Pantai Boom Banyuwangi HTM, Alamat dan Fasilitas

Pantai Boom Banyuwangi adalah sebuah pantai yang berada di ujung Jawa Timur yang menawarkan keindahan alam yang memukau serta beragam fasilitas yang akan membuat kunjungan Anda menjadi tak terlupakan.

Dengan sejarah yang kaya, harga tiket masuk yang terjangkau, serta berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan, pantai ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang pesona dan keunikan Pantai Boom Banyuwangi.

Sejarah Pantai Boom Banyuwangi

Pada masa zaman Kerajaan Majapahit, Pantai Boom di Banyuwangi merupakan sebuah pelabuhan yang sangat penting bagi para pedagang dan saudagar yang melintasi daerah dan negara untuk meneruskan perjalanannya. Hal ini terbukti dari adanya dermaga-dermaga pelabuhan, gudang-gudang bekas serta sebuah lokasi pelelangan ikan yang sudah tidak digunakan. Kapal-kapal yang berlabuh di pantai ini biasanya membawa barang dagangan seperti kopra dan hasil tangkapan nelayan.

Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom adalah dikenal sebagai jalan penghubung penting antara Jawa dan Bali, sebelum kehadiran Pelabuhan Ketapang sekarang. Ramai itu benar-benar dihilangkan ketika ketenangan Pelabuhan Kalipuro mulai beroperasi, hanya para nelayan yang masih melakukan tangkapan ikan di sekitar Selat Bali yang menggunakannya. Dermaga ini berisi banyak bagian sejarah dan masih tetap sampai saat ini.

Pantai Boom Banyuwangi memiliki struktur bantalan kapal sepanjang hampir 1 kilometer. Di sisi kiri dan kanan, nelayan setempat masih menggunakan jenis bantalan ini untuk mengadakan perahu mereka. Struktur ini disebut sebagai “Break Water” atau semenanjung buatan.

Di dermaga ini penduduk lokal biasanya menghabiskan waktu untuk memancing. Di sisi selatan pantai terdapat Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Laut yang merupakan tempat peristirahatan bagi tentara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) yang gugur dalam Perang Melawan Belanda di daerah Banyuwangi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by NiniT (@merianitasari)

Di tahun 1980-an Wisata Pantai Boom Banyuwangi cukup populer karena taman hiburannya. Hampir semua jenis permainan yang ada disini, seperti THR (Taman Hiburan Rakyat) yang hanya dapat dinikmati oleh warga setiap saat Idul Fitri. Sayangnya, arena hiburan rakyat tersebut tidak bisa lagi dinikmati karena tragedi Inkai berdarah pada tahun 1982, dengan kehilangan para peserta latihan Karate Banyuwangi. Untuk memperingati kejadian tersebut, dibangunlah Tugu Inkai di daerah tersebut.

Baca Juga  Pantai Ujung Genteng Pesona Alam dan Kehidupan Laut yang Menakjubkan

Pada tahun 2004, kawasan ini digunakan untuk membangun sebuah kapal ekspedisi bernama Umbul-Umbul Blambangan. Kapal ini dibuat untuk mempromosikan pariwisata Banyuwangi, namun malangnya ia tenggelam.

Proyek yang akan datang di Pantai Boom Banyuwangi adalah sebuah marina atau dermaga untuk kapal pesiar yang akan menghubungkan ke Pelabuhan Benoa, Bali, dan juga resor yang akan dibangun.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Boom

Salah satu keuntungan besar mengunjungi Pantai Boom Banyuwangi adalah harga tiket masuk yang terjangkau. Dengan biaya yang relatif rendah yaitu Rp.7.500,- per orang pembayaran tunai sedangkan untuk QR  Hanya Rp.5.000,- Per Orang. sedangkan anak di bawah umur 2 tahun Gratis, Anda dapat menikmati segala pesona pantai ini tanpa perlu khawatir akan biaya yang membengkak. Ini menjadikan destinasi wisata ini sangat ramah bagi berbagai kalangan, mulai dari wisatawan backpacker hingga keluarga.

Meskipun terletak di daerah yang relatif terpencil, Pantai Boom Banyuwangi dilengkapi dengan beragam fasilitas yang akan membuat kunjungan Anda lebih nyaman. Terdapat area parkir yang luas, warung makan yang menyajikan hidangan lezat khas pantai, serta fasilitas kamar mandi yang bersih dan terawat. Anda juga dapat menyewa gazebo untuk bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi pantai.

Berikut beberapa fasilitas yang ada di pantai boom banyuwangi:

  • Tempat parkir
  • Spot foto instagramable
  • Wahana permainan anak
  • Perahu wisata
  • Tempay Berkemah
  • Taman bermain anak
  • Menunggang Kuda
  • WC dan Tempat Mandi
  • Mushola
  • Gazebo, Payung dann tempat duduk
  • Hotel

Alamat dan Rute Lokasi

Pantai Boom Banyuwangi terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh para wisatawan. Untuk menuju ke Pantai Boom Banyuwangi dari pusat kota Banyuwangi, Anda dapat mengikuti rute berikut.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan, dari pusat kota banyiwangi perkiraan jaraknya kurang lebih 2.5 km bisa malelui Jl. Nasional III-Jl. Dr. Sutomo ke Jl. Nusantara di Kampung Melayu-Jl. Nusantara ke tujuan Anda di Kampungmandar.

Baca Juga  Pantai Pelang Trenggalek HTM, Lokasi dan Fasilitas

Meskipun aksesibilitasnya cukup baik, disarankan untuk mempersiapkan peta atau menggunakan aplikasi navigasi selama perjalanan agar tidak tersesat. Selain itu, pastikan juga untuk mengecek kondisi lalu lintas sebelum berangkat agar perjalanan menjadi lebih lancar.

