Pantai Kamali: Keindahan Pantai Tersembunyi di Indonesia

Sulawesi Tenggara merupakan daerah yang cantik, terutama destinasi pantainya. Salah satu pantai yang sangat populer adalah Pantai Kamali. Pantai ini letaknya secara khusus ada di Kepulauan Buton yang memang menjadi tempat kebanggan masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Pantai Kamali

Pantai ini bisa terbilang berbeda dengan jenis pantai yang alami di daerah lain karena areanya sudah dipugar menjadi lebih indah dan tertata. Pengunjung bisa menikmati suasana asri pantai karena banyaknya pepohonan kelapa yang ada di sekitar pantai.

Selain itu, bagian tepi pantai juga sudah diberikan pembatas sehingga Sobat Pesisir bisa menikmati pemandangan dan suasana pantai dengan lebih aman. Penasaran dengan pantai yang menjadi objek wisata prioritas di Kota Bau Bau ini? Berikut adalah ulasan tentang pantai ini.

Profil Pantai Kamali

Saat Sobat Pantai berkunjung ke Pantai Kamali, maka teman-teman akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat sibuk. Pantai ini merupakan salah satu pusat bisnis di pesisir kota Bau Bau. Sobat Pantai akan melihat berbagai jenis perahu dengan berbagai ukuran berlalu lalang.

Salah satu penanda bahwa Sobat Pantai sudah tiba di area pantai ini adalah dengan adanya sebuah patung kepala naga. Ternyata, patung ini bukanlah hanya sekadar objek wisata melainkan sebuah monumen yang ada di kota ini. Posisinya memang berada di pantai, dekat kantor walikota.

Profil Pantai Kamali

Dengan ombaknya yang kencang, pantai ini pun bukan menjadi sebuah tempat yang layak untuk dijadikan tempat berenang. Bahkan pengelola pantai memberikan pagar pembatas agar pengunjung tidak benerang. Posisi pantai juga cenderung curam, bukan landai seperti pantai lainnya.

Baca Juga  Pantai Walengkabola, Destinasi Wisata yang Cocok untuk Bersantai

Alamat Pantai

Pantai ini terletak di Jalan Mayjend Sutoyo, Kelurahan Wale, Kecamatan Wolio. Lokasinya berada di Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara. Area Pantai Kamali berbeda dengan pusat pelabuhannya, meskipun Sobat Pesisir yang berkunjung akan melihat aktivitas bisnis berbasis kapal dan perahu dari pantai.

Rute Menuju Pantai

Berhubung pantai ini letaknya di sekitar Balai Kota, Sobat Pesisir bisa menemukannya dengan mudah. Arahkan kendaraan ke Jalan Pahlawan dan telusuri jalan tersebut. Setelah itu, Sobat Pantai akan menemukan perempatan menuju Jalan Sultan Hasanudin hingga menemukan pantai.

Pantai ini juga bisa dicapai jika Sobat Pesisir berada di Jalan Anoa yang kemudian berbelok ke Jalan Martadinata. Teman-teman bisa menemukan Pantai Kamali yang berada di sisi kiri lokasi pelabuhan Murhum. Jika Sobat Pantai naik travel, maka bisa meminta untuk ke lokasi pantai.

Jam Buka Pantai

Pantai ini dibuka pada pagi hari pukul 07.00. Hanya saja, Sobat Pesisir tidak akan menemukan warung makan dan jajanan di sekitarnya karena pantai ini sangat ramai ketika malam hari. Jam buka ini cocok untuk Sobat Pesisir yang ingin piknik dan berfoto.

Sementara jam puncaknya adalah sore hingga malam hari yang tutup pada pukul 12.00 malam. Sobat Pesisir bisa menikmati hidangan dan jajanan dari warung yang berjualan. Di tempat ini Sobat Pantai tidak bisa berkemah, melainkan menginap di resort yang ada di sekitar pantai.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke pantai ini, Sobat Pesisir harus mengocek harga sebesar Rp10.000,00 per orang. Harga ini berlaku untuk semua pengunjung, termasuk anak-anak pada hari Senin-Jumat. Untuk harga weekend dan di hari libur, Sobat Pesisir perlu membayar sekitar Rp15.000,00.

Baca Juga  Pantai Apparalang, Raja Ampat Bulukumba

Harga di atas hanya berlaku untuk perorangan saja. Harga jika Sobat Pantai membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, maka tiket masuk parkir pun berlaku. Untuk motor, harga parkirnya adalah Rp5.000,00 sementara untuk mobil adalah Rp10.000,00.

