Pantai Ngetun Gunung Kidul Lokasi Harga Tiket & Fasilitas

Apakah Anda mencari tempat liburan yang indah dan menenangkan di Indonesia? Pantai Ngetun Gunung Kidul adalah destinasi yang sempurna untuk melarikan diri dari rutinitas harian dan merasakan keajaiban alam.

Pantai Ngetun Gunung KidulTerletak di Gunung Kidul, Yogyakarta, pantai ini menawarkan pemandangan yang memesona, fasilitas yang lengkap, dan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi segala yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Ngetun Gunung Kidul, termasuk lokasi, harga tiket, fasilitas yang tersedia, dan lebih banyak lagi.

Rute Menuju Pantai Ngetun

Jika Anda ingin mendaki ke Pantai Ngetun dari Kota Yogyakarta, maka Anda harus mengikuti jalur Wonosari – Baron – Pertigaan Mulo – Tepus.

Saat Anda tiba di Desa Tepus, ambillah arah ke kiri atau timur – Kecamatan Tepus – Pulang Sawal atau Indrayanti – Pok Tunggal – Pantai Seruni dan barulah sampai ke Pantai Ngetun.

Untuk menuju Pantai Ngetun, ada beberapa petunjuk yang bisa diikuti. Jika melewati ringroad dari pusat kota Yogyakarta, rute-nya akan melalui jalan Wonosari – Piyungan – Patuk, Bukit Bintang – Sambipitu – Gading, atau lapangan terbang dan kemudian berbelok arah Wonosari.

Rute untuk sampai ke Wonosari adalah dari Siono, lalu ke kota Wonosari, Baleharjo, Mijahan, Semanu, Pasar Minggu, Cuwelo, Giri Panggung, dan Ngawar-awar hingga ke pertigaan Balong.

Mulailah di pertigaan Balong dan belok ke kanan menuju Purwodadi, Ndakbong, Gesing dan SDN Gembuk. Ikuti jalan kecil beraspal sampai Anda tiba di pantai Ngetun.

Keindahan Pantai Ngetun

Keindahan alamnya yang memukau membuat pantai ini menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun begitu, mengapa Pantai ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by YOGYAKARTA (@yogyakartacity)

Pantai yang berlokasi searah dengan jalur menuju pantai Nglambor atau Pantai Siung ini diapit dengan dua bukit yang tinggi. Pengunjung pun bisa naik kebukit untuk melihat keindahan pantai Ngetun dari bukit karang yang tinggi. Karena diapit oleh dua bukit inilah pantai menjadi mirip seperti teluk kecil atau mungil. Dan pastinya pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan, dan hanya orang-orang yang suka dengan objek wisata baru yang sering mengunjungi pantai-pantai masih perawan.

Baca Juga  Pantai Karang Hawu: Tiket Masuk, Fasilitas, dan Lokasi

Salah satu faktor utama adalah aksesibilitas menuju pantai ini. Rute menuju lokasi memang tidak semudah rute ke beberapa pantai lain di Gunung Kidul. Anda perlu melewati jalan berliku dan kadang-kadang sempit serta jalur setapak sebelum mencapai tujuan akhir. Namun, inilah pesonanya! Karena jarang terjamah, Pantai Ngetun tetap alami dan indah.

Keindahan Pantai Ngetun juga terletak pada pesona alamnya yang eksotis. Pasir putih bersih, air laut biru jernih, karang-karang indah, dan hamparan pepohonan hijau menjadikan pemandangan di sini sangat memesona. Banyak pengunjung yang merasa seperti memasuki surga ketika melihat panorama alam yang begitu luar biasa ini.

Selain itu, kesepian juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke sini. Tidak ada kerumunan besar atau kebisingan dari pedagang atau kendaraan bermotor di sekitarnya. Anda dapat menikmati kedamaian dan ketenangan pantai tanpa gangguan apapun.

Fasilitas di Pantai Ngetun

Pantai Ngetun di Gunung Kidul adalah surga tersembunyi yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Tidak hanya itu, pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Saat Anda tiba di Pantai Ngetun, Anda akan disambut dengan area parkir yang luas dan aman. Ini sangat penting karena Anda tidak perlu khawatir mencari tempat parkir bagi kendaraan Anda. Setelah itu, jalan menuju pantai cukup mudah dilalui dengan beberapa tangga kayu sebagai akses utama.

Tak hanya itu saja, di sepanjang jalur akses menuju pantai, terdapat warung-warung makanan dan minuman yang menyediakan hidangan lezat lokal seperti ikan bakar atau segarnya kelapa muda. Jadi, saat lapar atau haus datang menghampiri setelah bermain air laut, ada banyak pilihan kuliner khas Gunung Kidul yang bisa dinikmati.

