Pantai Melawai, Destinasi Liburan Terbaik di Balikpapan

Pantai Melawai merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Desa Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Prov. Kaltim. Pantai ini menjadi pilihan yang tepat untuk nongkrong bersama teman ataupun keluarga.Pantai Melawai

Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota membuat tempat ini mudah diakses dan cukup terkenal. Pemandangan yang disuguhkan juga begitu memanjakan mata, terlebih ketika senja tiba. Untuk mencari tahu lebih banyak seputar pantai ini, simak informasinya berikut.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai

Pantai Melawai berada dekat dengan Teluk Banua Putra serta Pelabuhan Semayang. Tepatnya, pantai ini beralamat di Jl. Jenderal Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Bagi Sobat Pantai yang ingin ke pantai ini dapat memakai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Akses menuju pantai ini sangat mudah, kondisi jalan beraspal, lebar, dan letaknya yang dekat dengan pusat kota Balikpapan, yaitu berjarak sekitar 3 km. Waktu tempuh dari pusat kota yaitu sekitar 10 hingga 15 menit.

Rutenya yaitu, jalan lurus menuju Jl. D.I. Panjaitan, lalu belok kanan ke arah Jl. Dr. Sutomo dan belok kiri ke arah Jl. P. Antasari. Setelah itu akan melewati Kantor Kesebangpol Balikpapan, lalu melewati bundaran Jl. Jenderal Sudirman. Setelah itu tibalah di pantai ini.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk menuju pantai ini tergolong murah. Berikut rincian biaya yang harus dibayar wisatawan kepada petugas pengelola pantai.

Keterangan Tarif
Tiket masuk Rp15.000,-
Parkir motor Rp5.000,-
Parkir mobil Rp10.000,-
Baca Juga  Pantai Kilang Balikpapan HTM, Lokasi, dan Jam Buka

Daya Tarik Pantai Melawai

1. Menyaksikan Sunset

Mungkin, orang akan berpikir bahwa melihat sunset di pantai Balikpapan adalah hal yang mustahil, karena secara geografis, Balikpapan berada di Kalimantan bagian Timur sehingga yang memungkinkan adalah melihat sunrise (matahari terbit).

Namun, anggapan tersebut tidaklah benar, karena orang-orang dapat menikmati indahnya sunset di Pantai Melawai. Dari pantai ini, tidak ada bangunan atau penghalang lain sehingga pemandangan ketika sunset akan tampak sempurna.

Setelah sunset, kondisi pantai ini akan semakin ramai didatangi oleh wisatawan dari berbagai kalangan, mulai dari yang muda hingga dewasa, semua berbaur untuk menambah kemeriahan pantai ini.

2. Kerlap-kerlip Lampu Saat Malam

Suasana di malam hari akan dimanjakan dengan indahnya kelap-kelip lampu kapal di atas air laut. Pemandangan nan indah ini dapat menjadi daya tarik orang Balikpapan untuk berkunjung ke pantai dan menghabiskan waktu malam.

3. Tersedia Banyak Cafe untuk Wisata Kuliner

Suasana malam di pantai semakin komplit dengan hadirnya berbagai cafe yang menyuguhkan aneka makanan ringan sampai menu makan malam lengkap. Wisatawan selain menikmati indahnya suasana pantai juga dapat melakukan wisata kuliner Pantai Melawai.

Dengan menyajikan tempat lesehan dipadu dengan angin pantai sebagai penyejuk dan keindahan laut malam hari sebagai hiasannya, sangat terbayang betapa nikmatnya menghabiskan malam di pantai ini.

Jika Sobat Pantai ingin menghabiskan malam bersama pasangan, keluarga, atau hanya sekedar berkumpul bersama sahabat sembari makan malam, maka pilihan yang sempurna yaitu mengunjungi pantai ini.

Wisatawan tidak perlu takut jika mendatangi tempat ini terlalu malam, karena pantai ini dibuka selama 24 jam. Tidak hanya menikmati indahnya malam, banyaknya cafe yang ada di sekitar pantai dapat menambah lengkap suasana malam yang syahdu di pantai.

