Pantai Muara Beting, Keindahan Tersembunyi di Bekasi

Siapa bilang jika Bekasi hanya diisi oleh daerah pemukiman dan industri saja? Bekasi merupakan salah satu kota dengan jumlah tempat wisata yang minim, namun memiliki pantai yang sangat indah. Namanya adalah Pantai Muara Beting.

Pantai Muara Beting Bekasi

Awalnya, pantai ini memiliki nama Muara Gembong. Setelah dipugar menjadi kawasan wisata yang kecil di Bekasi, namanya berubah menjadi Muara Beting. Lokasi wisata ini tidak jauh dari bagian paling Utara Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sejauh ini, pantai yang ukurannya tidak begitu besar ini dijadikan objek wisata oleh warga di sekitar kota. Daerahnya masih asri karena banyak pohon yang rindang di sekitar pantai. Cek bagaimana untuk bisa berkunjung dan informasi terkait lainnya di sini.

Profil Pantai Muara Beting

Sebelum menjadi sebuah tempat wisata di Bekasi, lokasi yang satu ini merupakan sebuah tempat konservasi bakau. Area ini dijadikan konservasi mengingat pantai bagian Utara Pulau Jawa kian menurun. Hal ini mengakibatkan abrasi pantai di banyak tempat.

Profil Pantai Muara Beting

Hanya saja, pemerintah kota berencana untuk membuka pantai ini untuk umum. Tujuannya adalah untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke Bekasi. Tempat ini juga disulap menjadi salah satu tempat wisata untuk penduduk sekitar yang ingin melepas penat di kota.

Baca Juga  Kecantikan Pantai Jodo, Destinasi Wisata Cantik Murah Meriah

Sejauh ini, kondisi pantai masih sangat sepi. Minimnya pengunjung disebabkan area yang belum direvitalisasi sepenuhnya sehingga, fasilitas yang ada di pantai masih sedikit. Sobat Pantai bisa mampir ke sini jika tujuannya murni untuk melihat pantai yang tak banyak terjamah di perkotaan.

Alamat

Alamat pantai ini berada di bagian Pantai Bahagia. Letaknya berada di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Area terdekat dari pantai ini adalah Babelan. Jalan untuk menuju Pantai Muara Beting sudah baik. Akses menuju pantai sudah bisa dilalui oleh kendaraan seperti mobil dan motor.

Rute

Dari pusat Kota Bekasi, Anda perlu melanjutkan perjalanan ke daerah Ganda Agung. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Sriamur yang berada di Babelan. Perjalanan Anda akan berakhir di area Muara Gembong. Di perjalanan pun Anda sudah bisa melihat pesisir pantai.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk menuju Pantai Muara Beting bisa dikatakan sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp20.000,00 saja per orang. Apabila ingin menikmati indahnya pesisir dengan menggunakan perahu, Sobat Pantai perlu membayar lagi sebesar Rp20.000,00.

Jam Buka

Pantai ini hanya dibuka mulai pukul 07.00 dan ditutup pada pukul 16.00. Pengelola pantai ini tidak mengizinkan pengunjung untuk menginap atau berkemah. Hari operasionalnya adalah setiap hari dan Sobat Pantai bisa mengunjungi di hari biasa untuk menghindari keramaian.

Fasilitas

1. Tempat Parkir

Apabila Anda datang dengan membawa kendaraan pribadi, Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini sudah menyediakan tempat parkir, baik untuk mobil dan motor. Meskipun pengelolaannya minim, namun setidaknya Sobat Pantai tidak harus bergantung dengan kendaraan umum.

2. Toilet dan Kamar Mandi

Apabila Sobat Pesisir berencana untuk berenang di sini, teman-teman juga tidak perlu takut untuk memikirkan tempat bilas. Pantai ini sudah memiliki toilet dan kamar mandi yang nyaman sehingga tidak perlu mencari keluar area.

Baca Juga  Pesona Pantai Kuripan, Pantai Baru di Kabupaten Batang

3. Spot Foto

Keuntungan lain dari pantai ini adanya fasilitas seperti spot foto. Fasilitas ini memungkinkan teman-teman untuk bisa mengambil foto secantik mungkin saat berkunjung. Ada baiknya berkunjung saat pagi dan di hari yang cerah agar hasil fotonya bagus.

