Rute, Harga Tiket, dan Jam Operasional Pantai Selong Belanak

Wisata ke pantai memang sangat menyenangkan sekaligus menjadi pengalaman yang sangat menarik. Di Nusa Tenggara Barat, terdapat Pantai Selong Belanak yang cukup terkenal karena pemandangannya yang masih sangat alami. Kawasan pantai ini terdapat banyak perahu nelayan.Pantai Selong Belanak

Berkunjung ke Selong Belanak dapat membuat Sobat Pantai menjadi lebih leluasa. Hal ini disebabkan karena kawasan pantai masih sepi dan terasa damai. Pantai ini akan ramai jika musim liburan karena para wisatawan berbondong-bondong untuk menikmati waktu liburnya.

Selong Belanak memiliki garis pantai yang unik, karena berbentuk melengkung seperti bulan sabit. Panjangnya sekitar 1 km dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Di sisi selatan, seperempat bagiannya dihuni oleh penduduk yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Lokasi dan Rute

Pantai Selong Belanak berlokasi di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jarak pantai ini dari Kota Mataram kurang lebih 49 km dengan estimasi perjalanan sekitar 2 jam. Rutenya cukup mudah, sehingga wisatawan tidak akan kebingungan.

Sobat Pantai dapat menggunakan Google Maps sebagai petunjuk. Akan tetapi, baik dari Kota Lombok maupun Mataram tidak terdapat angkutan umum yang dapat digunakan. Oleh karena itu, para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi, mobil sewaan, maupun jasa travel.

Jika berangkat dari Bandara Internasional Lombok, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pantai sekitar 40 menit. Sobat Pantai akan melalui perempatan Batujai menuju jalur Penujak hingga menemukan tikungan pasar

Baca Juga  Alamat, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Seger

Setelah itu, wisatawan akan berbelok ke arah kanan menuju Desa Mungkur. Kemudian, mengikuti jalan lurus hingga menemukan gapura yang bertuliskan nama pantai yaitu Selong Belanak. Perjalanan yang dilalui para wisatawan tergolong sangat menguras tenaga.

Keindahan alam yang ditawarkan Selong Belanak membuat Sobat Pantai yang ingin ke Lombok pasti akan singgah ke pantai ini. Jika tidak, maka mereka akan merasakan penyesalan yang tidak akan terlupakan. Terlebih, jika wisatawan tersebut berasal dari luar wilayah Lombok.

Jam Buka Pantai Selong Belanak

Selong Belanak dapat dikunjungi dengan bebas tanpa batasan, yaitu 24 jam. Umumnya, Sobat Pantai yang datang pada siang hari dapat menikmati berjemur. Sementara itu, pada malam hari wisatawan dapat membuat acara jagung bakar bersama keluarga atau teman-teman.

Harga Tiket

Untuk masuk ke Selong Belanak, Sobat Pantai tidak perlu membayar biaya apapun. Akan tetapi, terdapat biaya parkir untuk kendaraan bermotor sebesar Rp5.000. Sementara itu, untuk kendaraan beroda empat harus Rp10.000.

Daya Tarik

Selong Belanak sering disebut sebagai destinasi wisata pesaing Gili Trawangan, yang juga ada di Lombok. Bahkan, banyak yang berpendapat bahwa pantai ini yang paling terindah jika dibandingkan dengan yang lain. Adapun keindahan yang ditawarkan Selong Belanak diantaranya sebagai berikut.

1.   Keindahan Alam yang Unik

Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat unik, mulai dari ombak, deburan pasir, langit, hingga pepohonan sekitar. Semua itu dapat disaksikan secara langsung saat berada di Selong Belanak. Deretan pohon dapat membuat udara di sekitar pantai menjadi lebih sejuk.

Sobat Pantai dapat menyaksikan bentuk pantai yang melengkung dengan air yang sangat jernih. Deburan ombak yang tenang sangat cocok untuk berenang sekaligus memanjakan penglihatan. Di sekeliling pantai, terdapat banyak bukit hijau yang bagus digunakan untuk bersantai.

Baca Juga  Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Senggigi

2.   Sejarah yang Penuh Misteri

Pantai Selong Belanak dengan lebar 10 m dan luas 1 km dikenal memiliki sejarah yang penuh misteri dan kental dengan mitos-mitos yang berbau mistis. Sebenarnya, hal seperti ini sudah biasa terdengar di Lombok. Bahkan, hampir setiap tempat wisata memiliki sejarahnya masing-masing.

