Kecantikan Pantai Jodo, Destinasi Wisata Cantik Murah Meriah

Kabupaten Batang memiliki banyak destinasi wisata di area pesisir yang salah satunya adalah Pantai Jodo. Pantai ini sangat unik dibandingkan pantai lain yang juga ada di kawasan kabupaten ini karena pepohonan di sekitarnya. Sejauh ini, banyak juga turis lokal yang menghabiskan waktu di sini.

Pantai Jodo

Pantai ini berada di perbatasan dengan Kendal karena posisinya yang berada di paling Timur Kabupaten Batang. Akhir-akhir ini, pantai yang satu ini banyak dikunjungi oleh turis yang asalnya dari luar kota dengan alasan harga tiket masuknya yang cukup murah meriah untuk semua kalangan.

Apakah Sobat Pantai penasaran dengan pantai yang indah ini? Berikut adalah beberapa informasi terkait dengan pantai seperti keindahan, cara berkunjung, dan lainnya yang berguna bagi calon pengunjung.

Profil Pantai Jodo

Keunikan dari area pantai yang ada di Timur dari Kabupaten Batang ini adalah rentetan pohon cemara yang ada di bibir pantai. Pohon cemara jarang tumbuh di pesisir, tetapi bisa tumbuh dengan subur di area ini. Bahkan ukuran pohon cemara di tempat ini cukup besar dan rindang.

Profil Pantai Jodo

Pantai ini juga terkenal sebagai sebuah tempat pelatihan. Sobat Pantai bisa saja menemukan taruna dari TNI AD dan akademi militer saat berkunjung ke pantai ini. Sebab, sejak dulu memang pantai ini dijadikan tempat latihan bagi mereka.

Baca Juga  Pantai Baron Jogja Fasilitas, Objek Wisata, Harga Tiket 2023

Kini, pantai dibuka untuk umum dengan tarif tiket masuk yang sangat terjangkau. Kunjungan dari para turis di sini dinilai cukup ramai sehingga Sobat Pantai akan bertemu dengan pengunjung lainnya di sini. Kebanyakan mereka berpiknik atau sekedar bersantai di tepi pantai.

Alamat Pantai

Alamat pantai berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Pantai ini menyuguhkan pemandangan Laut Jawa dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kendal di sebelah Timur. Posisi pantai juga jauh dari keramaian.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sobat Pesisir berangkat dari arah Pekalongan, maka terus berjalan ke arah Kabupaten Batang sekitar 1 jam 20 menit. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Keputran Ledok. Lalu berbelok ke Jalan Dr. Soetomo dan mengambil Jalan Krengseng.

Setelah di Jalan Krengseng, akan ada sebuah pertigaan lalu belok ke arah kiri dan berbelok ke Jalan Budirejo. Di jalan ini, Sobat Pesisir akan menemukan sebuah plang yang menunjukkan arah ke Pantai Jodo. Ikuti jalan dan Sobat Pantai langsung tiba di tempat ini.

Tiket Masuk Pantai

Untuk bisa masuk ke Pantai Jodo, Sobat Pesisir perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau dan harganya hanya Rp5.000,00 saja. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, maka bisa membayar Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk kendaraan roda empat.

Hanya saja untuk bisa menikmati wahana yang ada di pantai ini, Sobat Pesisir perlu merogoh kocek kembali. Mini trail untuk bisa berkeliling pantai sekitar Rp20.000,00 per 20 menit. Sementara wahana perahu adalah Rp10.000,00 per orang.

Apabila Sobat Pesisir pergi ke pantai ini untuk piknik, ada juga pengelola yang bisa menyewakan tikar. Harga sewa tikarnya hanya Rp5.000,00. Mereka juga menyewakan kursi untuk sunbathing dengan harga Rp5.000,00 saja. Ada juga fasilitas motor ATV dengan harga sewa Rp25.000,00.

Baca Juga  Pantai Sodong Cilacap: Destinasi Seru untuk Liburan Keluarga

Jam Buka Pantai

Pantai ini dibuka selama 24 jam karena banyak orang yang datang ke sini untuk berkemah. Jadi, Sobat Pantai bisa datang kapan saja. Setiap hari, pantai pun dibuka untuk umum dan selalu ada penjaga pantai di kawasan ini, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.

