Pantai Pink, Wisata Bahari Tercantik yang Ada Di Lombok

Pantai Pink dikenal juga dengan nama Pantai Tangsi. Keunikannya terletak pada warna pasirnya yang terlihat sangat berbeda dan mencolok. Jika biasanya berwarna putih, ini memiliki warna pink. Indonesia memiliki dua pantai dengan pasir yang berwarna.Pantai Pink

Diantaranya adalah Pantai Merah yang ada di NTT dan pantai ini. Tidak banyak pantai yang mempunya pasir dengan warna mencolok seperti ini sehingga bahkan dianggap sebagai keajaiban dunia. Jika berlibur ke Lombok, pantai ini tentu wajib dimasukkan dalam daftar tujuan.

Wisata bahari ini mempunyai bukit yang luas sehingga wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan laut saja. Namun juga dapat mendaki untuk menyaksikan panorama keindahan alam dari ketinggian.

Sejarah dan Keunikan Wisata Pantai Pink

Sebelum dikenal sebagai Pantai Pink, namanya adalah Pantai Tangsi yang konon sudah terkenal sejak zaman Jepang. Dahulu, lokasi ini dijadikan sebagai barak untuk tentara Jepang yang tiba. Jika diartikan, Tangsi adalah sebuah asrama atau barak sehingga pantai terkenal dengan nama yang sama.

Dahulu, lokasi pantai ini hanya dijadikan sebagai tempat transit nelayan. Pada tahun 2013, pemuda Lombok Timur yang suka mengeksplor keindahan alam mencoba untuk mengangkat pantai tersebut sebagai objek wisata agar lebih dikenal oleh wisatawan yang ada di seluruh dunia melalui sosial media.

Hal inilah yang kemudian membuat lokasi ini semakin dikenal dan banyak dikunjungi. Pasir berwarna pink merupakan hasil pencampuran antara pasir putih dengan butiran terumbu karang merah.

Baca Juga  Pantai Lariti Bima Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Fasilitas

Efek kemerahan yang bercampur dengan air laut dan terkena sinar matahari terlihat berwarna pink. Warna pink pada pantai ini bervariasi dan akan semakin terlihat jelas pada sore hari. Kebersihan pantai sangat terjaga sehingga nyaman untuk didatangi.

Angin sepoi-sepoi yang segar dan sinar matahari yang cerah akan memberikan suasana foto yang menawan. Suasananya yang cenderung sepi cocok sekali sebagai tempat untuk menenangkan pikiran.

Daya Tarik Keindahan Panorama

Pantai Pink adalah lokasi wisata dengan keunikan pasir yang berwarna tidak biasa. Sehingga terlihat sangat menonjol. Lokasinya yang tersembunyi dan jauh dari keramaian kota menyimpan banyak pesona yang tidak akan terlupakan. Inilah beberapa daya tariknya.

1. Pasir Lembut

Selain warnanya yang unik, tekstur pasir di pantai ini sangatlah lembut. Saat pertama kali sampai, hamparan pasir akan menyapa seolah mengajak untuk bermain. Area pantai ini memiliki banyak terumbu karang yang tumbuh di perairan dangkal.

Pecahan terumbu karang tersebut akan terseret ombak dan sampai ke tepian. Dengan cara itulah akhirnya terumbu karang menyatu dengan pasir sehingga menghasilkan warna pink yang menawan. Ada juga keunikan lain yang ada di pantai ini yaitu Pasir Timbul.

Area ini akan muncul saat air laut sedang surut. Seolah ada permukaan yang tersembunyi dalam air laut yang jernih. Sangat unik dan mempesona untuk dijadikan sebagai spot berfoto.

2. Bukit Tengah Pantai

Keindahan alamnya semakin lengkap dengan adanya bukit yang letaknya berada di tengah pantai. Wisatawan bisa mendaki ke atas untuk dapat menyaksikan pemandangan dengan sudut yang berbeda.

Hamparan panorama alam yang indah tentu akan terasa lebih menyenangkan jika dilihat dari atas. Bukit tersebut memiliki tanah yang cukup lapang sehingga Sobat Pesisir bisa sambil duduk dan berpiknik di atas bukit.

