Pantai Gayasan Wisata Alam yang Menawan di Jawa Tengah

Keunikan dari pantai yang berlokasi di Blitar ini yaitu adanya pasir tiga warna. Benar, Sobat Pesisir bisa melihat hamparan pasir hitam, putih, hingga cokelat yang meningkatkan keindahan. Inilah mengapa Pantai Gayasan harus masuk ke dalam daftar kunjungan teman-teman.

Pantai Gayasan Blitar

Selain itu, pantai ini juga dikenal mempunyai sebuah sungai yang bermuara di pantai. Semakin mendekati pantai, sungai tersebut semakin dangkal. Alhasil pantai seolah terpisah oleh sungai yang bisa dijadikan area bermain yang aman namun seru.

Sebelum menjadwalkan kunjungan teman-teman, mari ketahui berapa harga tiket masuk terkini, objek wisata yang ditawarkan, serta rute menuju lokasi. Semuanya telah dibahas pada artikel di bawah ini!

Keindahan Pantai Gayasan Blitar

Kalau pernah mendengar Pantai Pangi, lokasi pantai ini berada tidak jauh dari sana. Lokasi eksaknya adalah di Desa Tumpakkepuh, Bakung, Blitar. Sebagai pantai di wilayah selatan Pulau Jawa, bisa ditebak betapa besarnya ombak di sini.

Jadi pengunjung tidak boleh berenang demi keselamatan diri. Meski begitu, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan untuk mewarnai liburan teman-teman.

 

Вижте тази публикация в Instagram.

 

Публикация, споделена от Brilian Rizki M 🇮🇩 (@brilian_rizki)

Sobat Pesisir akan dimanjakan dengan suasana pantai yang asri. Panorama alam pantai ini dilukis oleh perbukitan hijau, hamparan pasir yang luas beserta lautan dengan ombak menggulung-gulung.

Menikmati pemandangan seperti ini pastinya dapat menjadi terapi pikiran setelah lelah menjalani rutinitas sehari-hari.

Baca Juga  Pantai Ngetun Gunung Kidul Lokasi Harga Tiket & Fasilitas

Aktifitas di Pantai Pantai Gayasan Blitar

Aktifitas di Pantai Pantai Gayasan Blitar

Meski tidak diperbolehkan berenang, Sobat Pesisir dapat mencoba aktivitas seru di pinggiran pantai, seperti bermain bola pantai, frisbee, piknik, menerbangkan layang-layang dan lain sebagainya. Sebagai bahan referensi, berikut sejumlah aktivitas yang bisa dicoba:

1. Bermain Layang-layang

Angin yang bertiup dari laut cukup besar, membuatnya cocok untuk menerbangkan layang-layang. Sobat Pesisir bisa membawa layang-layang dari rumah, lalu cobalah menerbangkannya di pantai ini.

Langit yang luas beserta angin yang besar, pastinya membuat layang-layang dapat terbang dengan bebas tanpa hambatan.

2. Menjelajahi Pantai dan Bukit Hijau

Bukit hijau yang ada di sekitar Pantai Gayasan dapat dijadikan destinasi trekking yang menyenangkan. Pastikan Sobat Pesisir bertanya kepada warga lokal terkait rute trekking yang aman supaya tidak tersesat.

Tidak usah jauh-jauh dari pantai, namun dari area perbukitan teman-teman dapat menikmati pemandangan yang lebih luas.

3. Membuat Istana Pasir

Adanya hamparan pasir yang luas memberikan kebebasan bagi para pengunjung untuk bermain. Sobat Pesisir harus membawa alat bermain dari rumah jika ingin membuat istana pasir.

Terlebih, aktivitas ini akan menguji kreativitas teman-teman. Ajak anggota keluarga atau teman-teman untuk semakin memupuk keakraban.

4. Main Air di Sungai

Sungai yang mengalir membelah pantai ini cukup dangkal. Arusnya juga tidak terlalu besar, sehingga bisa digunakan sebagai area bermain. Sobat Pesisir yang mau berenang atau sekadar basah-basahan dapat melakukannya di sini.

Akan tetapi, tetap perhatikan kondisi arus sungai sebelum masuk ke dalam air. Pada saat musim hujan, arus sungai bisa cukup deras dan ombaknya terlalu besar, sehingga membuat sungai lebih dalam dan berbahaya.

Hindari pula membawa pulang kerang, karang atau hewan laut lainnya yang ditemukan di pesisir, sungai dan pinggir laut. Itu bisa memicu kerusakan alam.

Baca Juga  Pantai Boom Banyuwangi HTM, Alamat dan Fasilitas

5. Berjemur

Ketika berkunjung di pagi hari di mana pantai masih sepi pengunjung, teman-teman bisa berjemur dengan nyaman.

Gunakan tikar atau kain sebagai alas berbaring. Kenakan tabir surya untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar ultraviolet. Waktu terbaik untuk berjemur adalah hingga pukul 10 pagi.

