Pantai Parangtritis Keindahan Pantai Yang Membuat Anda Terpesona

Siapa yang tidak mengenal Pantai Parangtritis? Ya, hampir sebagian besar warga Indonesia pasti sudah pernah mendengar tentang nama wisata pantai populer di Yogyakarta satu ini. Dengan beragam daya tarik yang dimilikinya, membuat pantai ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung.

Pantai Parangtritis

Mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan asing berlomba-lomba untuk berkunjung ke wisata pantai ini, karena keindahan alamnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Selain itu, Parangtritis juga memiliki sejarah tersendiri yang dapat membuat banyak orang terkagum-kagum.

Wisata pantai ini menghadap langsung ke arah Samudera Hindia dan membuatnya memiliki pemandangan yang lebih indah dibanding pantai-pantai di daerah Yogyakarta lainnya. Untuk lebih mengenal wisata pantai menakjubkan ini, teman-teman bisa menyimak isi artikel ini sampai akhir!

Alamat dan Rute Menuju Pantai Parangtritis Yogyakarta

Sebelum berkunjung ke wisata tepi laut satu ini, teman-teman perlu mengetahui alamat lengkapnya terlebih dahulu. Dengan begitu, perjalanan yang harus ditempuh bisa terasa lebih mudah dan cepat. Lokasi Pantai Parangtritis adalah di Desa Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Jarak antara pantai ini dengan pusat kota adalah 27 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan jalur darat. Bagi para pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, mereka bisa mengawali perjalanannya dari wilayah Jokteng Timur.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Jl. Parangtritis dengan mengikuti jalur arah selatan. Sesampainya di sana, ikuti arah jalan sampai tiba di daerah Manding. Tidak lama setelah itu, area Pantai Parangtritis mulai terlihat dan teman-teman hanya perlu lurus saja sampai ke daerah Kretek.

Baca Juga  Pantai Ujung Piring Jepara Keindahan Alam yang Menakjubkan

Lalu, bagaimana untuk para pengunjung yang datang dengan menggunakan transportasi umum? Maka mereka bisa mengawali perjalanannya dari Stasiun Lempuyangan atau Terminal Giwangan dan menuju ke wilayah Kretek dengan menggunakan bus jalur Jogja-Parangtritis.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta

Wisata pantai ini buka setiap hari selama 24 jam penuh. Jadi, teman-teman bisa memilih sendiri kapan waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke pantai ini. Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan sunrise mereka bisa datang pagi, sedangkan untuk sunset bisa datang ketika sore hari.

Dana yang harus disiapkan untuk berlibur ke wisata bahari Parangtritis tidaklah banyak, karena objek wisata ini tidak menawarkan harga tiket masuk yang terlalu mahal. Jadi, wisata pantai indah ini bisa dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga yang patut dikunjungi oleh banyak orang.

Harga tiket masuk pantai ini hanya sebesar Rp10.000,- saja dan berlaku untuk hari biasa maupun hari libur. Dengan harga tiket masuknya yang tergolong cukup murah ini, membuat orang-orang sering berlibur kemari ketika masa liburan tiba.

Fasilitas yang Tersedia

Destinasi wisata yang memiliki fasilitas lengkap akan terlihat lebih menarik dibanding tempat wisata yang tidak didukung dengan fasilitas lengkap. Dalam hal ini, wisata tepi laut Parangtritis ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas berkualitas dan memadai.

Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung Parangtritis ketika berkunjung kemari:

  • Mushola
  • Toilet
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Pusat oleh-oleh
  • Area parkir yang luas
  • Penginapan

Daya Tarik Pantai Parangtritis Yogyakarta

Meskipun wisata alam ini sudah dikenal oleh banyak orang, tapi masih ada beberapa orang lainnya yang belum tahu mengenai apa saja daya tarik yang ada di pantai ini. Dengan melihat popularitasnya yang terus meningkat, ini bisa menjadi bukti bahwa Parangtritis memiliki banyak daya tarik.

Baca Juga  Liburan di Pantai Genjik Melihat Debur Ombak dan Laut Biru

Bahkan, ketika masa liburan tiba jumlah wisatawan yang berkunjung ke wisata bahari ini bisa mencapai 94 ribu orang/hari. Tentu ini bukanlah angka yang kecil. Lantas, apa saja daya tarik yang ada di wisata pantai ini? Berikut daftar lengkapnya:

1. Panorama Alam yang Indah

Jika membahas tentang daya tarik dari pantai ini, maka kita tidak boleh melewatkan keindahan panorama alam yang ada di dalamnya. Sebab, wisata alam ini memiliki panorama yang tergolong unik yakni dikelilingi oleh gunung-gunung pasir yang indah.