Spot Foto Pantai Muara Beting

4. Gazebo

Adanya gazebo di area pantai membuat suasana kunjungan Sobat Pantai menjadi lebih nyaman. Gazebo bisa digunakan untuk bersantai atau sekadar piknik bersama keluarga. Hanya saja, jumlah gazebo di pantai ini juga masih terbatas.

Keindahan Pantai

1. Kebersihan Pantai

Pantai Muara Beting bisa dikatakan cukup indah karena pantainya masih sangat bersih. Pasalnya, memang tidak terlalu banyak pengunjung yang datang ke sini karena masih direvitalisasi. Sobat Pesisir bisa menikmati indahnya pantai dan lautan saat berkunjung.

2. Hutan Bakau

Berhubung kawasan ini masih masuk ke dalam kawasan konservasi bakau, maka hutan bakau menjadi salah satu keindahan pantai yang bisa teman-teman nikmati. Hutan bakaunya sangat rimbun dan bisa dikunjungi dengan menggunakan perahu.

3. Burung Migran

Sobat Pantai mungkin akan melihat beberapa burung yang migran ke area pantai. Burung-burung ini berasal dari perairan Laut Cina Selatan. Migrasi ini hanya sementara dan akan teman-teman lihat di saat bulan Februari. Mereka hanya singgah dan tidak mengganggu pengunjung.

4. Ombak Kecil

Pantai ini juga menarik karena ombaknya kecil. Ukuran ombak ini membuat Sobat Pantai tidak perlu takut untuk berenang di sekitar bibir pantai.

Aktivitas di Pantai

1. Berenang

Aktivitas utama yang bisa Sobat Pesisir lakukan di area pantai ini adalah berenang. Kondisi ombaknya sangat tenang dengan kontur pesisir yang landai, sehingga tidak membahayakan. Anak-anak pun bisa berenang dengan aman di sini.

Baca Juga  Liburan Seru ke Pantai Balongan Indah Indramayu

2. Bermain Pasir

Dengan kondisi pantainya yang bersih, aktivitas bermain pasir di pantai ini pun menjadi aman dan menyenangkan. Sobat Pantai bisa bermain dengan anak-anak dan membawa peralatan tersendiri. Kualitas pasir di sini juga sangat halus.

3.  Piknik

Di pantai ini, Sobat Pesisir bisa melakukan piknik. Di sekitarnya terdapat berbagai pepohonan yang rindang dan idea untuk dijadikan tempat untuk piknik. Teman-teman bisa piknik di pagi atau sore hari.

4.  Berfoto

Di tempat ini, teman-teman juga bisa berfoto karena suasananya yang masih sepi. Jadi, hasil foto yang didapatkan juga akan menjadi bagus.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ayo Bekasi (@ayobekasi)

5. Menikmati Matahari Terbenam

Matahari terbenam di pantai ini merupakan pemandangan yang tidak boleh dilewatkan. Di sini, teman-teman bisa melihat pemandangan ini mulai pukul 17.00. Sobat Pesisir bisa menikmati pemandangan ini dengan jelas apabila cuaca dalam keadaan cerah.

Tips Berkunjung

1. Mengisi Bahan Bakar

Daerah yang menuju ke arah Pantai Muara Beting merupakan daerah yang sepi. Teman-teman akan menemukan bahwa di daerah ini jarang sekali ditemukan POM bensin. Oleh sebab itu, ada baiknya jika mengisi bahan bakar kendaraan hingga penuh sebelum berangkat.

2. Saat Non Weekend

Sobat Pesisir bisa mengutamakan hari saat non-weekend. Pasalnya, hari-hari tersebut pantai ini tidak dikunjungi banyak orang. Jadi, teman-teman lebih bebas bermain dan mengambil foto di sekitar pantai.

3. Saat Pagi Hari

Waktu berkunjung yang baik untuk ke pantai ini adalah saat pagi hari. Suasananya cenderung sejuk dan udaranya masih bersih. Teman-teman juga tidak akan merasa kepanasan untuk menghabiskan waktu di pantai.

4. Membawa Perlengkapan Pantai

Daerah ini masih sangat sepi, bahkan jarang ditemukan orang yang berjualan di sini dan sewa perlengkapan untuk berenang juga tidak ada. Ada baiknya jika teman-teman menyiapkan perlengkapan pantai ketika berkunjung.

Pantai Muara Beting merupakan destinasi baru yang bisa dikunjungi kapan saja, terutama pagi dan sore hari. Selain asri, teman-teman juga bisa menyaksikan bagaimana burung bermigrasi dan suasananya yang tenang dari hiruk-pikuk perkotaan.