Masyarakat Nusa Tenggara Timur sudah memahami tempat-tempat tersebut adalah bekas kerajaan besar pada zaman dulu. Meskipun demikian, para wisatawan sebaiknya tidak bersikap berlebihan saat berada di pantai maupun sekitarnya.

3.   Pasir yang Halus

Beberapa pantai di daerah Lombok memiliki butiran pasir yang tergolong cukup besar seperti merica dan bahkan ada yang lebih besar lagi. Akan tetapi, berbeda di Selong Belanak. Pasirnya justru mengeras sehingga dapat dilalui oleh kendaraan roda dua seperti motor maupun roda empat seperti mobil.

Tekstur pasir tersebut membuat para wisatawan dapat bermain istana pasir, mengubur diri, volley pantai, bersantai, hingga bermain layang-layang. Warna pasir yang putih berpadu dengan birunya air laut menciptakan pemandangan yang sangat indah.

4.   Jenis Ombak Ada 2

Di Selong Belanak, terdapat dua jenis ombak, yaitu ombak ganas dan ombak tenang. Pada bagian sisi kiri, deburan ombak cenderung tenang sehingga cocok untuk bermain air atau berenang. Sementara itu, pada sisi kanan memiliki ombak yang lebih besar yang sangat diminati oleh para selancar.

Hal ini disebabkan karena banyak pulau kecil yang ada di bagian sana. Dengan begitu gulungan ombak dari semua pulau dapat menjadi cukup besar hingga ke permukaan pantai. Saat berada di tempat ini, pastikan untuk selalu berhati-hati terlebih jika sedang membawa anak kecil.

Ragam Aktivitas di Pantai Selong Belanak

Saat berlibur, Sobat Pantai tidak hanya sekedar berdiam diri menikmati keindahan Selong Belanak. Para wisatawan tentu merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukannya selama berada disana, termasuk beberapa pilihan berikut ini.

Baca Juga  Pantai Batu Payung: Tempat Liburan Seru di Sumbawa

1.   Berjemur

Aktivitas paling umum dilakukan para wisatawan saat berada di pantai adalah berjemur. Kegiatan ini bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh sejenak di bawah matahari pagi yang bagus untuk kesehatan tulang. Gunakan kacamata hitam untuk menghalangi sinar matahari yang silau mengenai mata.

2.   Berenang

Kesegaran air Selong Belanak membuat siapapun merasa rugi jika tidak menikmatinya. Sobat Pantai dapat berenang di perairan bagian kiri karena ombaknya tergolong kecil dan tenang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa baju ganti agar lebih leluasa bermain air.

3.   Memancing

Ekosistem laut yang beragam di bawah perairan Selong Belanak membuat pantai ini memiliki spot pemancingan tersendiri. Sobat Pantai juga dapat meminta bantuan masyarakat sekitar untuk menunjukkan lokasi pemancingan yang bagus dan terdapat banyak ikan.

4.   Surfing (Selancar)

Ombak yang besar di bagian kanan pantai sangat bagus untuk kegiatan berselancar. Sobat Pantai dapat menyewa papan selancar yang disediakan oleh pengelola dengan harga Rp50.000. Untuk pemula, dapat memanfaatkan ombak dengan ketinggian 1-2 meter dan profesional 5 meter ke atas.

5.   Diving

Sobat Pantai yang ingin menikmati keindahan bawah laut dapat menyelam atau dikenal dengan istilah diving. Berbeda dengan surfing, diving bagus dilakukan di sebelah kiri karena spesies biota laut dan terumbu karang bisa dinikmati disana. Akan tetapi, Sobat Pantai harus menyiapkan peralatan sendiri.

6.   Menikmati Kuliner

Setiap tempat, tentu memiliki kuliner khas masing-masing, termasuk Lombok. Dengan berkunjung ke Selong Belanak, wisatawan dapat menikmati masakan khas yang tersedia di warung-warung. Ikan yang segar dari para nelayan akan diolah menjadi sate yang sangat lezat.

Kesimpulan

Pantai Selong Belanak memiliki 2 jenis ombak, yaitu ombak kecil dan besar. Ombak-ombak tersebut cocok digunakan untuk berenang, diving, hingga surfing. Kuliner khas yang bisa dinikmati di pantai ini adalah sate ikan yang dibuat dari ikan segar hasil tangkapan para nelayan.