Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan tempat wisata di Lombok yang dikembangkan sejak tahun 1980. Keindahan yang ditawarkan membuat popularitas pantai ini terus meningkat dan tidak pernah padam. Jika datang pada suasana cerah, Sobat Pantai akan melihat pemandangan dengan lebih jelas.Pantai Senggigi

Para wisatawan juga akan memandang latar belakang gunung Agung dari Pulau Bali. Hembusan angin laut yang terasa segar akan berpadu dengan deburan ombak yang tenang di bibir pantai. Tidak hanya itu, hamparan pasir putih sangat pas digunakan untuk bersantai.

Pada sore hari, Sobat pantai akan dimanjakan saat melihat mata hari tenggelam atau sunset. Waktu inilah yang paling ditunggu oleh para wisatawan karena cahayanya berpadu dengan gemerlap sinar lampu yang terlihat dari bangunan maupun hotel-hotel sekitar.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Senggigi

Alamat Senggigi Beach di Jalan Raya Senggigi km 6-10, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasi pantai ini cukup strategis, karena terhubung dengan 3 tempat wisata lainnya, yaitu air terjung Sendang Gile, Bukit Malimbu, dan Gunung Rinjani.

Dari Bandara Lombok, Sobat pantai dapat menjangkau Senggigi Beach hanya dengan berkendara sekitar 1 jam.  Pantai ini tergolong cukup mudah untuk ditemukan karena dapat diakses melalui dua jalur, baik udara, darat, maupun laut.

1. Jalur Udara

Akses tercepat dan termudah yang dapat digunakan oleh para wisatawan adalah jalur udara. Dari Bandara Lombok, Sobat Pantai dapat memesan taxi bandara atau memesan penjemputan khusus dari agen travel. Akan tetapi, tarif taxi bandara tentu tergolong cukup mahal.

Baca Juga  Pantai Lariti Bima Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Fasilitas

2. Jalur Darat

Untuk menjangkau Senggigi Beach melalui jalur darat, wisatawan dapat berangkat dari pusat kota. Sobat Pantai dapat memulai perjalanan dari Alun-Alun Tastura Lombok dengan estimasi waktu sekitar 65 menit untuk jarak 50 km.

3. Jalur Laut

Transportasi yang efektif untuk digunakan untuk menghubungkan antara Lombok dan Bali adalah kapal ferry Lembar. Akan tetapi, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan yaitu sekitar 4-5 jam. Jika ingin lebih cepat, Sobat Pantai dapat mempertimbangkan fast boat.

Sesuai namanya, fast boat akan mengantarkan wisatawan dengan waktu 45 menit hingga 1 jam saja. Umumnya, kendaraan ini membagi rute keberangkatan di beberapa titik dalam wilayah Pulau Bali, seperti Amed dan Padang Bae.

4. Angkutan Umum

Jika ingin berhemat, gunakan angkutan umum seperti Damri yang telah tersedia. Sobat Pantai hanya mengeluarkan biaya mulai dari Rp25.000 hingga Rp30.000 setiap orangnya.

Jam Buka

Meskipun memiliki panorama alam yang sangat indah, Pantai Senggigi tidak memiliki jam operasional tertentu. Pantai ini buka sepanjang hari selama 24 jam sehingga dapat diakses kapan saja. Akan tetapi, jika ingin menikmati sunset yang indah, silakan berkunjung pada sore hingga malam hari.

Harga Tiket

Untuk masuk ke Senggigi Beach, setiap wisatawan hanya membayar Rp10.000. Adapun jika membawa kendaraan, akan terkena biaya Rp2.000 – Rp15.000. Biaya tentu belum termasuk penggunaan wahana yang tersedia di pantai, seperti kanu, jet sky serta penginapan.

Daya Tarik Pantai Senggigi

Beberapa wisatawan sering mengatakan bahwa Senggigi Beach terlihat mirip dengan pantai yang ada di pulau Dewata, Bali. Hal ini disebabkan karena pantai ini terdapat pura yang ada di sisi selatan pantai yaitu Pura Batu Bolong. Konon, pura tersebut dibangun pada sejak tahun 1533.

Baca Juga  Pantai Kura Kura Lombok Yang Indah

5. Sunset yang Indah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Senggigi Beach memiliki pemandangan sunset yang sangat indah. Pada sore hari, para wisatawan akan berbondong-bondong mencari spot-spot untuk melihat matahari terbenam dengan jelas.

