Pantai Maluk: Alamat, Jam Buka, Harga Tiket & Daya Tarik

Menghabiskan waktu libur dengan mendatangi tempat wisata adalah hal yang sering dilakukan. Salah satu rekomendasi tempat terbaik di Sumbawa adalah Pantai Maluk. Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa dan mampu menghipnotis para wisatawan yang sedang berkunjung.pantai maluk

Maluk Beach tergolong cukup hits di Sumbawa karena menawarkan pemandangan yang eksotis. Hamparan pasir putih yang membentang dari ujung utara hingga ujung selatan. Deburan ombak kecil yang terlihat jelas membasahi bibir pantai akan menambah kesan indah.

Tidak hanya itu, air laut yang berwarna biru, jernih, dan segar sangat cocok dimanfaatkan untuk berenang maupun melakukan berbagai olahraga air. Fasilitas pantai ini cukup memadai untuk menunjang kenyamanan para wisatawan seperti toilet, area parkir, hingga restoran.

Alamat dan Rute Pantai

Maluk Beach berlokasi di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Posisi pantai ini tidak terlalu jauh dari Taliwang, yaitu sekitar 30 km. Sobat Pantai dapat berangkat mengakses lokasi menggunakan jalur darat maupun laut.

Jika menggunakan transportasi darat, wisatawan bisa naik bus dari Kota Mataram dengan memilih jurusan Mataram-Taliwang-Maluk. Waktu perjalanan yang akan ditempuh bus sekitar 5-6 jam. Saat memasuki daerah Maluk, Sobat Pantai dapat naik ojek menuju lokasi pantai.

Sementara itu, jika berangkat dari Pelabuhan Kayangan Lombok, wisatawan akan menyeberang menggunakan kapal ferry. Waktu yang dibutuhkan tergolong lebih cepat yaitu hanya kurang lebih 2 jam.

Baca Juga  Pantai Pink, Wisata Bahari Tercantik yang Ada Di Lombok

Harga Tiket Masuk Pantai Maluk

Berkunjung ke Maluk Beach tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Hal ini disebabkan karena tiket masuk tergolong sangat murah yaitu Rp5.000 per orang. Akan tetapi, jika Sobat Pantai datang menggunakan kendaraan pribadi harus menyediakan uang parkir.

Perlu diketahui bahwa besaran tarif tersebut berbeda-beda tergantung kebijakan dari pengelola wisata. Oleh karena itu, Sobat Pantai sebaiknya mengikuti perkembangan atau pemberitahuan terbaru. Jika tidak, sebaiknya bawa uang yang cukup banyak untuk menghindari kenaikan harga.

Jam Buka

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang memiliki aturan terkait jam operasional, Maluk Beach justru tidak memberlakukan hal tersebut. Sobat Pantai dapat berkunjung kapanpun tanpa adanya batasan waktu, baik hari libur maupun tidak selama 24 jam.

Dengan begitu, ketertarikan para wisatawan untuk berkunjung menjadi semakin tinggi. Mereka dapat menjadikan liburan ke Pantai Maluk sebagai ajang untuk mengistirahatkan diri dari segala rutinitas. Apalagi, jika Sobat Pantai telah berada di Sumbawa, tentu sangat sayang jika melewatkannya.

Daya Tarik Pantai Maluk

Maluk Beach dikenal memiliki daya tarik yang tinggi untuk menarik para wisatawan. Sobat Pantai yang berkunjung tidak akan rugi karena dapat menikmati berbagai keunikan yang dimiliki pantai seperti yang tertulis pada uraian berikut ini.

1.   Diapit Dua Bukit

Saat berada di bibir pantai, wisatawan akan melihat pemandangan alam dimana terdapat dua bukit yang mengapit Maluk Beach. Bukti Mantin terdapat pada bagian utara pantai. Sementara itu, pada bagian selatannya terdapat bukit lain yang dikenal dengan nama Bukit Balas.

Keberadaan kedua bukit tersebut semakin lengkap dengan jejeran bukit yang berwarna hijau. Dengan demikian, keindahan pantai menjadi semakin bertambah dan dicintai oleh semua wisatawan termasuk yang berasal dari mancanegara.

2.   Ombak Super Suck

Maluk Beach adalah pantai yang bentuknya seperti teluk dan menghadap langsung ke arah lautan lepas di garis khatulistiwa. Pada bagian tengahnya terdapat ombak yang besar bahkan mencapai ketinggian 2 meter. Akan tetapi, saat tidak di pinggir pantai ombak tersebut menjadi kecil.

