Pesona Pantai Kuripan, Pantai Baru di Kabupaten Batang

Memang tidak sepopuler pantai lainnya yang ada di Kabupaten Batang, Pantai Kuripan merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di pantai Utara. Pantai ini merupakan pantai baru dan mulai populer di Jawa Tengah, khususnya penduduk Batang.

Pantai Kuripan

Posisi pantai ini cukup strategis untuk dikunjungi karena spotnya cukup unik dibandingkan dengan pesisir di sekitarnya. Pengelolaan pantai ini juga cukup baik dengan penambahan taman dan spot foto yang instagenic untuk pada pengunjung.

Tak ada salahnya jika Sobat Pantai mencoba untuk berkunjung ke pantai ini ketika berlibur atau sekadar melepas penat. Berikut ini adalah informasi lengkap tentang pantai yang bersih dan nyaman untuk bermain warga yang ada di Kabupaten Batang.

Profil Pantai Kuripan

Pantai yang baru mulai populer lima tahun belakangan ini merupakan sebuah destinasi wisata yang baru. Awalnya, pantai ini digunakan untuk petani tambak saja untuk mengelola udang dan jenis ikan laut lainnya. Jarang sekali orang datang untuk menikmati pantai.

Pesisir pantai ini juga banyak pemukiman warga yang berprofesi sebagai nelayan di pantai Utara. Lama-kelamaan, banyak orang yang mendatangi pantai ini untuk sekedar bersantai. Akhirnya, mereka mengelola pantai untuk bisa menjadi tempat kunjungan yang nyaman.

Kemudian, pantai ini pun disulap menjadi sebuah destinasi wisata dengan penambahan taman dan spot foto. Pengelola pantai juga menambahkan retribusi kepada pengunjung sehingga pantai bisa terawat. Akhirnya, pantai ini pun menjadi populer sebagai destinasi wisata alternatif.

Baca Juga  Pantai Marina Semarang, Destinasi Populer di Jawa Tengah

Alamat

Alamat pantai ini berada di Jalan Kuripan, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang. Pantai sebenarnya tidak jauh dari akses jalan pantura yang sudah mulus. Itu sebabnya, pengunjung yang baru pun tidak akan kesulitan untuk menemukan alamat dari pantai yang satu ini.

Rute Menuju Lokasi

Dari jalan Pantura, Sobat Pantai harus berada di Kabupaten Batang terlebih dahulu dan pergi ke Kecamatan Subah untuk mencari Jalan Kuripan. Kemudian, ambil lurus di Jalan Kuripan sejauh 5 km. Sobat Pantai akan menemukan spot “Pantai Kuripan” dan artinya telah tiba.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke pantai ini adalah hanya Rp5.000,00 saja per orang dan termasuk motor. Apabila pengunjung membawa mobil, maka ada biaya tambahan sebesar Rp10.000,00 dan mobil bisa diparkirkan di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola pantai.

Jam Buka

Sebenarnya, Pantai Kuripan dibuka selama 24 jam penuh karena banyak pengunjung yang memilih pantai ini untuk berkemah.

Tetapi, jam terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari atau sore hari untuk melihat matahari yang terbenam di pantai ini. Pengelola pantai akan menyambut pengunjung dengan baik.

Fasilitas Pantai

1. Toilet

Di pantai ini sudah tersedia toilet umum untuk para pengunjung. Toilet ini bisa diakses dengan memberikan retribusi tambahan kepada petugas penjaga, Rp2.000,00 untuk BAB dan BAK. Sementara untuk mandi bilas sehabis berenang dikenakan tarif sebesar Rp3.000,00.

2.  Mushola

Pengunjung yang ingin menghabiskan waktu seharian di tempat ini juga bisa mendatangi mushola saat adzan berkumandang. Bagi wanita, ada mukena yang bisa dipinjam secara gratis. Kondisi musholanya sangat bersih dan nyaman untuk beribadah.

3. Area Parkir

Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di pantai karena area parkirnya yang sangat luas. Parkiran bisa menampung baik motor dan mobil yang digunakan pengunjung. Biasanya, tarif parkir sudah diminta bersamaan dengan tiket masuk ke Pantai Kuripan sehingga tidak membayar dua kali.

