Pantai Losari Makassar, Wisata Bahari dan Kuliner Populer

Nama Pantai Losari tentu sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Tempat wisata satu ini sudah menjadi ikonik dari kota Makassar. Sehingga lokasi ini harus dimasukkan ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Tidak hanya untuk para wisatawan, penduduk lokal juga senang menghabiskan waktu disana.Pantai Losari Makasar

Meskipun namanya pantai, namun tidak ada hamparan pasir disana. Tetapi ada pemandangan dari laut lepas yang menyejukkan dengan angin kencang. Terdapat banyak ornamen menarik yang bisa dijadikan sebagai spot foto menarik. Jika sudah di Makassar, rasanya tidak lengkap apabila tidak ke Losari.

Semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa cocok untuk berkunjung kesini. Untuk anak-anak ada juga wahana menarik yang bisa dimainkan.

Sejarah Pantai Losari Makassar

Setiap tempat tentu menyimpan cerita sejarah yang menarik. Hal inilah yang membuat pesona tempat wisata semakin menarik. Sejarah dari pantai yang ikonik ini cukup unik, karena dahulu merupakan pasar ikan yang beroperasi pada pagi dan siang hari. Sedangkan pada malam hari akan jadi tempat berjualan.

Sejak tahun 1945, area pantai lebih diperhatikan oleh pemerintah setempat. Berbagai fasilitas diperbaiki dan ditambahkan untuk menunjang kebutuhan para pengunjung. Pembangunan awalnya dilakukan dengan mendirikan beton dengan panjang 910 meter pada pinggir pantai.

Hal ini bertujuan untuk mencegah ombak besar yang berasal dari selat Makassar. Awalnya, Losari dijadikan sebagai tempat wisata namun saat ini juga sering dikunjungi untuk menikmati suasana sore yang hangat. Belum diketahui nama Losari diambil dari bahasa apa.

Baca Juga  Pantai Enu Harga Tiket, Rute, dan Objek Wisata

Namun jika diartikan kedalam bahasa Jawa adalah area yang digunakan untuk menjalankan kegiatan jual beli.

Hal Menarik yang Bisa Dinikmati

Setelah mengetahui cerita asal usul nama Pantai Losari, Sobat Pesisir tentu akan semakin penasaran untuk berkunjung.

Suasana menyenangkan yang ramah akan membuat merasa betah menghabiskan waktu di lokasi ini. Selain menghadirkan banyak spot foto, ada juga wahana seru yang bisa dinikmati sambil berkeliling pantai. Seperti apa pesona keindahannya, berikut informasinya.

1. Masjid Terapung

Dekat Losari, terdapat sebuah masjid dengan bangunan yang unik. Posisinya menjorok ke arah lautan sehingga terlihat seperti terapung. Masjid tersebut bernama Amirul Mukminin. Desain Masjid dibuat menyerupai rumah adat Sulawesi Selatan sehingga terlihat sangat menarik.Masjid Amirul Mukminin

Terdapat jalan penghubung antara jalur pejalan kaki dengan area tengah masjid yang bisa dijadikan sebagai spot foto yang menawan. Masjid ini dibangun pada tahun 2012.

2. Spot Sunset

Saat berkunjung ke pantai, memilih waktu berkunjung yang tepat merupakan kunci untuk dapat menikmati panorama yang menawan. Sangat disarankan untuk berkunjung ke pantai pada sore hari sambil menunggu matahari terbenam.

Pantai ini memiliki spot sunset yang sangat bagus sehingga Sobat Pesisir bisa merasakan suasana romantis yang menyenangkan.

Sejenak raga dan jiwa bisa beristirahat dari rutinitas yang padat. Area pantai ini sangat luas sehingga pengunjung bisa menentukan sendiri posisi untuk menikmati sunset sesuai keinginan.

3. Kuliner Makassar

Jika sudah sampai di Losari, tidak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi kuliner khas daerah Makassar. Ada banyak sekali makanan yang bisa dicoba karena sepanjang area pantai banyak sekali kedai jualan. Salah satu yang paling populer adalah Pisang Epe.

Baca Juga  Pantai Katembe, Pantai Terkenal di Sulawesi Tenggara

Makanan satu ini terbuat dari pisang raja yang diolah dengan cara dibakar, kemudian dijepit sampai pipih. Topping pelengkap bisa disesuaikan dengan selera para wisatawan.

