Asal Usul, Jam Buka, Harga Tiket & Fasilitas Pantai Kuta Lombok

Mendengar nama Pantai Kuta, tentu Sobat Pantai berpikir bahwa wisata tersebut ada di Bali. Akan tetapi, nama tersebut juga digunakan untuk nama pantai yang ada di Lombok. Dengan keindahan yang sama, Pantai Kuta Lombok identik dengan pasir putihnya terlihat seperti butiran merica.Pantai Kuta Lombok

Garis pantai ini memiliki panjang sekitar 7,2 km. Selain pasir, Pantai Kuta juga memiliki deretan bukit yang berukuran sedang. Bukit-bukit tersebut mampu menciptakan perpaduan warna yang cantik antara putihnya pasir pantai dan biru dan jernihnya air laut.

Kejernihan tersebut membuat para wisatawan dapat dengan mudah melihat ekosistem yang ada di bawah laut. Selain itu, Pantai Kuta juga aman untuk melakukan beragam aktivitas termasuk olahraga air, seperti jetski, windsurfer, dan banana boat.

Asal Usul Pantai

Di sebelah barat Pantai Kuta, terdapat sebuah bukit yang diberi nama Bukit Mandalika. Pemberian nama tersebut berdasarkan cerita kuno masyarakat setempat tentang keberadaan seorang putri yang memiliki nama yang sama, yaitu Mandalika.

Putri tersebut terkenal sangat cantik sehingga banyak pangeran yang jatuh cinta dan ingin melamarnya. Putri Mandalika kemudian merasa bingung dan memutuskan untuk bersemedi demi mencari jawaban. Pada tanggal 20 tepatnya bulan ke-10 penanggalan suku Sasak, sang putri memberikan jawaban.

Putri Mandalika kemudian menjawab bahwa akan menerima semua lamaran dari pangeran. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya perpecahan. Namun, beberapa hari kemudian terdengar kabar bahwa sang putri melompat dari bukit turun ke laut.

Tindakan tersebut dilakukan untuk menghindar dari kejaran pangeran yang berniat untuk mempersuntingnya. Tubuh Putri Mandalika akhirnya hilang tertelan ombak dan tidak ditemukan. Setelah itu, ditemukan banyak cacing Nyale yang dianggap sebagai jelmaan sang putri.

Baca Juga  Pantai Pink, Wisata Bahari Tercantik yang Ada Di Lombok

Legenda itulah yang kemudian menjadi asal usul festival Bau Nyale yang diadakan oleh masyarakat sekitar secara rutin. Kini, dari puncak bukit Mandalika wisatawan dapat melihat pemandangan Pantai Kuta yang sangat indah.

Alamat dan Rute

Pantai Kuta Lombok berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia. Sebelah timur pantai ini tepatnya sekitar 2 km, wisatawan juga dapat mengunjungi Pantai Seger yang berada satu garis pantai yang sama.

Untuk mengunjungi Pantai Kuta, Sobat Pantai dapat berangkat melalui dua rute, yaitu dari Kota Mataram atau Bandara Internasional Lombok. Jika wisatawan datang dari Kota Mataram, jarak menuju pantai sekitar 47,3 km dengan estimasi perjalanan sekitar 1 hingga 1,5 jam melalui jalan bypass.

Sementara itu, jika berangkat dari Bandara Internasional Lombok, membutuhkan waktu sekitar 27 menit dengan jarak 13,2 km. Keuntungan mengakses objek wisata Pantai Kuta adalah rute yang mudah ditempuh, jalan yang lebar, beraspal, naik turun, serta dapat diakses dengan roda dua dan roda empat.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta Lombok

Sobat Pantai yang ingin menikmati indahnya Pantai Kuta tidak perlu membayar biaya apapun, kecuali karcis untuk parkir. Untuk kendaraan bermotor, harus membayar biaya Rp5.000. Parkir mobil membutuhkan biaya Rp10.000 dan parkir bus sekitar Rp20.000.

Akan tetapi, harga tersebut tergantung kebijakan dari pengelola dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika tidak, maka Sobat Pantai bisa menjadikan harga tersebut sebagai pedoman untuk mempersiapkan dana sebelum akhirnya berangkat ke Pantai Kuta.

