Pantai Ora Surganya Bawah Laut Indonesia Timur

Jika Sobat Pantai menyukai pemandangan di pesisir Hawai atau lautan yang seperti Maladewa, maka Indonesia juga memiliki keindahan yang serupa. Pantai Ora merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Maluku yang kini banyak dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pantai ora

Lokasi, Rute, Jam Buka, dan Keindahan Pantai Ora

Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan lembut. Bentuknya yang langsung menjorok ke lautan yang dangkal dan berisi ribuan terumbu karang yang cantik. Tak ketinggalan berbagai jenis ikan yang hidup di dalamnya dan sering naik ke permukaan untuk dilihat oleh para wisatawan.

Airnya yang bersih dan segar membuat siapapun menjadi sangat tertarik untuk berenang maupun melakukan berbagai aktivitas lainnya. Semakin menjelajahi Ora, wisatawan akan semakin terkagum-kagum dengan ciptaan Tuhan yang luar biasa indah dengan ekosistem lautnya yang beragam.

Lokasi dan Rute Pantai

Pantai Ora berlokasi di Desa Sleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Bagi masyarakat setempat, juga dapat mencari alamat Taman Nasional Manusela. Untuk menjangkau Ora, wisatawan dari Jakarta harus menggunakan armada pesawat terbang menuju kota Ambon.

Setelah itu, Sobat Pantai dapat melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Hulnara, Tulehu yang merupakan pintu menuju Ora. Di Pelabuhan tersebut tersedia berbagai jenis ferry yang berangkat menuju Amahai setiap hari dengan dua jadwal perjalanan, yaitu:

  • Tulehu – Amahai, berangkat setiap hari Senin – Sabtu pada pukul 09.00 WIT dan 16.00 WIT. Sementara untuk hari Minggu hanya tersedia satu jadwal perjalanan yaitu pada pukul 11.00 WIT
  • Amahai – Tulehu, berangkat setiap hari Senin hingga Sabtu pada pukul 08.00 WIT dan 14.00 WIT. Adapun hari Minggu hanya berangkat pada pukul 15.00 WIT
Baca Juga  Lokasi, Harga Tiket, Serta Aktivitas di Pantai Sopapei

Dari Pelabuhan Amahai, wisatawan akan melakukan perjalanan ke Desa Saleman menggunakan kendaraan umum. Dalam hal ini, Sobat Pantai sebaiknya menyewa kendaraan agar lebih mudah dan cepat sampai ke tujuan. Pastikan untuk menyewa jasa travel atau kendaraan umum yang aman.

Waktu perjalanan dari Amahai menuju ke Desa Saleman yaitu sekitar 2,5 jam melalui Trans Seram. Perjalanan ini membuat wisatawan akan menyusuri wilayah kota Teon dan Masohi serta Serua dan Nila. Selain itu, juga akan melewati kawasan Taman Nasional Manusela dan jalur pegunungan.

Setelah sampai Desa Saleman, Sobat Pantai akan melihat perahu dengan mesin kecil yang siap mengantar. Wisatawan akan berangkat ke Ora dengan menempuh perjalanan sekitar 15 menit. Akses menuju pantai tergolong tertutup karena hanya dapat dicapai menggunakan perahu.

Jam Buka Pantai Ora

Untuk berkunjung ke Ora, Sobat Pantai tidak akan terikat waktu apapun. Hal ini sebabkan karena pantai dapat diakses 24 jam. Akan tetapi, wisatawan harus tetap memperhatikan waktu keberangkatan perahu.

Misalnya, pada larut malam kemungkinan besar pengemudi perahu tidak berangkat. Bagi Sobat Pantai yang ingin menikmati udara segar dan angin sepoi-sepoi, dapat berangkat pada sore hari hingga malam.

Pada waktu tersebut, wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat indah nan romantis sehingga cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun pasangan. Namun, jika ingin melihat seluruh keindahan pantai, maka silakan untuk berkunjung sebelum matahari terbit.

Dengan begitu, wisatawan dapat melihat sunrise, pemandangan pagi, siang, hingga matahari tenggelam atau sunset. Meskipun demikian, Sobat Pantai bebas datang kapan saja tanpa terikat waktu.

Harga Tiket

Selain waktu yang tidak terbatas, biaya masuk ke Ora juga gratis alias tidak harus membayar apapun. Meskipun demikian, para wisatawan harus tetap menyediakan biaya akomodasi untuk transportasi. Jika ingin menginap, Sobat Pantai tentu harus menyewa penginapan sesuai waktu yang diinginkan.

