Pantai Gunung Payung Keindahan Alam Bali yang Tersembunyi

Bali tidak ada habisnya jika bicara soal pantai, karena pulau ini memiliki banyak pantai yang indah. Banyak sekali pantai yang telah terkenal dan penuh oleh wisatawan. Tapi, jika Sobat Pantai ingin menikmati pantai sepi tapi tak kalah indah, bisa coba berkunjung ke Pantai Gunung Payung.Pantai Gunung Payung

Objek wisata satu ini merupakan  pantai tersembunyi yang ada di Bali dan wajib untuk dikunjungi. Bagi Sobat Pantai yang punya rencana liburan ke Bali, cari tau informasi seputar wisata di pantai baru ini dalam pembahasan berikut.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai

Alamat Pantai Gunung Payung yaitu di Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali. Posisinya berada di 4,5 km dari Pura Gunung Payung, atau jika ditempuh menggunakan kendaraan membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Perlu diketahui bahwa akses ke pantai ini cukup menantang. Untuk menuju ke sana diperlukan 45 menit jika berangkat dari Kuta. Lalu, jika telah sampai di Pura Dhang Kahyangan Gunung Payung, kendaraan harus diparkirkan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Jalan menuju pantai ini berupa garukan pasir dan sebagian lagi masih berkapur penuh rumput liar, Berjalan kaki menuju pantai butuh waktu antara 15 – 20 menit. Lumayan jauh dan cukup menguras tenaga. Namun, jika telah sampai di pantainya, maka rasa lelah seakan telah terbayarkan.

Baca Juga  Destinasi Liburan di Pantai Seminyak: Harga Tiket Masuk, Lokasi, Hingga Penginapan

Harga Tiket Masuk

Bagi Sobat Pantai yang sedang merencanakan liburan ke Bali, Pantai Gunung Payung sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata. Tiket masuk yang harus dibayarkan sangat murah dan wisatawan dikenakan biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Keterangan Harga Tiket
Wisatawan lokal (dewasa) Rp4.000,-
Wisatawan mancanegara (dewasa) Rp8.000,-
Parkir motor Rp2.000,-
Parkir mobil Rp5.000,-
Parkir bus Rp10.000,-

Pesona Pantai Gunung Payung

Siapa yang tak takjub dengan keindahan pantai di Bali? Pantai-pantainya menawarkan daya tarik tersendiri di hari para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Begitu juga dengan Pantai Gunung Payung yang sangat eksotis.

Berikut beberapa pesona yang disuguhkan oleh pantai ini yang dapat dinikmati setiap wisatawan.

1. Pantai Berpasir Putih

Pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang sangat memikat seperti halnya pantai lain di Bali. Perlu diketahui bahwa di daerah Bali bagian selatan merupakan surganya pantai berpasir putih. Seperti contohnya Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Jimbaran, dan Pantai Virgin.

Kini, pantai ini masuk dalam tambahan pantai baru di Bali yang memiliki hamparan pasir putih yang indah dan lembut dengan dipadu birunya air laut dan gradasi warna hijau yang begitu memukau dan indah dipandang mata.

2. Pantai yang Masih Sepi Pengunjung

Pantai ini letaknya cukup tersembunyi dan belum banyak didatangi wisatawan. Pantai ini sangat cocok dinikmati bagi Sobat Pantai yang sedang mencari ketenangan.

Perjalanannya memang cukup menguras waktu dan tenaga. Lokasi parkir dan pantai letaknya lumayan jauh, sehingga wisatawan harus berjalan kaki untuk menuju ke pantai.

Ada kurang lebih tiga ratus anak tangga yang harus dilewati untuk sampai di kawasan pantai. Namun, tidak perlu khawatir karena aksesnya cukup aman dan sudah dilengkapi pagar pengaman dari besi.

Baca Juga  Pantai Berawa Canggu Bali: Tiket Masuk, Daya Tarik, dan Fasilitas

3. Merupakan Kawasan Sakral

Disebut kawasan sakral karena nama pantai ini diambil dari salah satu tempat suci Agama Hindu, yang letaknya tak jauh dari lokasi pantai. Pura ini sendiri terletak di tebing tinggi yang membuatnya terlihat menonjol dan menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Wisatawan diperbolehkan untuk mengunjungi Pura, namun harus tetap mengikuti aturan yang berlaku di kawasan tersebut. Tempat ini juga dikelilingi oleh hutan yang menjadi tempat tinggal banyak kera.

