Pantai Katembe, Pantai Terkenal di Sulawesi Tenggara

Masyarakat di kawasan Buton, Sulawesi Tenggara memiliki sebuah objek wisata kebanggaan. Tempat ini berupa sebuah pantai yang cantik dan dinamakan sebagai Pantai Katembe. Keunikannya tidak hanya sebatas pemandangan, tetapi juga sebuah mitos di baliknya.Pantai Katembe Sulawesi Tenggara

Pantai ini memiliki garis yang cukup panjang dan tak jauh dari bibir pantai adalah jejeran pohon kelapa. Dengan cuaca yang cerah, pantai terlihat sangat cantik dengan pasirnya yang putih dan warna air laut yang biru dan jernih.

Pengubahan kawasan ini menjadi kawasan wisata adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, pengunjung menjadi tertarik dan menghabiskan waktu berlama-lama di sini. Sebelum mendatangi pantai indah ini, ada baiknya jika Sobat Pantai membaca ulasan lengkap informasinya di sini.

Profil Pantai Katembe

Pantai yang terletak di Buton ini merupakan pantai dengan nuansa pedesaan dan masih alami. Kondisi pantai sangat unik karena untuk bisa menuju ke pantai, pengunjung masih harus melalui jalan setapak. Di sisi lain, inilah alasan mengapa banyak orang memilih untuk pergi ke sini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by andrypriyadi (@andr0y)

Garis pantai di pantai ini cukup panjang dan memiliki kontur bibir pantai yang sangat landai. Tempat ini menjadi spot favorit para pengunjung yang ingin berenang di pantai atau bermain air. Warna pasirnya juga lebih putih daripada pantai lain di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga  Pantai Enu Harga Tiket, Rute, dan Objek Wisata

Tak jauh dari pantai adalah pemukiman penduduk yang merupakan sebuah desa. Kondisi pemukiman justru sangat hijau dengan rerumputan. Profil dari atas menunjukkan adanya kontras antara air laut, pantai, dan pemukiman warga di pesisir.

Alamat Pantai

Pantai ini berlokasi di Desa Madongka, Buton Tengah dan masuk ke dalam kawasan Sulawesi Tenggara. Untuk bisa menemukan pantai ini pun tidak sulit karena akses jalan yang sangat baik dan juga hanya berjarak sekitar 10 kilometer saja dari pusat kota.

Rute Menuju Lokasi

Apabila Sobat Pesisir datang dari arah kota Buton, maka ikuti jalan lurus di Jalan Gersamata menuju ke arah Selatan. Kemudian, perjalanan akan menemukan sebuah poros Wamengkoli dan ambil ke arah kiri. Ikuti perjalanan ke arah Wisata Goa Lakaedu.

Tidak jauh dari pantai ini merupakan pedesaan yang terdapat pemukiman penduduk. Mereka sangat ramah dan akan membawa Sobat Pantai menuju ke pantai. Pengunjung harus memarkirkan kendaraan di pemukiman karena jalan ke pantai hanya cukup untuk pejalan kaki.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke tempat ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket yang seharga Rp5.000,00 per orang. Harga ini sangat terjangkau sehingga banyak pengunjung yang datang ke sini. Tidak ada fasilitas parkir di sini karena kendaraan harus diparkirkan di sekitar pemukiman warga.

Jam Buka

Sebenarnya, jam buka pantai adalah selama 24 jam. Meski begitu, tak banyak pengunjung yang melakukan kemah di sini kecuali menginap di penginapan. Pantai cenderung ramai pada pukul 07.00-18.00 WITA untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam.

Fasilitas Pantai

1. Gazebo

Pantai ini memiliki beberapa gazebo yang digunakan untuk para pengunjung berteduh. Gazebo bisa dinikmati untuk duduk santai tanpa harus membayar lagi ke pengelola Pantai Katembe. Pasalnya, pantai ini memang tidak begitu rindang sehingga cukup panas pada siang hari.

Baca Juga  Pantai Losari Makassar, Wisata Bahari dan Kuliner Populer

2. Kamar Mandi dan Ganti

Apabila Sobat Pantai memiliki rencana untuk berenang di Pantai Katembe, teman-teman bisa memanfaatkan kamar mandi dan ruang ganti. Jadi, teman-teman pulang dari pantai dalam keadaan yang sudah bersih dari air laut dan pasir pantai.