Baca Juga  Sejarah, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Pintu Kota

Aktivitas Menarik di Pantai Ora

Ora memiliki daratan yang tidak terlalu luas. Hal ini disebabkan karena sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan, hutan tropis, dan tebing. Air pantai yang biru jernih serta pemandangan bawah laut yang indah sehingga cocok untuk dilakukan beragam aktivitas seperti berikut ini.

1.   Berburu Foto

Di Maluku, khususnya Ora memiliki beragam spot foto menarik. Sobat Pantai dapat berfoto dengan latar belakang laut yang biru, pasir putih, pegunungan hijau, serta penginapan. Oleh karena itu, sangat penting bagi wisatawan untuk membawa kamera atau ponsel dengan resolusi kamera yang bagus.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa charger, cadangan baterai, atau powerbank agar Sobat Pantai dapat mengabadikan momen dengan puas. Foto dapat menjadi menjadi kenang-kenangan terbaik dan bisa dilihat selamanya baik dalam bentuk file maupun dicetak.

2.   Diving dan Snorkeling

Untuk menikmati keindahan bawah laut, para wisatawan dapat menyelam (diving) dan snorkeling. Sobat Pantai tidak perlu menyelam terlalu dalam karena airnya yang jernih membuat keindahaan bawah laut dapat terlihat dengan mudah.

Di kedalaman sekitar 2-3 meter, wisatawan sudah dapat melihat terumbu karang dan ratusan jenis ikan berwarna warni yang hidup disana. Melihat bagaimana semua ikan tersebut berenang kesana kemari bersama dengan hewan laut lainnya tentu menjadi kesenangan tersendiri.

Selain itu, Pantai Ora memiliki spot snorkeling, misalnya di samping tebing tinggi untuk melihat ekosistem bawah laut yang lebih banyak. Panggung kecil yang ada di tengah laut sebagai tempat penyimpanan alat selam dan snorkeling juga sering dijadikan sebagai objek foto.

Saat melakukan kegiatan penjelajahan bawah laut ini, Sobat Pantai harus memperhatikan keamanan. Jika masih pemula, sebaiknya menggunakan bantuan fasilitator agar terhindar dari cedera atau hal-hal yang berpotensi membahayakan keselamatan jiwa.

Baca Juga  Lokasi, Jam Operasional, dan Harga Tiket di Pantai Santai

3.   Menginap di Resort

Saat berkunjung ke Ora, Sobat Pantai tentu tidak ingin meninggalkannya dengan cepat. Pantai ini memiliki beragam resort mewah ala-ala Maldives, seperti Ora Beach Eco Resort. Namun, harga setiap malam tergolong cukup mahal sehingga wisatawan harus menyediakan biaya yang lebih.

Tarif penginapan setiap malam berbeda tergantung jenisnya. Untuk kamar terapung sekitar Rp750.000 dan kamar panggung yaitu Rp450.000. Ciri khas penginapan di Ora yaitu rumah panggung yang dibawahnya sudah terdapat air sehingga wisatawan langsung turun bermain air.

Meskipun demikian, harga tersebut sebanding dengan fasilitas yang disediakan. Mulai dari penjemputan dari bandara sampai tiba Ora Beach baik pulang maupun pergi. Selain itu, juga sering dilengkapi dengan fasilitas kunjungan ke beberapa lokasi dan snorkeling.

4.   Wisata Budaya

Bagi wisatawan yang tertarik dengan hal-hal yang bersifat tradisional, tentu sangat cocok untuk berkunjung ke Ora. Hal ini disebabkan karena pulau Seram yang asli dihuni oleh beberapa suku primitif lain dan suku Alifuru dengan berbagai ragam budaya.

5.   Kuliner Tradisional

Sama halnya dengan adat, berkunjung ke Ora juga membuat Sobat Pantai dapat menikmati kuliner tradisional. Mulai dari ikan kering hingga sagu yang sangat cocok disajikan bersama. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat proses pembuatan sagu secara langsung.

Kesimpulan

Maluku identik dengan pemandangan alam yang indah, terutama pantainya. Pantai Ora termasuk salah satu diantaranya karena keindahannya yang sering disamakan dengan Hawai dan Maladewa. Daerah ini Sobat Pantai juga menikmati kuliner tradisional dan mengenal wisata budayanya.