Baca Juga  Asal Usul, Jam Buka, Harga Tiket & Fasilitas Pantai Kuta Lombok

View untuk pengambilan foto juga terlihat lebih menawan dari atas bukit sehingga menarik sekali menghabiskan waktu disana. Selain itu, dataran yang lebih tinggi juga bisa jadi tempat terbaik untuk menunggu sunset.

3. Ombak Menenangkan

Deburan ombak menjadi suara yang tidak bisa dinikmati di daerah perkotaan. Hal inilah yang membuat wisatawan selalu ingin kembali ke pantai saat sedang merasa stres atau lelah. Suara ombak dapat memberikan ketenangan sehingga terasa lebih damai.

Ditambah dengan pesona jernihnya air berwarna biru membuat udara yang bisa dihirup sangat segar. Jika melihat ke daerah sekeliling, akan tersadar tentang keindahan langit yang dihiasi dengan awan lembut berwarna putih.

Ombaknya yang tenang membuat anak-anak bisa nyaman dan bergembira saat bermain air. Lokasi pantai tidak terlalu ramai sehingga wisatawan bisa bebas menikmati panorama yang ada di sekeliling.

Air lautnya sangat jernih sehingga beberapa terumbu karang mungkin akan terlihat. Sobat Pesisir juga bisa mengeksplor keindahan bawah laut melalui kegiatan diving atau snorkeling.

Rute Perjalanan dan Lokasi Pantai Pink

Pink Beach terletak di daerah Desa Sekaroh yang berada di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, NTB. Untuk sampai ke lokasi, Sobat Pesisir bisa menggunakan kendaraan pribadi dan memulai perjalanan dari pusat Kota Mataram. Jarak tempuhnya sekitar 82 km.

Arahkan kendaraan ke Praya untuk kemudian dapat menempuh perjalanan ke Desa Sekaroh. Sepanjang perjalanan, terlihat savana indah khas Lombok. Akses jalan menuju lokasi sudah diaspal dan bagus sehingga kegiatan berkendara bisa dilakukan secara lebih nyaman.

Sesekali dalam perjalanan akan terlihat kawanan kerbau atau sapi yang sedang menyebrang jalan. Pemandangan ini tentu terlihat berbeda karena tidak bisa ditemukan di daerah perkotaan sehingga mampu memberikan udara yang menyegarkan.

Baca Juga  Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Senggigi

HTM dan Jam Operasional Pantai Pink

Wisata bahari ini buka setiap hari dari jam 08.00 s/d 17.00 waktu setempat. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi adalah di pagi hari atau sore agar tidak terasa terlalu panas. Meskipun cuaca cukup terik.

Namun ketika sampai ke lokasi tidak akan terasa karena terpukau dengan pesona keindahan yang menyenangkan. Biaya tiket masuk Pantai Pink Lombok adalah sebesar Rp10.000 untuk wisatawan lokal.

Sedangkan untuk wisatawan asing harganya Rp50.000. Tidak ada biaya parkir tambahan untuk kendaraan yang digunakan.

Fasilitas di Lokasi Sekitar

Guna menunjang kenyamanan para wisatawan, pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, diantaranya seperti area parkir, kamar mandi, hingga tempat penyewaan perahu. Jika menggunakan paket wisata, biasanya pihak pemandu yang akan menyewa perahu.

Sobat Pesisir hanya perlu menunggu dan menikmati fasilitas aja. Jika ingin menikmati pesona keindahan laut dari pinggir, bisa duduk santai di gazebo atau saung yang sudah tersedia.

Ada juga warung makanan dan minuman yang menyediakan beragam hidangan seafood hingga tradisional Lombok. Makan seafood di pantai tentu akan terasa lebih menyenangkan karena masih fresh.

Kesimpulan

Pesona pantai bernama Pink ini sangat unik dengan panorama yang tidak ada batasnya, mulai dari kecantikan ombak, lembutnya pasir, dan warnanya yang unik. Lokasinya memang sangat jauh dari pusat kota. Namun aksesnya lancar karena jalanan sudah diaspal.

Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke pantai ini, diantaranya seperti hunting foto terbaik, menikmati keindahan bawah laut, berenang, snorkeling, bermain pasir, dan lain sebagainya.

Saat berkunjung ke Pantai Pink, bawalah baju ganti dan bekal makanan yang cukup. Untuk perjalanan yang lebih nyaman dan mudah, Sobat Pesisir bisa memesan paket perjalanan sehingga nantinya kapal dan pemandu wisata sudah tersedia.