyak Objek Wisata

Salah satu kelebihan pantai ini adalah banyaknya objek wisata di sekitar yang membuat pengunjung tidak akan merasa bosan. Objek wisata yang terkenal dari tempat ini adalah Dolphin Center alias penangkaran lumba-lumba yang dikelola oleh pemerintah Kabupaten Batang.

Baca Juga  Pantai Muara Beting, Keindahan Tersembunyi di Bekasi

Aktivitas di Pantai

1. Berenang

Sobat Pesisir bisa berenang di area ini tanpa khawatir dengan ombaknya. Di sekitar pantai juga banyak penyewaan pelampung. Untuk anak-anak, mereka harus berenang dengan didampingi oleh orang dewasa.

2. Wisata Kuliner

Aktivitas yang banyak dilakukan oleh warga yang berkunjung ke area ini adalah wisata kuliner. Pantai ini memiliki banyak warung makan dan restoran dengan sajian seafood yang lezat. Tempat makan di daerah ini juga sangat nyaman dengan harga yang terjangkau.

3. Menikmati Sunset

Hal yang juga bisa dilakukan di sini adalah menikmati sunset. Teman-teman bisa menikmati pemandangan ini mulai dari pukul 16.30 hingga 17.00. Sambil menikmati sunset, teman-teman juga bisa berfoto dengan background air dan matahari terbenam.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dilla. (@dillaariyanti_)

4. Melihat Hutan Mangrove

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung adalah melihat hutan mangrove. Hutan ini merupakan binaan pemerintah Kabupaten untuk mencegah abrasi yang terjadi di pantai Utara Pulau Jawa. Ada sekitar lebih dari 2000 pohon yang bisa dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Tips Berkunjung ke Pantai Sigandu

1. Berkunjung pada Sore Hari

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada saat sore hari, sekitar pukul 15.00 hingga pantai ditutup. Kondisi pantai tidak lagi panas dan teman-teman juga bisa melihat indahnya matahari terbenam apabila cuaca sedang tidak mendung.

2. Membawa Uang Jajan

Tak lengkap rasanya jika mampir ke pantai ini tanpa membeli jajan atau wisata kuliner. Meski tidak wajib, sebaiknya Sobat Pantai membawa uang jajan. Teman-teman bisa menikmati ragam kuliner yang lezat di sini.

3. Memakai Sunblock

Apabila berkunjung pada siang hari, cuaca di tempat ini cukup terik. Sebaiknya, gunakan sunblock tubuh dan wajah sehingga tidak terbakar oleh sinar matahari.

Pantai Sigandu merupakan destinasi populer di pantai utara Jawa Tengah. Sobat pesisir bisa menikmati pemandangan pantai sambil wisata kuliner di tempat ini. Pantai juga bisa diakses dengan mudah dan harga tiket masuknya yang terjangkau untuk semua kalangan.