Fasilitas

Fasilitas utama di tempat ini adalah toilet dan mushola. Sobat Pesisir tak perlu khawatir jika ingin berkunjung dan berlama-lama di tempat ini. Kedua fasilitas utama ini pun sangat bersih dan nyaman. Sobat Pesisir perlu membayar retribusi ketika keluar dari toilet.Fasilitas pantai kamali

Di daerah ini juga terdapat fasilitas seperti bangku taman yang banyak di sepanjang pantai. Bangku taman ini dibuat untuk aktivitas pengunjung yang umumnya pergi ke pantai hanya untuk bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi.

Selain itu, Sobat Pantai juga tidak akan merasa kelaparan saat berkunjung ke sini karena banyak sekali warung makanan dan minuman. Aneka warung ini mulai ramai di sore hari karena pengunjung pantai ini sering datang mulai sore hingga malam.

Banyak anak-anak yang memang sering bermain di sekitar pantai karena ada area bermain. Di samping area bermain anak adalah parkiran yang sangat luas dan bisa memuat motor dan mobil.

Keindahan Pantai

1. Tempatnya Rapi

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai adalah tempatnya yang rapi. Pantai ini memiliki tepian yang sudah ditanggul sehingga Sobat Pantai tidak bisa berenang di lautnya. Hal ini disebabkan karena kontur pantainya yang curam. Pantai juga jadiĀ  terlihat lebih rapi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Shiska Arlina (@shiskaarlina)

2. Terdapat Trek

Bagi Sobat Pantai yang senang melakukan jogging, tempat ini menjadi salah satu spot yang seru. Pasalnya, pantai juga memiliki trek tersendiri sehingga jogging menjadi lebih menyenangkan. Sobat Pantai bisa jogging tanpa harus menginjak pasir.

Baca Juga  4 Petualangan Seru di Pantai Selayar Lewat 2 Jalur

3. Banyak Spot Nongkrong

Bagi Sobat Pantai yang ingin sekedar menghabiskan waktu di pantai untuk bersenang-senang, maka tempat ini bisa dijadikan tempat yang asik. Pasalnya, pengelola membuat berbagai arena untuk anak-anak, orang yang suka berolahraga, dan mereka yang senang bermain di pantai saja.

4. Alun-Alun di Bau-Bau

Kota ini tidak banyak memiliki RTH sehingga pantai ini memiliki konsep yang mirip seperti alun-alun. Jadi, Sobat Pesisir bisa menghabiskan waktu di sini meskipun memiliki HTM tertentu di hari biasa dan akhir pekan.

Aktivitas di Pantai Kamali

1. Menikmati Pantai

Karena Sobat Pantai tidak bisa berenang di tempat ini, maka aktivitas utama yang bisa dilakukan adalah menikmati keindahan alam yang ditawarkan pantai. Deburan ombak dan angin sepoi-sepoi bisa membuat teman-teman merasa tenang dan nyaman.

Aktivitas di Pantai Kamali

2. Wisata Kuliner

Hal yang tak boleh dilewatkan oleh pengunjung adalah wisata kuliner. Aktivitas ini menjadi hal favorit karena banyak sekali warung yang menjajakan makanan tradisional dan jajanan di pinggir pantai. Mereka juga menyediakan tempat untuk bersantap di tepi pantai.

3. Menikmati Matahari Tenggelam

Salah satu aktivitas favorit pengunjung pantai adalah menikmati matahari tenggelam. Panoramanya di pantai ini sangat indah dan dimulai pada pukul 5 sore. Di jam ini, suasana pantai juga sangat ramai pengunjung dan teman-teman perlu mencari tempat strategis untuk menikmatinya.

4. Bermain Bersama Keluarga

Bagi teman-teman yang bosan dengan destinasi wisata daratan, maka pantai ini bisa menjadi alternatif yang cukup asyik. Membawa anak-anak ke sini pun tidak akan membuat mereka bosan karena ada arena bermain khusus untuk mereka.

Kesimpulan

Pantai Kamali adalah spot wisata andalan ketika berada di Bau Bau. Posisinya mudah dijangkau karena akses menuju pantai sudah sangat baik. Pantai juga sangat terawat yang membuat pengunjung merasa nyaman di pantai ini.