Sembari ditemani dengan suara ombak dan burung-burung di kejauhan, Sobat Pesisir dapat relaksasi menikmati ketenangan yang ada.

Tips tambahan saat berjemur di pantai, ada baiknya teman-teman mengenakan pakaian yang sejuk dan menyerap keringat. Setelah matahari naik ke atas kepala, sinar UV matahari bisa membakar kulit.

Aplikasikan tabir surya dengan SPF setiap 2 jam sekali untuk melindungi kulit teman-teman yang mau berjemur.

6.  Piknik Pantai

Kemas makanan dan tikar untuk piknik pantai terbaik. Pantai Gayasan menawarkan pemandangan tropis yang mengesankan dan terlalu sayang dilewatkan untuk piknik pantai. Pastikan teman-teman membawa perlengkapan yang cukup, karena lokasi pantai cukup terpencil dari pusat kota.

Perlu diingat, saat membawa makanan dan minuman dari rumah, Sobat Pesisir tidak boleh meninggalkan sampah begitu saja. Pantai yang masih lestari ini harus dilindungi. Pastikan semua sampah dibawa kembali untuk dibuang di tempat yang sudah disediakan.

7. Olahraga Pantai

Datang pagi sekali sekitar pukul 6 jika ingin mendapatkan suasana yang sejuk dan nyaman. Pantai masih sepi membuatnya cocok dijadikan tempat untuk berolahraga. Pilihan olahraga yang bisa dilakukan di antaranya jalan santai, lari pagi, senam, yoga, meditasi, dan lain sebagainya.

Melakukan olahraga di pantai dipercaya dapat menghilangkan rasa stres. Aktivitas ini membantu meningkatkan produktivitas dan menjernihkan pikiran. Dengan begitu, Sobat Pesisir lebih bersemangat untuk memulai hari-hari ke depannya.

Jangan lupa bawa alat olahraga yang lengkap supaya lebih nyaman, mengingat tidak ada kios yang menyewakan alat olahraga.

Baca Juga  Pesona Pantai Kuripan, Pantai Baru di Kabupaten Batang

8. Berburu Foto

Aktivitas yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berburu foto. Berbagai sudut pantai menyuguhkan pemandangan yang indah. Abadikan keseruan momen-momen tersebut dalam bentuk foto yang berkenang.

Harga Tiket Masuk 2023

Saat ini Pantai Gayasan tidak menetapkan biaya tiket kepada pengunjung. Sobat Pesisir boleh berkunjung kapan saja secara gratis. Tidak akan ada orang yang mengusir teman-teman, namun yang terpenting Sobat Pesisir harus bisa menjaga kelestarian alam dan keamanan diri sendiri.

Fasilitas

Fasilitas di pantai ini masih terbatas akibat minimnya pengelolaan dari pihak pemerintah atau swasta. Berdasarkan informasi terbaru, belum ada warung makan, kios penyewaan barang, lahan parkir atau fasilitas lainnya.

Lokasi dan Rute

Pantai ini terletak di timur Pantai Pangi, kurang lebih dipisahkan oleh jarak 1,2 km. Secara administratif, lokasi Pantai Gayasan berada di Desa Tumpakkepuh.

Terdapat 2 pilihan rute yang dapat ditempuh, yaitu melalui JLS dan melewati kantor desa. Jika berangkat dari JLS, teman-teman bisa mengakses pantai ini melalui bagian timur area parkir Pantai Pangi.

Alternatifnya, Sobat Pesisir tinggal berkendara ke bagian timur perempatan Kantor Desa Tumpakkepuh. Sedikit tips, medan menuju lokasi belum dikelola dengan baik. Jadi persiapkan kendaraan yang mumpuni untuk menempuhnya.

Tips Berkunjung

Sebelum berkunjung ke pantai cantik ini, terdapat sejumlah tips berkunjung yang dapat membantu membuat liburan teman-teman semakin menyenangkan. Adapun inilah beberapa tips yang harus diperhatikan:

  • Hindari datang saat cuaca buruk, karena medan menuju lokasi cukup licin serta berkabut. Laut juga berpotensi badai dan gelombang tinggi.
  • Jaga barang bawaan pribadi, karena tidak ada pengawas yang memantau aktivitas di pantai. Kehilangan barang ditanggung oleh masing-masing.
  • Bawa perlengkapan P3K untuk berjaga-jaga sekiranya sakit atau luka saat beraktivitas di pantai.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak gerah.
  • Bawa tikar atau kain untuk alas duduk.

Meski masih membutuhkan pengelolaan yang intensif, Pantai Gayasan tetap tidak pernah surut pengunjung, khususnya di musim kemarau. Bagi Sobat Pesisir yang mau menikmati keasrian alam dari pantai cantik ini, langsung saja rencanakan kunjungan sekarang juga!