Baca Juga  Pantai Kura Kura Lombok Yang Indah

Hal tersebut disebabkan karena ombak tersebut terpecah oleh Tanjung Ahmad. Oleh karena itu, wisatawan mancanegara kemudian menyebutnya dengan ombak super suck. Julukan itu terus digunakan hingga sekarang dan dikenal oleh banyak orang.

3.   Area Penangkaran Penyu

Penyu adalah salah satu hewan yang berbentuk unik dan sering ditemukan di pantai. Kura-kura laut ini harus dilestarikan agar tidak punah sehingga dibuatkan penangkaran. Jika Sobat Pantai ingin menyaksikan penyu-penyu yang unik dan lucu, maka Maluk Beach adalah pilihan yang tepat.

Beberapa jenis penyu yang dibudidayakan di pantai ini, diantaranya Penyu Hijau, Penyu Hitam, dan Penyu Sisik. Bahkan, jika Sobat Pantai beruntung, bisa ikut berpartisipasi untuk melepaskan anak penyu atau yang dikenal dengan tukik ke lautan.

4.   Sunset yang Indah

Pemandangan matahari terbenam di beberapa tempat memang sangat luar biasa, termasuk di Pantai Maluk. Sunset di pantai ini akan menampilkan cahaya berwarna orange keemasan yang terpantul pada permukaan air laut. Alhasil, semburat cahaya berwarna jingga akan memenuhi langit di sekitar pantai.

Semakin lama, matahari akan turun ke bawah sampai akhirnya bersembunyi di balik laut lepas. Suasana langit perlahan-lahan akan menjadi gelap dan proses tersebut membuat para wisatawan menjadi terpukau. Hal inilah yang membuat sunset di Maluk Beach menjadi sangat indah.

5.   Bermain Olahraga Air

Berkunjung ke pantai yang air serta ombaknya yang bagus membuat Sobat Pantai merasa ingin menikmatinya. Sebagian besar wisatawan memutuskan untuk mencoba berbagai olahraga air, baik yang mudah seperti olahraga air maupun yang menantang seperti berselancar.

Semakin lama, matahari akan turun ke bawah sampai akhirnya bersembunyi di balik laut lepas. Suasana langit perlahan-lahan akan menjadi gelap dan proses tersebut membuat para wisatawan menjadi terpukau. Hal inilah yang membuat sunset di Maluk Beach menjadi sangat indah.

Baca Juga  Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Senggigi

Ombak pantai ini yang terpecah oleh tanjung membuat kondisi air menjadi lebih sempurna. Para wisatawan yang hobi berselancar dapat segera melakukan olahraga air ini menggunakan papan selancar yang dapat disewa.

Akan tetapi, Sobat Pantai harus tetap memperhatikan cuaca atau kondisi ombak berada pada kondisi aman. Untuk pemula, sebaiknya menggunakan bantuan pemandu dan mengikuti arahannya dengan baik. Jika tidak, kegiatan selancar dapat berisiko bahkan membuat celaka.

6.   Fasilitas Lengkap

Saat menghabiskan waktu di Maluk Beach, pengunjung tidak perlu khawatir akan kenyamanannya. Hal ini sebabkan karena pantai ini memiliki berbagai fasilitas menarik, seperti area parkir, wahana, spot foto, restoran pinggir jalan, warung, area camping, serta toilet.

Jadi, jika Sobat Pantai merasa kelaparan bisa segera mengisi perut dengan membeli di warung terdekat yang ada di sekitar pantai. Selain itu, juga bisa mengunjungi restoran untuk mendapatkan makanan dengan rasa serta kualitas yang tidak kalah dengan restoran besar di ibukota.

7.   Fasilitas Lengkap

Saat menghabiskan waktu di Maluk Beach, pengunjung tidak perlu khawatir akan kenyamanannya. Hal ini sebabkan karena pantai ini memiliki berbagai fasilitas menarik, seperti area parkir, wahana, spot foto, restoran pinggir jalan, warung, area camping, serta toilet.

8.   Pasir yang Lembut

Maluk Beach memiliki pasir yang lembut sehingga cocok dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas. Mulai dari berjemur, menjelajah sekitar pantai, mencari biota laut, hingga menikmati pemandangan sambil menikmati kuliner maupun es kelapa muda.

Kesimpulan

Di Sumbawa, Pantai Maluk dikenal oleh banyak wisatawan termasuk turis mancanegara. Pantai ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman-teman atau keluarga. Pemandangannya yang indah membuat siapapun ingin tinggal berlama-lama.