Baca Juga  Liburan Seru di Pantai Modangan: Harga Tiket, Lokasi dan Jam Buka

4. Cafe

Fasilitas lain yang membuat orang-orang tertarik berkunjung ke sini adalah adanya cafe apung. Cafe ini memang berada di atas perahu dan biasanya dibuka pada saat sore hari. Pengunjung akan naik ke perahu untuk menikmati sajian makanan dan minuman.

5. Playground

Pengunjung yang membawa anak-anak juga dijamin tidak akan bosan. Pasalnya, fasilitas di pantai sudah dilengkapi dengan playground. Berbagai permainan ada di sini untuk anak-anak yang senang bermain. Playground tidak perlu membayar tambahan.

6. Aula

Salah satu kelebihan yang menarik dari pantai ini adalah aula yang sering digunakan untuk acara besar. Aula ini perlu disewa dari pihak pengelola pantai. Umumnya, aula digunakan bagi para pasangan yang akan menikah dengan tema pantai.

Daya Tarik

1. Dikelola dengan Baik

Pantai ini menjadi objek wisata yang nyaman bagi siapapun yang berkunjung karena dikelola dengan baik. Sobat Pantai tidak akan melihat sampah di sini karena pantai dijaga kebersihannya. Teman-teman pun bisa menikmati pantai tanpa merasa jijik dengan sampah.

2. Pemandangan Laut

Sejauh pandangan ke arah laut, teman-teman bisa melihat hamparan air laut yang sangat indah. Warna air lautnya jernih karena memang tidak ada buangan limbah yang dibuang ke sini. Sobat Pantai akan melihat beberapa perahu nelayan yang lewat di laut pada siang hari.

3. Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam

Saat sore hari, Sobat Pantai bisa menikmati pemandangan berupa matahari yang terbenam. Hal ini merupakan daya tarik tersendiri dari pantai karena banyak yang memanfaatkan momen ini untuk berfoto. Biasanya, matahari terbenam dimulai.pada sore hari pukul 17.00.

Baca Juga  Liburan Seru dan Asik di Pitris Ocean View Kebumen

Pemandangan matahari terbit di area ini juga tidak kalah menarik dan Sobat Pantai bisa menikmatinya pada pukul 05.00 pagi. Pengunjung yang memang sengaja camping di pantai ini pasti bisa menyaksikannya di ufuk Timur selama tidak mendung.

Aktivitas di Pantai

1. Berenang dan Main Air

Aktivitas di Pantai kuripan

Kedua aktivitas ini merupakan kegiatan andalan yang bisa dilakukan di pantai. Pasalnya, posisi pantai sangat landai dan aman untuk sekedar berenang dan bermain air. Pengelola pantai juga menyediakan penyewaan ban atau pelampung bagi pengunjung yang belum berani berenang di pantai.

2. Berkemah

Pengunjung pantai ini juga bisa berkemah di kawasan pesisir karena pantai ini memang dibuka selama 24 jam.

Jadi, Sobat Pantai bisa membawa peralatan kemah sendiri jika memang ingin berkemah. Ada cafe dan restoran di tempat ini sehingga tidak perlu takut apabila kehabisan makanan.

3. Wisata Kuliner

Kegiatan unik yang bisa dilakukan oleh pengunjung Pantai Kuripan adalah wisata kuliner. Pasalnya, wisata kuliner di tempat ini sangat berbeda karena ada cafe apung. Cafe ini didesain di atas laut dan pengunjung akan menyantap makanannya dari atas perahu.

4. Memancing

Pantai ini juga menyediakan sebuah spot bagi mereka yang senang dengan kegiatan memancing. Spot ini berupa tempat duduk dengan posisi strategis yang memang ikannya cukup banyak. Ada jembatan untuk memancing ikan yang biasanya dilakukan pada sore hingga malam hari.

5. Bermain di Playground

Sobat Pantai yang hanya ingin bersantai di pantai bisa memanfaatkan playground yang memang sengaja dibangun di tempat ini. Playground memiliki banyak tempat duduk dan mainan yang seru untuk anak-anak yang ikut berkunjung ke pantai.

Kesimpulan

Pantai Kuripan merupakan kawasan pantai baru yang perlu dikunjungi karena suasananya yang tenang. Meskipun baru, pantai sudah memiliki berbagai fasilitas yang lengkap agar pengunjung bisa menikmati waktunya saat berada di pantai