Pantai Sawarna Keindahan Alam yang Menakjubkan

Salah satu daya tarik dari Pantai Sawarna adalah garis pantainya yang sangat panjang dan dikelilingi oleh keindahan alam yang masih asri. Orang-orang mulai mengetahui keberadaan pantai ini sejak salah satu channel TV nasional menjadikan tempat ini sebagai lokasi syuting filmnya.

pantai sawarna

Namun, untuk Desa Sawarna itu sendiri sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 2000-an. Maka dari itu, mungkin ada salah satu dari teman-teman yang pernah mendengar tentang nama desa atau pantai ini. Sebab, sudah ada banyak orang yang sering membahas tentang keindahan alam pantai ini.

Sebelum berkunjung ke suatu wisata pantai tertentu, teman-teman harus mengetahui informasi lengkap mengenai objek wisata tersebut terlebih dahulu. Untuk itu, penting untuk dilakukan menyimak informasi lengkap mengenai Pantai Sawarna Banten yang ada di artikel ini!

Alamat dan Rute Menuju Pantai Sawarna

Meski pantai indah ini sudah sering dilihat oleh banyak orang di acara-acara TV maupun unggahan di media sosial tertentu, tapi sebagian besar orang mungkin belum tahu mengenai alamat lengkap dari pantai yang ada di Banten ini. Wisata alam ini terletak di Desa Sawarna, Bayah, Lebak, Banten.

Jarak pantai ini dengan wilayah DKI Jakarta bisa mencapai 280 km, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menjangkaunya dari wilayah Jakarta adalah 5-6 jam. Nantinya, teman-teman bisa mengawali perjalanannya dari wilayah Jakarta menuju ke Serang.

Baca Juga  Menikmati Keindahan Pantai Cangkring Bantul Yogyakarta

Sesampainya di Serang, lanjutkan perjalanan hingga menuju ke Pandeglang. Kemudian, ikuti jalur menuju ke daerah Saketi dan Malingping. Tak lama kemudian, daerah Bayah akan mulai terlihat dan tidak jauh dari daerah tersebut ada sebuah desa yang bernama Sawarna.

Jika sudah sampai di Desa Sawarna, maka teman-teman hanya perlu mengikuti petunjuk jalan untuk menuju ke kawasan pantainya.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai indah ini, mereka tidak perlu terburu-buru karena pantai yang terbuka untuk umum ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam penuh. Bahkan, pihak pengelola juga memperbolehkan para pengunjung untuk menginap atau berkemah di kawasan pantai.

Hal ini membuat teman-teman bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset secara sekaligus. Untuk menikmati keindahan alam yang ada di pantai ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk yang tidak terlalu mahal, yaitu:

Keterangan Tarif
Tiket masuk Rp5.000,-
Parkir motor Rp2.000,-
Parkir mobil Rp5.000,-
Pemandu jalan Rp60.000

 

Fasilitas yang Tersedia

Semakin banyak fasilitas yang tersedia di dalam objek wisata tertentu, hal ini dapat membuat para wisatawan semakin merasa betah untuk berlama-lama di kawasan tersebut. Sementara untuk salah satu pantai terindah yang ada di Banten ini memiliki berbagai fasilitas yang memadai, seperti:

  • Toilet
  • Warung makan
  • Area parkir luas
  • Tempat beristirahat
  • Pemandu jalan
  • Spot foto menarik
  • Pusat oleh-oleh

Daya Tarik Pantai Sawarna

Sama halnya seperti wisata-wisata pantai di Indonesia lainnya, wisata tepi laut satu ini juga memiliki berbagai daya tarik yang wajib diketahui oleh para wisatawan lokal maupun asing. Dengan mengetahui apa saja daya tarik yang ada di dalam pantai ini, teman-teman pasti semakin tertarik untuk berkunjung.

Baca Juga  Pantai Tanjung Lesung Pandeglang 2023

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di wisata alam ini dan dapat membuat teman-teman ingin mengunjunginya:

1.  Panorama Alam Menakjubkan

Daya tarik paling utama dari wisata pantai satu ini terletak pada keindahan alam yang ada di sekitarnya. Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, wisata alam ini dikelilingi oleh keindahan alam yang masih asri, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan indah tersebut selama berlibur kemari.

