Alamat, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Seger

Di Lombok Tengah, terdapat pantai yang sangat indah dan populer yaitu Pantai Seger. Pantai ini berjarak 2 km dari Kuta Lombok yang berada di satu garis pantai yang sama. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke dua pantai sekaligus demi melihat banyak pemandangan.Pantai Seger

Pantai ini terkenal dengan legenda putri Nyale atau disebut juga dengan putri Mandalika. Bahkan, Seger juga sering digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan ritual Bau Nyale atau event tertentu. Ritual tersebut merupakan salah satu tradisi yang rutin dilakukan oleh masyarakat Lombok.

Seger terbagi menjadi beberapa bagian dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Bagian tengah sering disebut dengan Seger Satu, sisi selatan sebagai Seger Dua.

Alamat dan Rute Lokasi

Pantai Seger berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jarak pantai ini dari Kantor Bupati Lombok Tengah yaitu sekitar 29 km. Sementara itu, dari bandara Internasional Lombok, membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Jika Sobat Pantai berangkat dari pusat Kota Mataram, estimasi waktu untuk sampai di Seger kurang lebih 1 jam. Rute menuju pantai memiliki akses yang mudah, karena para wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Selain itu, juga terdapat kendaraan umum seperti taksi maupun angkot. Bahkan, Sobat Pantai juga bisa datang secara berombongan menggunakan bus pariwisata. Jangan khawatir, wisatawan bisa bertanya kepada warga sekitar maupun melihat Google Maps sebagai pemandu perjalanan.

Untuk masuk ke Seger bagian tengah, Sobat Pantai dapat melalui sisi utara. Sementara itu, untuk masuk ke kawasan pantai bagian selatan, bisa melalui sisi selatan. Jadi, setiap wisatawan dapat memilih untuk masuk melalui bagian yang dapat dijangkau dengan mudah.

Baca Juga  Pantai Pink, Wisata Bahari Tercantik yang Ada Di Lombok

Jam Buka Pantai Seger

Seger Beach buka selama 24 jam sehingga Sobat Pantai dapat berkunjung kapan saja tanpa terbatas waktu. Pantai ini juga terus beroperasi setiap hari bahkan hari libur nasional. Jika ingin berlama-lama, wisatawan dapat berkunjung sejak pagi untuk menikmati pemandangan dan bermain air.

Meskipun demikian, terdapat waktu-waktu dimana Seger Beach ini terlihat sangat memukau. Misalnya, daerah pantai masih terasa sejuk dan teduh sejak pagi hingga sebelum jam 11. Sama halnya pada sore hari, suasana pantai terasa sangat menenangkan karena hembusan angin sepoi-sepoi.

Jika ingin liburan terasa maksimal, maka Sobat Pantai sebaiknya datang saat cuaca cerah. Hindari berkunjung saat cuaca mendung atau turun hujan karena wisatawan tidak dapat menikmati pemandangan indah secara sempurna.

Harga Tiket

Besar tarif untuk masuk ke Seger Beach tergolong cukup murah, yaitu kendaraan bermotor sebesar Rp5.000 dan mobil sebesar Rp10.000. Meskipun begitu, biaya tersebut belum termasuk sewa penginapan, kendaraan, maupun fasilitas lain yang digunakan di sekitar pantai.

Akan tetapi, besaran tarif dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan yang dibuat oleh pengelola wisata. Oleh karena itu, Sobat Pantai sebaiknya membawa uang berlebih, agar tidak kekurangan saat berada di tempat wisata jika terdapat kebutuhan mendadak.

Daya Tarik

Pantai Seger dapat menjadi tujuan destinasi wisata favorit. Para wisatawan banyak merencanakan untuk menghabiskan waktu libur di tempat ini karena daya tariknya yang luar biasa. Adapun daya tarik yang dimiliki oleh Seger Beach diantaranya sebagai berikut.

1.   Panorama Alam yang Memukau

Meskipun telah banyak dikunjungi wisatawan, akan tetapi pantai ini masih memiliki atmosfer yang sangat alami. Warna air laut yang jernih dan biru membuat Sobat Pantai dapat melihat ekosistem bawah laut dengan jelas dari permukaan.

Baca Juga  Pantai Kura Kura Lombok Yang Indah

Perpaduan antara hijaunya perbukitan dengan birunya laut dan langit menjadi pusat perhatian setiap wisatawan yang datang. Pasir yang berwarna putih bersih sangat bagus digunakan untuk bermain bersama anak-anak, seperti membuat istana pasir.