Fasilitas Pantai

1. Parkiran

Fasilitas berupa parkiran yang luas merupakan fasilitas utama yang bisa ditemukan di sini. Parkiran ini bisa menampung mobil dan motor dalam jumlah banyak, terutama pada saat musim liburan. Motor dikenai biaya Rp2.000,00 dan mobil sebesar Rp5.000,00.

2. Toilet dan Kamar Bilas

Jika berkunjung ke pantai ini tujuannya untuk bermain air, maka jangan khawatir. Di sini sudah ada toilet sekaligus kamar bilasnya. Sobat Pantai bisa kembali ke rumah dengan keadaan tubuh yang bersih dari air laut dan pasir pantai.

3. Warung dan Cafe

Jejeran warung dan cafe yang ada di tempat ini menjadi sebuah nilai plus untuk berkunjung ke sini. Meski tidak membawa bekal, Sobat Pesisir bisa membeli makanan dari warung dan cafe. Mereka juga menjual makanan dengan harga terjangkau.

4. Sewa Motor ATV

Bosan dengan aktivitas berenang, Sobat Pantai bisa menyewa motor ATV. Motor trail ini membuat aktivitas di pantai menjadi lebih menyenangkan. Penyewaan motor ini juga sangat murah, hanya Rp25.000,00 saja untuk 20 menit.

Keindahan Pantai

1. Suasana yang Tenang

Pantai ini memiliki suasana yang tenang. Deburan ombaknya tidak terlalu kencang dengan sabuk pohon cemara yang rindang. Meski cuaca terik, menghabiskan waktu seharian di sini pun akan terasa menyenangkan.

2. Pohon Cemara

Pantai ini terkenal dengan pohon cemaranya yang cukup banyak. Pengunjung biasanya memanfaatkan bagian bawah pohon cemara untuk mendirikan tenda kemah atau sekedar menghampar tikar untuk berpiknik.

Baca Juga  Pantai Wediombo: Surga Tersembunyi di Gunungkidul

3. Pasir Coklat

Warna pasir di pantai ini cukup menarik karena warnanya yang coklat. Teman-teman juga bisa melihat bahwa pasir tersebut merupakan serpihan kerang tua yang melapuk.

Aktivitas di Pantai Jodo

1. Naik Bukit

Tempat menarik yang ada di kawasan pantai ini adalah sebuah bukit yang dinamakan Bukit Cinta. Apabila tiba di puncaknya, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pantai, laut dan pepohonan yang rindang di pesisir.

2. Naik Motor ATV

Teman-teman juga bisa naik motor ATV yang disewakan oleh pengelola pantai. Satu motor bisa dinaiki oleh seorang dewasa dan anak-anak. Aktivitas ini sangat menyenangkan apabila tidak ingin berenang. Harga sewanya juga hanya Rp25.000,00 per 20 menit.

3. Berenang

Hal yang juga tidak boleh dilewatkan ketika ke Pantai Jodo adalah berenang. Pesisir pantainya juga memiliki kemiringan yang landai. Jadi, Sobat Pesisir tidak perlu takut untuk bermain air di kawasan ini.

4. Piknik

Piknik merupakan kegiatan yang asik bersama keluarga dan teman-teman. Banyaknya pohon cemara yang rindang menjadi alasan bahwa piknik merupakan agenda utama para pengunjung. Tikar dan makanan bisa dibawa sendiri atau membelinya di sekitar pantai.

5. Wisata Kuliner

Mencicipi kuliner di pantai ini juga menjadi aktivitas yang diminati para pengunjung. Di pantai terdapat banyak cafe dan warung kuliner yang menyajikan makanan khas Batang dan juga seafood. Harga makanan di area ini juga terkenal sangat terjangkau untuk pengunjung.

6. Berkemah

Kegiatan yang juga tidak kalah populer di tempat ini adalah berkemah. Pengunjung bisa membawa peralatan kemahnya sendiri. Tempat terbaik untuk berkemah adalah tepat di bawah pohon cemara yang membentuk sabuk di sepanjang pantai.

Kesimpulan

Pantai Jodo merupakan obyek wisata di Kabupaten Batang yang cukup menarik perhatian. Selain karena dibuka selama 24 jam, pengunjung bisa berkemah dan berwisata kuliner di tempat ini. Pantai ini cocok bagi siapapun yang ingin menghabiskan liburan di area pantai Utara Pulau Jawa.