Selain itu, ketika cuaca di sekitar pantai ini sedang cerah, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan kilauan cahaya yang datang dari seberang lautan. Nikmati pemandangan di sini tanpa perlu khawatir mengenai cuaca panasnya, karena tempat ini sudah dilengkapi dengan payung pantai.

2. Spot Foto Menarik dan Kekinian

Semenjak Instagram dan media sosial lainnya populer di kalangan anak-anak muda, ada banyak tempat wisata yang akhirnya menyediakan spot foto khusus dengan desain yang kekinian. Biasanya, destinasi wisata yang dilengkapi dengan spot foto menarik seperti ini lebih ramai.

Sementara di wisata tepi laut Parangtritis sendiri sudah tersedia begitu banyak spot foto seperti bukit yang hijau, ombak pantai selatan yang indah, hingga beberapa fasilitas lainnya yang juga mendukung. Jadi, teman-teman tidak akan kehabisan ide ketika ingin berfoto ria di sini.

3. Sejarah Parangtritis di Masa Lalu

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa pantai ini memiliki sejarah tersendiri yang sudah diketahui oleh hampir sebagian orang di Indonesia. Istilah Parangtritis yang menjadi nama pantai ini ditentukan pada zaman Kerajaan Majapahit, karena Pangeran Dipokusumo melarikan diri ke sini.

Pada saat itu, Pangeran Dipokusumo menemukan batu karang berukuran cukup besar di tepi pantainya. Batu karang tersebut memiliki aliran tetesan air yang indah, sehingga Pangeran Dipokusumo memutuskan untuk memberi nama pantai ini Parangtritis.

Baca Juga  Pesona Eksotis Pantai Wohkudu Jogja yang Mengagumkan

Aktivitas Menarik di Dalamnya

Ada begitu banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai cantik ini. Mulai dari aktivitas menyenangkan, menegangkan, hingga menantang bisa dicoba oleh para pengunjung Parangtritis. Ingin tahu apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di sini? Simak dengan baik daftarnya berikut ini:

1. Berkuda

Tidak hanya pengunjung dewasa saja yang bisa melakukan aktivitas ini, tapi anak-anak pun juga bisa melakukannya dengan pengawasan dari seorang pemandu. Nantinya, pengunjung bisa lebih menikmati keindahan alam di pantai ini sambil menunggangi kuda di hamparan pasir luas.

2. Surfing

Selain berkuda, aktivitas menantang lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah surfing. Hal ini terjadi karena ombak yang ada di Parangtritis bisa mencapai 3 meter ke atas. Dengan hempasan ombak yang cukup tinggi seperti ini, membuat para wisatawan bisa melakukan berbagai manuver yang keren.

3. Paralayang

Untuk aktivitas yang satu ini tergolong cukup berbeda dibanding aktivitas-aktivitas yang ada di pantai Yogyakarta lainnya. Bagi teman-teman yang memiliki nyali besar dan ingin melakukan aktivitas yang dapat memacu adrenalin, mereka bisa memilih untuk melakukan aktivitas paralayang satu ini.

Tips Berkunjung ke Parangtritis

Larangan yang paling terkenal dari tempat ini adalah tidak boleh memakai baju berwarna hijau. Sebab, ada mitos yang mengatakan bahwa pengunjung yang datang dengan memakai baju hijau dapat terseret ke tengah laut, karena Nyi Roro Kidul selaku ratu pantai selatan suka dengan warna tersebut.

Selain itu, ada beberapa tips lainnya juga harus diperhatikan oleh para wisatawan yang hendak berkunjung kemari, yaitu:

  • Jangan berenang hingga ke tengah laut, karena dikhawatirkan akan terjadi arus balik yang menggerus pasir pantai.
  • Selalu buang sampah di tempatnya, agar kebersihan pantai selalu terjaga dengan baik.
  • Pakai pakaian yang nyaman, agar teman-teman bisa lebih merasa mudah untuk melakukan berbagai aktivitas yang ada di sini.

Perhatikan beberapa tips yang ada di atas, maka momen liburan ke wisata Pantai Parangtritis bisa lebih terasa menyenangkan.