Pantai Rowo Cangak Jember: Surga Tersembunyi di Balik Hutan Karet

Setiap pantai mempunyai keindahannya masing-masing, begitu juga dengan Pantai Rowo Cangak di Jember. Memasuki kawasan pantai ini membutuhkan perjuangan karena lokasinya tersembunyi di balik hutan karet yang lebat. Benar-benar bagaikan surga tersembunyi, bukan?

Pantai Rowo Cangak Jember

Wisata ini cocok sekali bagi para pecinta outdoor. Ada petualangan yang harus ditempuh sebelum mencapai lokasi pantai yang masih terjaga ini. Berhubung pengunjung pantai masih sangat sepi, Sobat Pantai benar-benar bisa menguasai pantai untuk sendiri!

Tidak kalah dari yang lain, pantai terpencil ini akan mencuci mata Sobat Pantai dengan suguhan lautan biru serta gugusan batu karang yang menghiasi bibir pantai. Jauh dari hiruk pikuk kota, teman-teman mendapatkan tempat terbaik untuk menenangkan diri di sini.

Pesona Pantai Rowo Cangak

Pantai eksotis yang berada di pinggiran Jember ini sempat populer di telinga para petualang. Namun lokasinya yang cukup terpencil, membuat pantai ini masih terjaga. Ada baiknya membekali diri dengan segala perlengkapan, seperti makanan, minuman, alat renang dan lain sebagainya.

Namun, lika-liku perjalanan selama menempuh jalan tanah hingga menjelajahi hutan karet akan terbayar sesaat Sobat Pantai menjejaki kaki di lokasi. Deburan ombak yang memecah karang terdengar di kejauhan, diiringi dengan nuansa angin laut yang sepoi-sepoi.

Kaki teman-teman akan terbenam dalam pasir pantai yang hangat. Di sini tidak ada yang membatasi waktu bermain Sobat Pantai, karena wisata ini beroperasi selama 24 jam penuh. Hal ini karena belum ada pengelola yang mengurus pantai ini.

Baca Juga  Pantai Rembat Indramayu, Surga Surfing Jawa Barat

Di sisi lain, inilah mengapa tidak ada toilet atau warung makan di pantai. Jadi pastikan lebih bijaksana saat berkunjung. Berhati-hati pula bagi yang ingin berenang, mengingat banyak sekali batu karang tajam dan licin yang bisa membahayakan keselamatan teman-teman.

Kegiatan Seru di Pantai Rowo Cangak

Kegiatan Seru di Pantai Rowo Cangak

Selain untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak ada aturan bermain di pantai ini. Meski lokasinya jarang dijamah oleh wisatawan, pantai ini menawarkan beragam aktivitas yang seru dilakukan bersama teman-teman atau keluarga, seperti:

1. Menjelajah Hutan Karet

Hutan karet yang luas membentengi seluruh bagian pantai. Teman-teman harus menyusuri kawasan hutan ini untuk bisa mencapai bibir pantai. Sejauh mata memandang, Sobat Pantai akan disuguhkan barisan pohon-pohon karet yang tampak tidak ada habisnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa hutan dibelah oleh sebuah sungai kecil serta hanya ada jalan setapak yang memandu dari bibir hutan hingga ke pantai.

Jadi pastikan berhati-hati agar tidak salah jalan. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat supaya perjalanan semakin menyenangkan. Sobat Pantai bisa bertanya kepada warga lokal untuk memastikan rute yang ditempuh benar.

2. Menyusuri Bibir Pantai Alami

Pantai yang cukup populer ini belum banyak dikunjungi oleh orang, membuat alam di sekitarnya masih alami. Sobat Pantai bisa langsung berlari-lari kecil di sepanjang pantai untuk merasakan sensasi alam yang sangat asri.

Sesekali basahkan diri dengan air laut yang menyegarkan. Udara di pantai ini terbebas dari polusi, teman-teman akan merasakan udara yang masih bersih dan sejuk di paru-paru.

Jika ingin menyusuri pantai tanpa alas kaki, pastikan untuk berhati-hati. Pantai ini mempunyai beberapa batu kecil yang bisa melukai kaki jika tanpa sengaja menginjak. Ada baiknya tetap menggunakan alas kaki untuk keamanan diri sendiri.

Baca Juga  Pesona Eksotis Pantai Suwuk yang Wajib Dikunjungi di Kebumen

3. Menonton Ombak yang Bergulung-gulung

Usai letih menyusuri objek wisata Pantai Rowo Cangak, saatnya beristirahat. Di sini tidak ada gazebo atau warung makan yang bisa dijadikan tempat duduk, jadi teman-teman harus membawa tikar sendiri untuk dijadikan alas duduk.