Dalam agama Hindu, masyarakat Bali mempercayai bahwa kera adalah hewan yang sakrat. Untuk itu, wisatawan dilarang keras untuk mengganggu dan menyakiti kera yang ada di kawasan ini.

4. Menyuguhkan Wisata Seni dan Budaya Bali

Tak sekedar menyajikan wisata alam yang indah, pantai ini juga menyajikan wisata seni dan budaya khas Bali. Tak jauh dari pantai, terdapat Gunung Payung Cultural Park yang bisa dikunjungi wisatawan. Lokasinya dekat dengan Pura yang menjadi wisata religi.

Selain itu, wisatawan juga dapat melihat rumah-rumah khas Bali. Ada juga pertunjukan tari kecak di sekitar sini yang dapat menjadi wisata seni dan daya tarik tersendiri di hati para wisatawan.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Ketika wisatawan telah sampai di pantai ini, maka akan disuguhkan pemandangan yang indah. Karena masih sepi pengunjung maka Sobat Pantai yang mendatangi pantai ini akan merasakan ketenangan dan kedamaian. Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai ini.

1. Berenang

Ombak di tepi pantai ini cukup tenang sehingga aman jika digunakan untuk berenang di sekitar bibir pantai. Air yang jernih dan segar membuat betah berlama-lama bermain air. Wisatawan diimbau untuk tidak berenang ke tengah.

Baca Juga  Menikmati Keindahan Pantai Batu Bolong Bali yang Memukau

Semakin ke tengah, pantainya semakin dalam dan ombaknya juga semakin besar. Untuk itu, dilarang melanggar aturan yang telah ditetapkan di kawasan ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Surfing

Bagi pemula yang ingin belajar surfing, maka bisa mengunjungi pantai ini. ombaknya cukup bersahabat sehingga cocok menjadi spot berselancar yang seru. Banyak wisatawan yang berselancar di kawasan ini, sehingga bagi Sobat Pantai yang ingin belajar, tidak perlu khawatir berselancar sendirian.

3. Paralayang

Bagi yang suka tantangan dan ingin memacu adrenalin, wajib berkunjung ke pantai ini karena tersedia sarana untuk paralayang. Aktivitas ini menjadi pilihan favorit banyak wisatawan. Tidak perlu khawatir karena akan didampingi oleh orang profesional didukung dengan peralatan keselamatan yang lengkap.

4. Berfoto

Mengunjungi pantai yang indah sangat sayang sekali jika tidak disempatkan untuk berfoto. Pantai ini menyediakan banyak spot foto menarik. Tidak sekedar latar pantai saja, namun, di sepanjang pantai banyak ditemukan spot foto menarik yang bisa dijadikan latar foto.

5. Melihat Pertunjukan Seni

Seperti yang sudah disebutkan bahwa pantai ini menyuguhkan pertunjukan seni dan budaya yang dapat dinikmati wisatawan, mulai dari seni tari kecak hingga menampilkan rumah khas Bali.

Fasilitas dan Objek Wisata Pantai Gunung Payung

Dikarenakan masuk dalam objek wisata baru dan tersembunyi, maka pantai ini belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap layaknya pantai terkenal di Bali lainnya. Namun, saat ini, pemerintah dan tim pengelola sedang melakukan pembangunan fasilitas agar pantai ini dapat dikembangkan dengan baik.

Dengan begitu, nantinya diharapkan wisatawan akan tertarik mengunjungi pantai ini. Sobat Pantai sementara ini bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti berfoto, berenang, berselancar, atau sekedar menikmati indahnya pemandangan dari tepi pantai.

Kesimpulan

Pantai Gunung Payung dapat dimasukkan dalam list liburan. Pantainya yang bagus dan cukup tersembunyi dapat menjadi pilihan bagi Sobat Pantai yang ingin mencari ketenangan. Akses menuju pantai ini sedikit susah, namun semuanya akan terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan.