Wisata Pantai Pancer Banyuwangi HTM Fasiltas dan Lokasi

Mau menghirup udara laut yang menyegarkan sembari menonton nelayan melaut? Datanglah ke Pantai Pancer Banyuwangi. Pantai selatan yang berada di Kecamatan Pesanggaran ini menyajikan pemandangan unik dan aktivitas menarik untuk mengisi liburan Sobat Pantai.Pantai Pancer

Pancer atau dalam bahasa daerah artinya pengendali perahu adalah sebutan sebuah desa yang berada di barat data Kabupaten Banyuwangi. Di pantai menawan ini, teman-teman bisa membeli ikan segar dari pelelangan, berlayar dengan perahu kayu atau menikmati senja yang cantik.

Ombak di pantai ini tergolong besar, meski begitu hal ini tidak menyurutkan semangat para wisatawan yang datang. Bagi Sobat Pantai yang juga mau menikmati keindahan laut biru beserta dermaga batu yang elok, jangan lupa untuk mendatanginya sekarang!

Keindahan Alam Pantai Pancer

Tidak ada yang menyangkal keindahan dari pantai di sudut pulau Jawa ini. Hamparan pasir hitam beserta deretan karang pemecah ombak yang megah tersebar di garis pantai sepanjang 3 km ini, memberikan sensasi pantai yang alamnya masih terjaga.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yulia Nadiva (@yulianadiva)

Sesekali dalam setahun, nelayan lokal mengadakan ritual “Larung Sesaji”, sejenis acara syukuran kepada Tuhan. Jika ingin menghadiri acara tradisional ini, pastikan datang pada waktu yang tepat.

Selain itu, Sobat Pantai yang suka berselancar jangan sampai melewatkan untuk mengarungi ombak pantai ini. Bahkan, sebuah pameran surfing internasional pernah dilaksanakan di sini. Namanya Puger International Surf Exhibition yang dihadiri peserta dari berbagai daerah dan negara.

Baca Juga  Liburan Asyik Bersama Keluarga di Pantai Utama Raya Probolinggo

Objek Wisata

Objek Wisata Pantai Pancer

Terkenal akan ombak besar khas pantai selatan, nyatanya banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan Sobat Pantai. Para penggemar aktivitas luar ruangan pastinya betah menghabiskan liburan di pantai berpasir hitam ini. Adapun pilihan aktivitas yang bisa dicoba di antaranya:

1. Surfing

Pantai ini populer di kalangan peselancar Banyuwangi. Tidak heran kalau lokasinya sering dijadikan area pertemuan bagi peselancar-peselancar terbaik. Besar ombak yang pas beserta pemandangan sekitar yang indah membuatnya ideal sebagai lokasi berselancar.

Teman-teman juga bisa belajar menaklukkan ombak langsung dari instruktur berpengalaman yang tersebar di sekolah surfing dekat pantai. Kunci suksesnya adalah pantang menyerah dan berani untuk mencoba.

2. Berlayar dengan Kapal Nelayan

Pemandangan laut biru yang luas paling asyik dinikmati dari dekat. Kabar baiknya, para nelayan siap menyewakan kapalnya untuk Sobat Pantai yang mau menjelajahi perairan atau mengitari Pulau Merah, yaitu pulau kecil yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai.

Tenang, nantinya teman-teman akan ditemani oleh para nelayan sampai ke lokasi tujuan. Aktivitas ini tentunya dapat membuat waktu liburan semakin berkesan.

3. Kemah di Pantai

Duduk di depan tenda sembari menyesap minuman hangat, menghadap ke lautan lepas yang ada di hadapan sembari menikmati suara deburan ombak yang menenangkan. Memang tidak ada yang mengalahkan keasyikan kemah di Pantai Pancer.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba hal baru, cobalah berkemah di area yang sudah disediakan. Peralatan kemah perlu dibawa dari rumah, karena tidak ada yang menyewakannya.

Sebelum berkemah, pastikan Sobat Pantai membawa makanan, minuman dan peralatan pribadi yang lengkap agar pengalaman kemah semakin mengasyikkan.

4. Berburu Ikan Segar di Pelelangan

Tidak jauh dari bibir pantai, terdapat Pusat Pelelangan Puger yang cukup terkenal. Pelelangan ini ramai dikunjungi para wisatawan yang mampir ke Pantai Puger. Teman-teman akan menemukan berbagai macam hewan laut yang dijual dengan harga murah.

Baca Juga  Pantai Pelang Trenggalek HTM, Lokasi dan Fasilitas

Jika tidak ingin membeli pun, sayang sekali jika harus melewatkan destinasi ini. Khususnya jika Sobat Pantai ingin melihat langsung aktivitas nelayan yang menurunkan ikan tangkapan, nelayan yang merapikan jala, hingga nelayan yang sibuk menjual dagangannya.

Selain ikan segar, teman-teman juga bisa membeli hasil olahan ikan, seperti ikan asin, terasi dan masih banyak lagi.

5. Icip-icip Masakan Lokal

Warung makan saling berderet siap untuk menjamu Sobat Pantai dengan aroma masakan yang lezat. Di sini, teman-teman dapat menikmati masakan khas Jawa Timur dengan harga ramah kantong. Bonus jika warung menghadap langsung ke pantai.

Teman-teman dapat menikmati hidangan sembari menonton pemandangan orang berselancar dan orang yang berlari-lari dari kejaran ombak. Tidak hanya perut yang kenyang, namun pikiran pun juga rileks dari nuansa kehidupan pantai yang menenangkan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket Pantai Pancer terbaru adalah Rp10.000 per orang. Namun, tiket ini belum termasuk biaya parkir. Sobat Pantai yang membawa motor harus membayar parkir sebesar Rp2.000, sedangkan mobil Rp5.000.

Masih harga yang tergolong terjangkau, bukan? Bagi teman-teman yang mau berkeliling Pulau Merah hanya perlu merogoh kocek Rp20.000 per orang.

Alamat dan Rute Lokasi

Pantai yang buka dari pukul 08.00 sampai 18.00 ini buka setiap hari. Bagi yang memutuskan untuk liburan ke pantai cantik ini, datanglah ke lokasinya yang berada di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Hanya butuh waktu 1 jam dari terminal Jajag menggunakan transportasi umum. Bagi yang berangkat dari pusat kota Banyuwangi, teman-teman harus menempuh perjalanan 64 km, bisa menggunakan mobil atau motor.

Setibanya di Desa Pancer, Sobat Pantai akan dibantu oleh penunjuk arah untuk mencapai bibir pantai.

Baca Juga  Pantai Sawarna Keindahan Alam yang Menakjubkan

Fasilitas

Pantai Pancer dikelola secara maksimal, sehingga Sobat Pantai akan diberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Beberapa fasilitas penunjang hadir untuk meningkatkan kenyamanan teman-teman, seperti:

1. Toilet Umum

Bagi yang ingin mengurus panggilan alam, telah tersedia toilet umum yang jumlahnya cukup banyak. Tidak perlu antri panjang, karena hampir di setiap sudut pantai menyediakannya.

Toilet juga bisa digunakan untuk membilas tubuh usai bermain air di laut. Selain itu, terdapat beberapa bilik nyaman yang bisa dipakai untuk berganti pakaian saja.

2. Sewa Kapal

Aktivitas yang tidak kalah seru untuk dicoba adalah menyusuri laut dan melihat Pulau Merah dari dekat. Sobat Pantai bisa menyewa kapal nelayan untuk bisa diantarkan ke area tersebut.

Tinggal hampiri saja kapal nelayan yang berderet di tepi pantai. Dengan begitu, teman-teman bisa mengambil foto dengan laut lepas yang menawan.

3. Warung Makan

Jika lupa bawa bekal dari rumah, Sobat Pantai tidak usah khawatir akan kelaparan. Tersedia beberapa warung makan di sekitar pantai yang menyajikan aneka makanan khas Jawa Timur dengan harga yang murah meriah.

Teman-teman yang suka kulineran jangan sampai melewatkan perburuan makanan khas setempat.

4. Area Parkir

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, teman-teman dapat memarkirkan kendaraan dengan nyaman. Area parkir yang tersedia cukup luas, terlebih tarif parkir yang dikenakan cukup terjangkau.

Dengan begitu, teman-teman tidak perlu memikirkan keamanan kendaraan selama bermain di pantai. Ada penjaga yang akan memantau setiap keluar masuk kendaraan.

5. Penginapan

Bermain sekali saja terkadang tidak cukup. Karena itu, penginapan hadir di beberapa titik untuk memfasilitasi Sobat Pantai yang mau berlibur lebih lama di pantai ini.

Penginapan bisa dijadikan alternatif jika tidak ingin mendirikan tenda. Harga penginapan cukup bervariasi dan fasilitas yang ditawarkan juga lengkap.

Kesimpulan

Objek wisata Pantai Pancer Banyuwangi akan memberikan waktu liburan yang tidak terlupakan. Oleh karena itu, disarankan datang pada saat cuaca cerah agar bermain di pantai semakin seru dan menyenangkan.