Selain itu, ada berbagai objek wisata indah lainnya juga yang terletak di dekat pantai ini. Maka dari itu, tidak mengherankan jika pemandangan alam di sini terlihat menakjubkan.

2.  Dekat dengan Objek Wisata Lainnya

Dengan daya tarik yang dimilikinya ini, pengunjung bisa lebih mudah untuk beralih ke objek wisata lain tanpa meluangkan waktu yang terlalu banyak. Mulai dari Pantai Ciantir, Pantai Legon Pari, Pantai Goa Langir, Goa Lalay, hingga Goa Kanekes terletak di sebuah lokasi yang dekat dengan pantai cantik ini.

Jadi, para pengunjung bisa beralih ke beberapa objek wisata terdekat tersebut ketika sudah merasa bosan dengan aktivitas dan keindahan yang ada di Pantai Desa Sawarna ini.

3. Sejarah Sawarna di Masa Lalu

Daya tarik dari pantai ini juga terletak pada sejarahnya. Pada tahun 1907 Desa Sawarna mulai dibangun, karena pada saat itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Awalnya, kawasan desa ini dijadikan sebagai lahan perkebunan kelapa seluas 54 hektar oleh warga Belanda bernama Jean Louis.

Kemudian, Jean Louis mulai merekrut jumlah pekerja yang semakin banyak dan membuat desa ini sering disebut dengan nama Sawarna. Selain itu, nama Sawarna juga sesuai dengan impian Jean Louis yang tidak lain adalah ingin usahanya bisa dikenal hingga ke luar negeri.

Baca Juga  Pantai Pangasan Pacitan Pesona Alam dan Aktivitas Menarik

Aktivitas Menarik di Dalamnya

Hanya dengan melihat berbagai daya tarik dan fasilitas yang ada di wisata bahari ini, teman-teman pasti sudah bisa membayangkan apa saja aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sampaikan beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di wisata alam ini:

1.  Surfing

Surfing merupakan aktivitas menantang yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke objek wisata pantai, tak terkecuali Pantai Desa Sawarna. Sebab, ombak yang ada di pantai ini tergolong besar dan cocok untuk dijadikan sebagai wisata selancar yang sangat menantang.

Hempasan ombak yang besar ini semakin dilengkapi dengan hembusan angin yang kencang, sehingga pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi selancar yang paling favorit.

Dengan semakin banyaknya orang yang tertarik untuk melakukan aktivitas ini di sini, hal tersebut membuat pihak pengelola akhirnya memutuskan untuk menyediakan tempat penyewaan papan selancar bagi para pengunjungnya.

2.  Bermain Air

Untuk aktivitas yang satu ini bisa dilakukan oleh pengunjung anak-anak yang masih belum bisa melakukan aktivitas menantang lainnya. Kendati demikian, para orang tua tetap harus mengawasi anak-anaknya selama bermain air di pantai ini.

Pasalnya, gelombang ombak di pantai indah ini tergolong besar dan dikhawatirkan anak-anak tidak sengaja berenang sampai ke tengah laut. Jadi, para orang tua wajib selalu mengawasi anak-anaknya selama bermain air.

3. Camping (Berkemah)

Karena destinasi wisata ini buka setiap hari selama 24 jam penuh, jadi teman-teman juga bisa berkemah di kawasan pantai tersebut. Tak perlu menyewa kamar di sebuah penginapan terdekat, karena pemandangan sunrise dan sunset di sini sudah bisa dinikmati sambil camping di area pantainya.

Kesimpulan

Meski lokasi Pantai Sawarna tergolong cukup jauh dari Jakarta, tapi ada banyak orang yang rela meluangkan waktu liburannya untuk kemari. Sebab, pantai yang ada di wilayah Banten ini memiliki berbagai daya tarik yang belum tentu bisa ditemukan di wisata pantai Indonesia lainnya.