Selain itu, wisatawan yang menggunakan jasa biro perjalanan dengan memilih paket wisata tertentu. Dengan demikian, Sobat Pantai dapat merencanakan untuk berlibur sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Baca Juga  Alamat, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik Pantai Seger

Jam Operasional

Secara umum, Pantai Kuta dibuka selama 24 jam setiap hari, sehingga Sobat Pantai dapat datang kapanpun. Meskipun demikian, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pagi atau sore hari karena cuaca tidak terlalu panas.

Pada malam hari, Pantai Kuta sangat sepi oleh pengunjung dan tidak terlalu bagus untuk dinikmati. Sementara itu, pada musim pancaroba, Sobat Pantai akan melihat bukit-bukit yang berwarna hijau segar yang ada di sekeliling pantai.

Wisatawan juga dapat melihat berbagai jenis hewan ternak yang berkeliaran bebas yang ada di bukit-bukit. Hal tersebut akan memberikan pemandangan yang unik dan suasana yang berbeda, terlebih saat festival Bau Nyale berlangsung yaitu pada bulan Februari atau Maret.

Keindahan Pantai Kuta Lombok

Berbeda dengan pantai secara umum, pasir yang ada di Pantai Kuta tergolong cukup unik. Ukuran butirannya yang cukup besar seperti biji merica dengan warna kuning keemasan. Di sekeliling pantai, terdapat bukit-bukit yang sering digunakan warga untuk menggembala.

Sobat Pantai bisa mendaki bukit dan melihat keindahan air laut yang jernih dari ketinggian. Saat air surut, pantai yang memiliki bentuk yang landai sering digunakan untuk berburu ikan-ikan kecil yang terjebak di celah karang.

Airnya yang jernih cocok dan aman untuk melakukan berbagai kegiatan air, seperti berenang atau mandi. Selain itu, bagi Sobat Pantai yang menyukai olahraga air juga tersedia banyak fasilitas seperti jetski, windsurfer, dan banana boat.

Untuk yang menyukai surfing, Pantai Kuta Lombok juga cocok karena memiliki ombak yang cukup besar. Bahkan, banyak surfer lokal maupun non lokal yang selalu melakukan surfing di pantai ini.

Fasilitas

Pantai Kuta Mandalika sudah banyak dikenal sehingga fasilitas yang dimilikinya cukup lengkap. Para wisatawan dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan memperhatikan beberapa aturan yang ada. Misalnya, dengan menyediakan anggaran dana khusus untuk menyewa beberapa fasilitas.

Baca Juga  Pantai Kura Kura Lombok Yang Indah

1. Penginapan

Jika ingin menghabiskan waktu yang cukup lama, Sobat Pantai dapat menyewa penginapan maupun hotel yang banyak tersedia dengan tarif yang berbeda-beda. Wisatawan sebaiknya memilih sesuai kebutuhan termasuk memperhatikan waktu, harga, dan jenis penginapan.

2. Toilet

Setiap pengunjung tidak perlu khawatir saat ingin menggunakan toilet, karena Pantai Kuta telah memiliki fasilitas tersebut. Sobat Pantai dapat membuang air kecil maupun besar dengan lancar dan aman. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa berganti pakaian dengan nyaman menggunakan toilet.

3. Mushola

Bagi yang beragama Islam, tetap akan bisa melaksanakan kewajibannya untuk beribadah. Hal ini disebabkan karena pantai ini sudah dilengkapi dengan mushola yang dapat digunakan oleh semua pengunjung.

4. Rumah Makan

Untuk makanan, Sobat Pantai tidak perlu khawatir karena di sekitar tempat wisata terdapat banyak rumah makan. Wisatawan dapat menikmati kuliner khas daerah setempat maupun makanan lainnya yang dijual. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa uang yang cukup untuk membeli makanan.

5. Toko Oleh-Oleh

Sebelum pulang, para wisatawan dapat membeli oleh-oleh di toko yang ada. Oleh-oleh yang dijual berupa makanan, minuman, gantungan kunci, atau kaos khas daerah Maluku. Dengan begitu, Sobat Pantai dapat membawa kenang-kenangan untuk keluarga maupun orang rumah.

6. Tempat Sampah

Meskipun Pantai Kuta memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, namun kelestarian dan keindahan tersebut harus tetap dijaga. Salah satunya dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan yaitu tempat sampah.

Kesimpulan

Selain di Bali, nama Pantai Kuta juga disematkan pada pantai yang ada di Lombok. Keindahan Pantai Kuta Lombok tidak kalah dengan Bali sehingga menarik minat para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. Pantai ini memiliki pasir dengan butiran besar seperti merica.