Jajanan satu ini sangat populer dan menjadi primadona. Selain itu, ada juga jenis makanan dan minuman lainnya yang menarik untuk dicoba.

4. Anjungan Pantai Losari

Keunikan pantai ini tidak hanya terletak pada keindahan panoramanya, namun juga ada beberapa anjungan dengan nama suku yang ada di Makassar. Diantaranya seperti Toraja, Bugis, Mandar, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, setiap anjungan akan menghadirkan ciri khas dan pesona dari suku-suku tersebut. Tidak hanya bisa jadi spot foto yang menarik, namun juga bisa memberikan informasi tentang budaya dan adat masyarakat setempat.

Selain itu, ada juga patung Pahlawan Sulawesi Selatan seperti Arung Palakka, Sultan Hasanudin, dan lainnya. Berkunjung kesana seolah memasuki museum dengan konsep yang lebih menyegarkan karena tidak terasa membosankan.

Panduan Menuju Lokasi

Pantai Losari ada di kota Makassar. Ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor dari wisata ikonik yang satu ini. Jika Sobat Pesisir berasal dari luar kota, maka perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari bandara Makassar. Jika melalui tol, hanya sekitar 40 menit.

Jarak tempuh perjalanan dari Pelabuhan Soekarno Hatta di Wajo adalah sekitar 20 menit. Lokasinya cukup strategis karena berada di tengah kota. Tidak ada waktu khusus yang mengatur jam operasional lokasi wisata ini. Losari buka selama 24 jam sehingga kapan saja ingin berkunjung bisa langsung mendatanginya.

Bahkan terkadang terasa lebih ramai pada malam hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah dari jam 15:00 – 21:00 agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan bisa menikmati matahari terbenam.

Baca Juga  Pantai Kamali: Keindahan Pantai Tersembunyi di Indonesia

Harga Tiket Masuk Pantai Losari Makassar

Untuk bisa masuk kawasan pantai, tidak dikenakan biaya tiket sehingga para wisatawan bisa mendapatkan akses gratis untuk menikmati panorama yang indah dan menenangkan. Akses pantai ini terbuka untuk umum sehingga siapa saja bisa bebas berkunjung.

Namun pastikan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan karena keindahan pantai adalah tanggung jawab bersama termasuk wisatawan yang berkunjung.

Meskipun masuk ke area pantai tidak bayar, namun Sobat Pesisir perlu membayar biaya parkir. Untuk motor sekitar Rp2.000 sedangkan mobil Rp5.000.

Tarif ini bisa saja berubah saat akhir pekan atau libur nasional. Tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah. Di area pantai ini juga banyak wisata kuliner dan wahana yang menarik untuk dicoba.

Fasilitas yang Tersedia di Area Pantai

Tidak perlu khawatir jika berkunjung ke Losari karena fasilitas yang disediakan sangatlah lengkap. Terdapat beberapa unit toilet dengan kondisi yang bersih sehingga nyaman untuk digunakan. Area parkirnya bisa dikatakan sangat luas dan bisa memuat banyak kendaraan termasuk bus.

Untuk fasilitas kuliner tidak perlu diragukan lagi, karena Losari dikelilingi oleh pedagang mulai dari yang menjual jajanan, minuman, cemilan, hingga makanan berat. Ada juga minimarket dan ATM gallery terdekat yang tersedia sehingga tidak perlu takut kehabisan uang cash.

Pantai ini memiliki masjid besar yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah. Bagi Sobat Pesisir yang ingin bermalam di sekitar area Losari, tersedia banyak sekali pilihan hotel yang dapat dipesan sesuai dengan anggaran.

Kesimpulan

Apabila berkunjung ke kota Makassar, Pantai Losari merupakan lokasi yang wajib dikunjungi. Beragam kegiatan menarik mulai dari berkeliling pantai, menaiki wahana, berfoto, hingga wisata kuliner bisa dilakukan di area ini.

Fasilitas umum yang tersedia sangat lengkap sehingga mampu memberikan kenyamanan. Lokasinya yang berada di kota memungkinkan wisatawan bisa mendapatkan akses ke berbagai tempat dengan lebih mudah. Bisa dikatakan ini merupakan area berlibur yang lengkap dan sayang sekali untuk dilewatkan.