Baca Juga  Keindahan Destinasi Wisata Romantis Pantai Asmara

Setiap kafe menyuguhkan menu yang berbeda. Namun, yang menjadi menu andalan anak muda yaitu jagung bakar manis. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati aneka olahan seafood hingga menu yang lain yang disediakan di kafe tersebut.

4. Panorama Pantai yang Indah

Pantai ini memiliki panorama yang cantik dan dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Uniknya dari pantai ini yaitu tidak memiliki bibir pantai, yang mana batas antara daratan dan perairan hanyalah sebuah tembok beton dan batuan karang.

Meski begitu, pesona keindahan pantai ini sungguh memukau dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Lokasinya yang berdekatan dengan kilang minyak Pertamina, membuat wisatawan akan melihat berbagai aktivitas kapal maupun pegawai Pertamina yang melintas di pantai ini.

Untuk pemandangan ke arah daratan akan terlihat lalu-lalang kendaraan yang sedang melintas di jalan raya. Pemandangan di daratan juga akan tampak bangunan tinggi yang berada di dekat pantai. Di sini, wisatawan dapat duduk dengan santai sembari menikmati panorama indah yang disuguhkan.

5. Terdapat Pulau Babi

Sobat Pantai bisa menyaksikan pulau kecil yang disebut Pulau Babi dan berdiameter sekitar 30 m. Disebut Pulau Babi karena di pulau ini banyak didapati binatang bulu babi. Pulau ini jaraknya sangat dekat dengan bibir pantai, yaitu sekitar 200 meter.

Fasilitas yang Tersedia

Pantai ini lebih cocok sebagai tempat nongkrong dan tempat menikmati indahnya senja. Ada beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini, sehingga wisatawan bisa betah berlama-lama menikmati indahnya pemandangan dan suasana pantai.

Di sepanjang pantai dapat dengan mudah ditemukan berbagai cafe yang menyuguhkan makanan dan minuman yang beraneka ragam dengan harga yang terjangkau, sehingga siapapun bisa memesan makanan sembari menikmati indahnya pemandangan tanpa mengeluarkan banyak budget.

Ada aneka masakan seafood yang sangat lezat, ada juga menu lain seperti ayam, pecel lele, dan ikan bakar. Ditemani dengan aneka minuman dingin atau seduhan teh dan kopi yang hangat menambah syahdunya suasana di pantai ini.

Baca Juga  Indahnya Pantai Takisung Wisata Bahari di Tanah Laut

Di pantai ini terdapat tempat parkir yang tersebar di sepanjang pantai, sehingga wisatawan tidak perlu bingung jika membawa kendaraan pribadi. Selain itu, terdapat beberapa hotel, tempat karaoke, hingga arena olahraga.

Perlu diketahui bahwa pantai ini tidak dapat dipakai untuk berenang, namun tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung ke sana. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah, terutama sore dan malam hari, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat santai.

Tips Liburan ke Pantai Melawai

Agar liburan semakin berkesan, ikuti tips berikut ketika akan berlibur ke pantai ini.

  • Menentukan waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini. Disarankan mengunjunginya pada sore dan malam hari, karena pemandangan ketika dan sesudah sunset sangat memukau. Di waktu ini merupakan puncak keramaian wisatawan. Selasa malam dan sabtu malam juga menjadi puncak keramaian wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di pantai ini. Jika ingin mencari ketenangan, maka Sobat Pantai dapat berkunjung di luar waktu tersebut untuk menghindari keramaian.
  • Jika berkunjung di pagi hingga sore hari, jangan lupa memakai sunscreen atau sunblock guna melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Bagi yang mudah masuk angin, disarankan untuk membawa jaket yang cukup hangat.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan di pantai ini agar pengalaman liburan semakin berkesan. Terlebih saat momen sunset yang banyak ditunggu wisatawan. Keindahan sunset di pantai ini sangat menakjubkan dan sayang jika tidak diabadikan.
  • Coba untuk mencicipi pisang gapit yang menjadi makanan warga setempat. Sobat Pantai dapat menemukannya di setiap cafĂ© yang terdapat di pantai ini.

Meski liburan disini dijamin seru, tapi jangan lupa hal yang paling penting, yaitu selalu jaga kebersihan pantai demi kenyamanan kita bersama.