Baca Juga  Pantai Sodong Cilacap: Destinasi Seru untuk Liburan Keluarga

Fasilitas-Fasilitas Yang ada di sini:

  • Area parkir luas
  • Kamar mandi dan fasilitas bersih
  • Warung makan dengan pilihan kuliner lezat
  • Mushola
  • Tempat istirahat ( Bisa sewa tikar)
  • Lahan Camping

Harga Tiket Masuk & Jam Buka Pantai Ngetun

Pemerintah setempat belum mengelola Pantai Ngetun sebagai destinasi wisata, jadi tidak ada biaya tiket masuk atau retribusi yang harus dibayar. Anda bebas untuk masuk dan menikmati pemandangan alamnya yang indah.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke pantai ini, biaya parkir motor hanya Rp 5.000,- dan mobil hanya Rp 10.000,-. Ini masih sangat murah untuk berwisata di pantai ini.

Kapan pun Anda ingin datang, pantai Ngetun siap menyambut Anda! Ini akan dibuka selama 24 jam. Di sini juga dapat disediakan tempat berkemah di pinggir pantai, jadi Anda dapat nikmati indahnya pemandangan langit malam di pantai ini.

Retribusi Biaya
Tiket Motor Rp. 5.000,-
Tiket Mobil Rp. 10.000,-
Tiket Orang Gratis

Aktivitas Menarik di Pantai Ngetun

Pantai Ngetun Gunung Kidul bukan hanya tempat untuk bersantai di tepi laut yang indah, tetapi juga tempat yang penuh dengan aktivitas seru yang akan membuat kunjungan Anda menjadi lebih berkesan. Berikut adalah beberapa aktivitas menarik yang dapat Anda nikmati di antaranya:

Menikmati Pemandangan Laut Biru

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan di Pantai Ngetun adalah menikmati pemandangan laut yang memesona. Air laut yang jernih dan biru, bersanding dengan langit cerah, menciptakan pemandangan yang begitu indah dan menenangkan. Anda dapat duduk di pasir putih yang lembut sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang menghanyutkan.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Pantai Ngetun juga merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Saat matahari terbit, Anda akan disuguhkan dengan panorama langit yang berwarna-warni dan sinar matahari yang perlahan muncul di atas cakrawala. Sedangkan saat matahari terbenam, langit akan berubah menjadi nuansa oranye dan merah yang memukau, menciptakan momen yang romantis dan indah.

Baca Juga  Pantai Rembat Indramayu, Surga Surfing Jawa Barat

Memancing

Bagi para penggemar memancing, Pantai ini adalah tempat yang ideal untuk melakukannya. Anda dapat membawa peralatan memancing dan mencoba peruntungan menangkap ikan di laut. Rasakan sensasi ketika Anda berhasil mendapatkan ikan segar dan nikmati kebahagiaan saat menjalani aktivitas yang menenangkan ini.

Melakukan Trekking ke Bukit-bukit

Jika Anda pecinta petualangan, Anda dapat mencoba trekking ke bukit-bukit di sekitar Pantai Ngetun. Nikmati perjalanan menantang sambil menjelajahi alam sekitar dan menikmati pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian. Trekking ini juga memberikan kesempatan untuk menjelajahi keanekaragaman hayati dan flora unik di sekitar pantai.

Camping

Untuk pengalaman yang lebih mendalam dengan alam, Anda dapat menghabiskan malam di Pantai Ngetun dengan berkemah. Rasakan suasana malam yang tenang di bawah langit berbintang sambil berkumpul di sekitar api unggun dengan teman-teman atau keluarga. Camping di pantai akan memberikan Anda momen kebersamaan yang tak terlupakan dan membuat Anda merasa dekat dengan alam.

Dengan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan, Pantai di Gunung Kidul ini merupakan destinasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Tak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau, tetapi juga pengalaman seru yang akan membuat kenangan tak terlupakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam Pantai Ngetun dan menikmati berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana.

FAQs (Pertanyaan Umum)

  1. Bagaimana cara mencapai Pantai Ngetun Gunung Kidul? Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum ke Pantai Ngetun di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  2. Apakah ada biaya tambahan untuk aktivitas-aktivitas di pantai? Ya, beberapa aktivitas seperti memancing dan penyewaan peralatan tambahan mungkin dikenakan biaya tambahan.
  3. Kapan waktu terbaik untuk menikmati sunrise di Pantai Ngetun? Waktu terbaik untuk menikmati sunrise di Pantai Ngetun adalah pagi hari sekitar jam 5-6 pagi.
  4. Bisakah saya membawa tenda sendiri untuk camping di pantai? Tentu saja, Anda dapat membawa tenda sendiri untuk berkemah di Pantai Ngetun, tetapi pastikan untuk mengikuti peraturan yang ada.
  5. Apakah ada restoran atau warung makan di sekitar pantai? Ya, terdapat warung makan dan restoran di sekitar pantai yang menyajikan berbagai hidangan lezat untuk Anda nikmati.