Pantai Merah Muda di NTT, Salah Satu Pantai Terunik di Dunia

Sebagai negara kepulauan, banyak daerah di Indonesia yang memiliki pantai karena berbatasan langsung dengan laut. Tidak terkecuali Nusa Tenggara Timur yang memiliki Pantai Merah Muda. Nama ini berasal dari warna pasirnya, yakni merah muda.

Penduduk setempat menamainya sebagai pantai merah. Warna pink menjadi keunikan pantai ini karena pantai dengan pasir pink tidak banyak di dunia. Hanya ada sebelas pantai dengan pasir berwarna pink dan salah satunya berada di Indonesia.

Pantai Merah Muda

Tak jarang jika banyak wisatawan lokal dan asing datang ke area ini untuk menikmati pemandangan aneh ini dengan takjub. Meskipun tempatnya cukup jauh, hal tersebut tidak menyurutkan semangat pengunjung setiap tahunnya. Berikut ini adalah informasi lengkap tentang pantai ini.

Profil Pantai Merah Muda

Fenomena warna pink pada pasir pantai memang tidak terjadi ke semua pantai. Hanya pantai tertentu di dunia yang memiliki pasir dengan warna pink. Penyebabnya adalah tumpukan biota laut Foraminifera yang bangkainya memenuhi pantai dan didominasi warna merah.

Karena warna cangkangnya bercampur dengan pasir putih, itu sebabnya pasir menjadi warna pink. Tumpukan ini masih akan terus berlangsung karena Foraminifera sendiri hanya ada di beberapa tempat tertentu saja. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari pantai di NTT ini.

Baca Juga  Alamat, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Seger

Meskipun pantainya terbuka untuk umum, pantai ini masih menjadi rumah bagi banyak biota laut. Mereka dijaga keasliannya dengan membiarkan pantai ini sama sekali tidak memiliki penghuni. Pengunjung pun tidak diperbolehkan menginap di sini saat berkunjung.

Alamat Pantai Merah Muda

Pantai ini merupakan kawasan yang dilindungi dan dalam lingkup Taman Nasional Komodo. Alamat pantai berada di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata ini bisa dikunjungi seharian menggunakan perahu atau kapal dari Tanjung Benoa.

Rute Menuju Lokasi Merah Muda

Sobat Pesisir perlu mendarat di Labuan Bajo terlebih dahulu untuk bisa ke Pantai Merah Muda. Ada beberapa pilihan menuju Labuan Bajo seperti dari Bali atau Jakarta. Apabila sudah di Bali, ada dua pilihan yakni pergi ke Labuan Bajo melalui jalur udara atau jalur laut.

Apabila sudah tiba di Labuan Bajo, teman-teman harus naik kapal ferry untuk bisa ke pantai tersebut. Perjalannya kurang lebih selama 1 jam. Setelah tiba di area Loh Liang, Sobat Pesisir bisa pergi ke pantai menggunakan perahu atau berjalan kaki selama 3 jam.

Jam Operasional Pantai

Sebenarnya, tidak ada jam operasional tertentu dari pantai ini. Hal tersebut disebabkan pantai ini kosong dan tidak ada pengelola langsung, melainkan pengelola tur yang sekaligus untuk liburan di Pulau Komodo. Pengunjung biasanya pergi ke pantai ini dari jam 08.00-16.00 WITA.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk bisa menikmati pemandangan di Pantai Murah Muda sudah termasuk ke dalam tur ke Pulau Komodo. Apabila teman-teman adalah warga NTT yang ingin pergi mandiri, maka harus naik kapal untuk menuju ke sana dan biayanya sekitar Rp330.000,00 per orang.

Fasilitas Pantai

Teman-teman akan kaget jika mengetahui bahwa kunjungan ini akan sulit menemukan fasilitas apapun. Sebab, pantai ini memang sama sekali tidak berpenghuni. Itu sebabnya, teman-teman mungkin hanya akan bisa menghabiskan beberapa jam saja di tempat ini.

Baca Juga  Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Senggigi

Teman-teman yang berencana untuk piknik pun perlu membawa bekal. Pasalnya, pantai ini juga tidak memiliki warung atau cafe. Saat tiba di pantai, teman-teman hanya akan melihat pengunjung lainnya, pantai dengan pasir pink, dan perbukitan yang berdiri gagah di pulau tersebut.