Teman-teman dapat duduk santai sembari menghadap ke lautan lepas dengan ombak yang bergulung-gulung. Ditambah keheningan suara manusia menjadikan pantai ini cocok untuk menghibur diri sekaligus melepaskan penat.

Sembari bersantai, Sobat Pantai dapat menikmati bekal makanan dan minuman untuk mengisi ulang energi.

4. Main Air di Tepi Pantai

Terkadang ada rasa kurang puas kalau mengunjungi pantai tetapi tidak membasahi diri. Meski sekadar mencuci kaki di tepi, tetap saja itu dapat merelaksasi pikiran. Sobat Pantai yang suka main air sebaiknya tidak berenang terlalu jauh.

Berhubung pantai ini tidak ada yang mengelola, keselamatannya belum terjamin. Untuk mendapatkan pemandangan laut terbaik, usahakan datang pada pagi hari saat musim kemarau.

Cuacanya cerah dan tidak ada rasa mencekam dari hutan yang mengitari pantai tersembunyi ini. Selain main air di tepi pantai, teman-teman juga bisa mendatangi kawasan rawa yang airnya payau.

5. Berburu Foto

Siapa saja pasti tidak akan lupa untuk mengabadikan momen ketika ke pantai ini. Kabar baiknya, banyak sekali titik foto yang bagus dan cantik. Sobat Pantai bisa mengambil foto dengan latar belakang berupa gugusan karang atau pura-pura main air di laut yang biru.

Berburu Foto pantai rowo cangak jember

Itulah mengapa juga disarankan datang saat pagi hari supaya teman-teman bisa mendapatkan potret yang cerah lengkap dengan pemandangan langit biru yang cantik. Tangkap foto sebanyak-banyaknya, karena bisa jadi momen bermain di pantai ini tidak akan terulang lagi.

Baca Juga  Pantai Ngetun Gunung Kidul Lokasi Harga Tiket & Fasilitas

Harga Tiket Masuk

Tidak perlu khawatir soal harga tiket Pantai Rowo Cangak. Pantai yang belum dikelola siapa-siapa ini memberikan akses gratis kepada para pengunjung. Jadi Sobat Pantai bisa mengajak sanak-saudara sebanyak-banyak ke pantai ini tanpa takut kantong jebol.

Hanya saja, teman-teman harus menanggung biaya transportasi yang mungkin tidak murah apalagi jika Sobat Pantai menyewa motor.

Alamat dan Rute

Pantai Rowo Cangak berada di Sabrang, Ambulu, Jember. Lokasinya jauh dari pemukiman, sehingga membutuhkan upaya ekstra untuk mencapainya. Sobat Pantai hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua, mengingat jalan yang sempit dan belum diaspal.

Dari pusat kota Jember, teman-teman bisa menuju Kelurahan Sabrang, lalu pilih rute yang menuju ke pantai ini. Tanyakan kepada warga setempat terkait lokasi pantai tersembunyi ini. Nantinya, ada beberapa plang yang membantu menunjukkan arah jalan.

Teman-teman akan menyeberangi sungai menggunakan jembatan kayu yang bisa dibilang cukup memompa adrenalin. Jadi hindari mengunjungi pantai ini saat musim hujan, karena medan akan sangat licin. Selama perjalanan, teman-teman akan disambut dengan pohon karet, jati, dan lainnya.

Supaya tidak tersesat, ada baiknya menggunakan bantuan Google Maps. Pastikan koneksi internet teman-teman bagus, mengingat lokasinya cukup terpencil sehingga sulit mendapatkan sinyal.

Namun, tenang saja petualangan yang melelahkan tadi akan terbayar jika Sobat Pantai sudah mendengar suara deburan ombak. Pantai ini memiliki pemandangan yang tidak dapat ditemukan di pantai lain.

Fasilitas

Tidak ada fasilitas yang dapat dijumpai di pantai ini. Teman-teman benar-benar hanya disuguhkan pantai saja. Tidak ada toilet, warung makan, mushola, area parkir, gazebo atau wahana air. Maka dari itu, perhatikan barang bawaan. Pastikan sudah membawa makanan dan minuman yang mencukupi.

Bawa tikar jika ingin bersantai atau bisa juga duduk di bawah pohon yang rindang sambil menikmati keindahan pantai selatan ini.

Kesimpulan

Pantai Rowo Cangak menanti kedatangan Sobat Pantai yang menyukai perjalanan menantang. Teman-teman akan diajak menempuh medan yang memacu adrenalin, lalu mencapai pantai yang terasa seperti milik pribadi. Jangan lupa untuk menjaga kelestariannya selama berkunjung!