Berburu sunset memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan sekaligus menenangkan bagi Sobat Pantai. Perubahan warna langit dari biru menjadi jingga atau orange dan matahari yang perlahan tenggelam akan memberikan kesan yang luar biasa menawan.

Pemandangan yang seperti itu akan menambah rasa syukur kepada Sang Pencipta. Sunset di Senggigi Beach berbeda dengan yang ada di pantai-pantai lain. Hal ini disebabkan karena ada penampakan Gunung Agung di Bali yang terlihat seperti piramida besar berwarna hitam yang menjulang tinggi.

6. Snorkeling

Sobat Pantai yang ingin menikmati indahnya pemandangan bawah laut, dapat mencoba snorkeling. Pantai ini memiliki terumbu karang yang sehat dan keasriannya masih sangat terjaga. Berbagai jenis ikan serta warnanya yang sering bersembunyi di sela-sela karang juga akan terlihat dengan jelas.

Maka jangan heran, jika banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang bermain snorkeling saat tiba di Senggigi Beach. Terdapat banyak tempat penyewaan peralatan snorkeling dengan harga yang cukup terjangkau.

Meskipun kondisi ombak pantai tergolong tenang, namun Sobat Pantai harus tetap mempertimbangkan cuaca. Bagi pemula, sebaiknya menggunakan jasa pemandu atau instruktur sehingga aktivitas yang cukup menantang seperti snorkeling dapat dilakukan dengan baik dan aman.

7. Selancar (Surfing)

Jika ingin aktivitas air yang lebih seru dan menentang, maka pilih surfing atau berselancar. Pantai Senggigi masih segaris dengan Pantai Selatan, sehingga gelombang besarnya bagus dimanfaatkan sebagai spot berselancar.

Jangan khawatir, di pantai ini memiliki banyak tempat penyewaan papan selancar dengan harga yang berbeda-beda. Untuk itu, Sobat Pantai wajib membawa uang yang cukup agar dapat mencoba berbagai olahraga air yang menyenangkan sekaligus memacu adrenalin.

Baca Juga  Pantai Maluk: Alamat, Jam Buka, Harga Tiket & Daya Tarik

8.Belanja Oleh-Oleh

Setiap kali berwisata, tentu Sobat Pantai tidak ingin ketinggalan untuk membeli oleh-oleh atau cenderamata. Umumnya, oleh-oleh yang dijual di sekitar Senggigi Beach berupa pernak-pernik seperti gantungan kunci, kaos, tas, topi, hingga makanan khas masyarakat sekitar.

Dengan membeli, wisatawan akan memiliki kenang-kenangan untuk dibawa pulang untuk dikoleksi sendiri atau diberikan ke sanak saudara. Oleh-oleh khas Lombok bisa didapatkan di toko yang ada di sekitar pantai dengan harga terjangkau.

9. Jogging

Liburan identik dengan makan makanan yang enak dengan porsi cukup banyak. Nah, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, Sobat Pantai dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging. Olahraga ini cocok dilakukan pada pagi maupun sore hari saat cuaca tidak terlalu panas.

Jogging dapat membakar kalori yang sudah didapatkan melalui makanan. Wisatawan dapat berlari-lari kecil sambil menikmati keindahan Senggigi Beach sambil ditambah angin laut yang bertiup sepoi-sepoi. Oleh karena itu, sebaiknya Sobat Pantai membawa pakaian ganti agar bebas beraktivitas.

10. Spot-Spot Foto

Saat berwisata ke suatu tempat, mengabadikan perjalanan dan pengalaman adalah hal penting. Pastikan untuk membawa kamera atau ponsel yang memiliki kamera berkualitas bagus. Berbagai spot-spot menarik, indah, serta sayang untuk dilewatkan tanpa mengabadikannya.

Ditambah lagi, keberadaan sosial media sebagai tempat untuk membagikan foto atau video mendorong sebagian orang untuk mengoleksi foto-foto terbaik. Sobat Pantai dapat berfoto dengan latar pasir putih, langit biru, air laut yang jernih, sunset, atau saat melakukan berbagai olahraga air.

Kesimpulan

Pantai Senggigi telah dikenal sejak tahun 1980 dan terus dikembangkan dan populer hingga sekarang. Keindahan pantai ini membuatnya termasuk dalam salah satu destinasi wisata terbaik di Lombok. Wisatawan yang berkunjung akan merasakan sensasi damai serta pengalaman yang menakjubkan.