Keunikan Pantai Merah Muda

1. Warna Pasir Pantai

Tentu saja, keunikan yang paling menonjol dari destinasi wisata yang satu ini adalah warna pasir pantainya. Dari jauh maupun dekat, warnanya adalah pink atau merah muda. Warna ini muncul secara alamiah karena adanya proses pelapukan Foraminifera yang terjadi bertahun-tahun.

Dengan warna air lautnya yang biru, pemandangan di tempat ini sangat indah dan berbeda dengan pantai lainnya. Warna merah muda ini tentu saja akan bertahan sangat lama, sebab biota laut dengan warna merah memang membludak di kawasan Taman Nasional Komodo.

2. Tidak Berpenghuni

Kawasan Pantai Merah Muda merupakan kawasan yang sama sekali tidak memiliki penghuni. Tidak ada rumah didirikan di sini. Bahkan, Sobat Pantai pun tidak akan menemukan cafe atau warung. Pantai ini sangat sepi kecuali ketika pengunjung datang menggunakan perahu.

Hal ini dipertahankan oleh pemerintah pula karena untuk menjaga keasrian dan kealamian pantai. Itu sebabnya, pengunjung akan melihat keadaan pantai yang sangat bersih. Hampir tidak ditemukan sampah di sini selain cangkang biota laut yang melebur bersama pasir pantai.

3. Bentuk Pantai Landai

Salah satu keuntungan ketika berkunjung ke sini adalah bentuk pantainya yang landai. Pengunjung bisa berenang dan bermain air di sini tanpa takut tenggelam. Hanya saja, Sobat Pantai wajib membawa peralatan sendiri sebelum berkunjung ke sini.

Baca Juga  Rute, Harga Tiket, dan Jam Operasional Pantai Selong Belanak

4. Terdapat Bukit dan Batu

Sobat Pantai juga bisa melihat latar belakang pantai yang merupakan bukit yang berbatu. Hal ini sangat kontras dengan keadaan pasirnya yang berwarna pink dan air laut yang biru. Saat cuaca cerah, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah.

5.  Ombak yang Tenang

Sobat Pantai akan menemukan kondisi pantai di sini memiliki ombak yang sangat tenang. Itu sebabnya, tempat ini sangat ideal untuk bermain air bahkan snorkeling. Riak-riak ombak hanya terjadi di bibir pantai dan itupun sama sekali tidak mengganggu.

Aktivitas Seru di Pantai Merah Muda

1.  Berjemur

Rata-rata pengunjung yang pergi ke sini tujuannya adalah untuk berjemur. Pasalnya, tempat ini menawarkan eksotisme yang berbeda dari tempat lainnya. Sobat Pantai bisa membawa tikar atau mini lounge untuk merasakan sinar matahari yang cerah.

2.  Bermain Air

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di sini adalah bermain air dan berenang. Meski begitu, berenang harus dilakukan dengan hati-hati karena tidak ada penjaga pantai. Ada jarak tertentu juga untuk berenang sehingga tidak membahayakan pengunjung.Aktivitas Seru di Pantai Merah Muda

3.  Snorkeling

Apabila teman-teman menyukai snorkeling, maka tempat ini bisa diandalkan. Snorkeling di area pantai ini menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Tetapi, pengunjung perlu menyiapkan peralatan snorkeling sebelum pergi ke pantai ini.

Tips Sebelum Pergi ke Pantai

1.  Menyiapkan Peralatan

Berhubung di pantai Merah Muda ini tidak ada penghuni maupun penyewaan, maka semua alat untuk berenang, snorkeling, dan berjemur pun harus disiapkan sendiri. Pastikan teman-teman membawanya sebelum menyebrang di Tanjung Benoa.

2.  Membawa Bekal

Hal ini penting apabila hendak pergi dalam waktu beberapa jam. Di sini tidak ada warung atau cafe untuk memenuhi rasa haus dan lapar. Pastikan perbekalan Sobat Pantai cukup.

Kesimpulan

Pantai Merah Muda adalah salah satu objek wisata di Taman Nasional Komodo yang sayang sekali jika dilewatkan. Berkunjung ke sini menjadi salah satu pengalaman terbaik karena tak banyak pantai yang memiliki pasir pink dan masih alami.