3. Toilet

Bagi pengunjung yang akan menghabiskan waktu seharian di sini juga tak usah khawatir. Ada fasilitas toilet untuk pengunjung dengan membayar tambahan retribusi. Toiletnya cukup banyak untuk menampung membludaknya pengunjung, terutama pada saat hari libur.

Keindahan Pantai

1. Pasir Pantai Halus

Keunikan utama dari pantai ini adalah kondisi pasirnya yang sangat halus. Butirannya tidak akan menyakiti kaki meski berjalan di atasnya tanpa alas kaki. Warna pasirnya pun putih bersih, tidak seperti daerah lain di Sulawesi Tenggara.Pasir Pantai Halus di Pantai Katembe

2. Kondisi Pantai yang Bersih

Pengunjung Pantai Katembe juga akan dimanjakan dengan keadaan pantai yang sangat bersih. Penjagaan kepada pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan pun sangat ketat dan dikelola oleh pengurus pantai.

3. Banyak Biota Laut

Posisi bibir pantai yang landai membuat biota laut di bawahnya juga bisa terlihat. Jadi ketika pengunjung berenang, mereka bisa berinteraksi langsung dengan biota laut yang ada di sekitar kaki. Inilah yang menjadikan pantai ini menarik minat.

4. Masih Alami

Jika pantai lain dipugar untuk tujuan obyek wisata, maka berbeda dengan pantai ini yang dibiarkan alami. Tidak ada paving block atau pemecah ombak sama sekali. Penambahan gazebo juga dilakukan untuk melindungi kepala dari hawa panas.

Aktivitas Seru di Pantai

Aktivitas Seru di Pantai Ketambe

1. Berenang dan Bermain Air

Aktivitas utama di tempat ini adalah berenang dan bermain air. Kawasan pantai yang landai dinilai aman untuk orang dewasa dan anak-anak yang meskipun tidak pandai berenang. Apabila membutuhkan pelampung, sebaiknya teman-teman membawanya sendiri dari rumah.

Baca Juga  Pantai Walengkabola, Destinasi Wisata yang Cocok untuk Bersantai

2. Snorkeling

Untuk bisa menikmati pemandangan bawah laut yang indah karena macam-macam biota di dalamnya, teman-teman bisa melakukan snorkeling. Aktivitas ini sangat menyenangkan dan teman-teman tidak perlu mahir berenang selama mengenakan alat snorkeling.

3. Piknik

Banyak orang yang datang ke pantai ini untuk berpiknik. Karena minim pohon, biasanya mereka berpiknik di beberapa gazebo yang tersedia di area pantai. Gazebo tidak perlu menyewa ke pengelola dan bebas dipakai pengunjung.

4. Mengunjungi Sumur Legendaris

Pantai ini dikenal sebagai pantai dengan mitos putri duyung. Di sisi lain, ada juga sebuah sumur yang dipercaya sezaman dengan mitos tersebut. Air sumur ini berada di pesisir, namun airnya terasa tawar. Sumur ini juga selalu penuh dengan air saat kemarau.

5. Berjalan Keliling Desa

Pedesaan di sekitar pantai juga bisa menjadi kegiatan yang seru. Teman-teman yang ingin menikmati suasana pedesaan yang masih alami bisa berjalan menyusuri desa di sepanjang bibir pantai.

Tips Berkunjung ke Pantai

1. Menggunakan Sunblock

Keadaan di pantai ini sangat panas, terutama pada siang hari. Teman-teman perlu menggunakan sunblock agar kulit tidak terbakar sinar matahari. Apabila tidak banyak beraktivitas, manfaatkan gazebo yang ada di sekitar garis pantai.

2. Parkir di Pemukiman

Teman-teman juga tidak bisa melakukan parkir di pantai sebab tidak ada lahan parkir di sini. Teman-teman perlu memarkirkan kendaraan di sekitar pemukiman penduduk.

3. Membawa Bekal

Sobat pantai juga bisa membawa bekal dari rumah karena jarang sekali penjaja makanan di pantai ini. Terlebih jika teman-teman ingin menghabiskan waktu yang cukup lama di pantai ini.

Pantai Katembe adalah destinasi alternatif apabila teman-teman ingin berkunjung ke pantai yang ada di Buton. Pantai ini masih sangat alami sehingga fasilitasnya juga masih sedikit. Tetapi, area pantai ini sangat cocok untuk siapapun yang mencari ketenangan dengan melihat pantai.