Bukit-bukit yang menghijau membuat suasana pantai menjadi sejuk dan teduh. Saat air laut surut, Sobat Pantai dapat melihat Batu Tengkong yang unik. Sementara itu, pada siang hari, siluet dari gunung dan bukit terlihat berjejer dengan cantik.

Agar lebih leluasa memandang alam di sekitar pantai, para wisatawan dapat duduk di gazebo berpayung yang tersedia. Jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Lombok Tengah yang sangat nikmat. Makanan tersebut tersedia di restoran tepi pantai maupun café-café terdekat.

2.   Pantai Bagian Utara

Ombak yang ada di sisi utara Seger Beach memiliki kekuatan yang sedang cenderung kecil. Oleh karena itu, sangat cocok digunakan untuk berenang maupun snorkeling. Akan tetapi, pada waktu-waktu tertentu ombak terkadang menjadi besar dan dimanfaatkan untuk surfing.

Bentang alam laut pada bagian pantai ini tergolong sangat landai. Sobat Pantai dapat melihat monumen Putri Mandalika yang ada dalam legenda. Pemandangan yang cantik membuat siapapun tidak akan melewatkannya untuk mengabadikannya dengan berfoto.

3.   Pantai Bagian Tengah

Seger Beach diapit oleh daerah perbukitan dan daratan pada bagian tengah dan mendapat julukan sebagai Seger 1. Di tengah-tengah laut, Sobat Pantai akan melihat jalan setapak yang berfungsi sebagai jembatan penghubung dua daratan.

Jalan setapak tersebut terbentuk dari tumpukan batu laut yang berwarna hitam dan dibawahnya adalah pasir putih. Untuk melihat keindahan air laut dari tengah pantai, wisatawan dapat melewati jalan setapak tanpa harus turun atau berenang.

Baca Juga  Rute, Harga Tiket, dan Jam Operasional Pantai Selong Belanak

4.   Pantai Bagian Selatan

Bagian selatan dari pantai ini dikenal dengan nama Pantai Seger 2. Kawasannya memiliki area yang luas dan berbentuk memanjang. Pada bagian ini, Sobat Pantai dapat melihat batu yang bentuknya mirip dengan jamur yang diberi nama Batu Jamur atau Batu Tengkong.

Jika wisatawan berkunjung bersama keluarga dan membawa anak-anak, maka Seger Beach bagian selatan dapat menjadi pilihan. Hal ini disebabkan karena air lautnya yang sangat tenang dan jernih sehingga si kecil bisa leluasa beraktivitas dengan aman.

5.   Aktivitas Air yang Menarik

Menjelang sore hari, Ombak di Seger Beach mulai meninggi sehingga para peselancar dapat memulai aktivitasnya dengan baik. Bagi pemula, tidak perlu merasa khawatir karena ombak pantai tergolong tidak terlalu besar sehingga masih aman untuk berselancar.

Selain itu, diving dan snorkeling juga dapat dilakukan di pantai ini bersama dengan teman-teman maupun keluarga. Sobat Pantai dapat melihat keindahan bawah laut termasuk berbagai jenis ikan hias yang sesekali bersembunyi di balik terumbu karang.

Jika mendapatkan pengalaman menarik seperti itu, jangan lupa untuk mengabadikannya melalui kamera. Namun, jika Sobat Pantai merasa takut untuk melakukan aktivitas air yang cukup menantang, berendam dan berenang juga bisa menjadi hal yang menarik dan mudah untuk dilakukan.

6.   Ritual Bau Nyale

Pada bulan Februari – Maret, masyarakat di sekitar Seger Beach, melakukan ritual rutin yang dikenal dengan Bau Nyale. Ritual tersebut dilakukan untuk menangkap cacing laut yang dipercaya oleh masyarakat sebagai jelmaan Putri Mandalika.

Menariknya, para wisatawan dapat berpartisipasi untuk mencari cacing sebanyak-banyaknya. Setelah itu, mereka akan mengolah cacing tersebut hingga menjadi makanan yang enak dan siap untuk dinikmati.

Kesimpulan

Pantai Seger dapat menjadi pilihan destinasi wisata favorit saat berada di Lombok Tengah. Sobat Pantai akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa, baik dari alam maupun bawah lautnya. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan dan ikut melaksanakan ritual Bau Nyale.