Dengan alamat dan rute lokasi yang jelas serta kemudahan akses transportasi yang disediakan bagi pengunjungnya menjadikan pantai ini menarik untuk dikunjungi. Jadi, tunggu apa lagi?

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi bukan hanya sekadar pantai indah dengan pasir putih dan ombak yang menenangkan, tetapi juga menawarkan berbagai aktivitas seru yang akan membuat kunjungan Anda semakin berkesan. Inilah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berada di Pantai Boom Banyuwangi:

Menikmati Sunrise yang Memesona

Salah satu pengalaman tak terlupakan di Pantai Boom Banyuwangi adalah menyaksikan matahari terbit yang memukau. Saat fajar mulai menyingsing, cahaya matahari perlahan muncul di cakrawala, menciptakan pemandangan yang begitu indah dan menenangkan.Menikmati Sunrise yang Memesona di pantai boom banyuwangi

Anda dapat membawa tikar atau alas duduk untuk duduk santai sambil menikmati momen magis ini. Jangan lupa untuk mengabadikannya dalam foto sebagai kenangan yang berharga.

Melihat Pelabuhan Marina

Pantai Boom Banyuwangi juga memiliki pelabuhan Marina yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat melihat kapal-kapal nelayan yang berlabuh atau sedang bersiap-siap melaut. Suasana pelabuhan yang sibuk dan penuh aktivitas akan memberikan Anda gambaran tentang kehidupan nelayan di daerah ini.Pelabuhan Marina

Jika beruntung, Anda mungkin juga bisa menyaksikan bongkar muat hasil tangkapan nelayan, ada juga yang menjaring dan memancing ikan. Di lokasi ini yang bakal digadang-gadang pemerintah daerah kelak sebagai dermaga tol laut dan pelabuhan bagi kapal pesiar dari berbagai negara.

Bersantai di Tepi Pantai

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada duduk santai di tepi pantai sambil mendengar deburan ombak dan merasakan hembusan angin laut yang segar. Anda dapat membawa tikar, matras, atau handuk untuk bersantai di pasir sambil menikmati panorama alam sekitar.

Bersantai di Tepi Pantai boom

Baca buku, berbaring sambil berjemur, atau hanya menikmati momen keheningan yang jarang bisa Anda temukan di tengah kesibukan sehari-hari.

Mencari Tempat Foto yang Instagramable

Bagi Anda yang gemar berfoto dan mengunggahnya di media sosial, Pantai Boom Banyuwangi adalah surga bagi para pencari tempat foto yang instagramable. Dengan latar belakang pantai, ombak, dan langit biru, Anda akan mendapatkan berbagai spot menarik untuk mengambil foto yang memukau. Jangan ragu untuk berkreasi dengan berbagai pose dan sudut pengambilan gambar.

Baca Juga  Pantai Wediombo: Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Tempat Foto yang Instagramable pantai boom banyuwangi

Jadi, tunggu apa lagi? Planinglah perjalanan Anda ke Pantai Boom Banyuwangi dan nikmati berbagai aktivitas seru yang ditawarkan. Menikmati sunrise yang memesona, melihat kehidupan pelabuhan Marina, bersantai di tepi pantai, dan mencari tempat foto yang instagramable adalah beberapa cara untuk membuat liburan Anda menjadi tak terlupakan di pantai eksotis ini.

Tips Berkunjung

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Pantai Boom Banyuwangi, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda agar pengalaman liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan lancar. Berikut adalah beberapa tips berkunjung yang dapat Anda ikuti:

1. Waktu Terbaik untuk Mengunjungi
Pantai Boom Banyuwangi sangat ramai dikunjungi pada musim liburan dan akhir pekan. Jadi, jika memungkinkan, sebaiknya kunjungi pantai ini di hari biasa atau saat sedang tidak terlalu ramai untuk menghindari kerumunan orang.

2. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan
Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah menyiapkan perlengkapan seperti sunblock, topi, kacamata hitam, dan sandal pantai. Juga jangan lupa membawa handuk serta ganti pakaian ekstra jika ingin mandi atau berenang di pantai.

3. Patuhi Aturan Kebersihan
Saat berkunjung ke Pantai Boom Banyuwangi, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Pastikan sampah-sampah dibuang pada tempatnya dan hindari merusak alam dengan melakukan aktivitas yang dapat merusak ekosistem laut.

4. Cicipi Kuliner Lokal
Setelah puas menikmati suasana pantainya, jangan lupa mencoba kuliner lokal di sekitar Pantaj Boom Banyuwangi seperti ikan bakar atau seafood segar lainnya.

5. Gunakan Peta Panduan
Agar tidak tersesat saat menuju ke Pantai Boom Banyuwangi, pastikan Anda menggunakan peta panduan atau meminta bantuan warga setempat untuk menunjukkan jalan ke pantai.

FAQs (Pertanyaan Umum)

  1. Apakah Pantai Boom Banyuwangi cocok untuk dikunjungi oleh keluarga? Ya, Pantai Boom Banyuwangi sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Fasilitas yang lengkap dan beragam aktivitas membuatnya menjadi destinasi yang ramah bagi semua anggota keluarga.
  2. Apakah ada penginapan di dekat Pantai Boom Banyuwangi? Ya, terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda pilih di dekat Pantai Boom Banyuwangi untuk menginap selama liburan.
  3. Apakah pantai ini aman untuk berenang? Ya, pantai ini aman untuk berenang, tetapi tetap perhatikan instruksi keselamatan dan panduan dari petugas pantai.
  4. Apakah saya perlu memesan tiket masuk sebelumnya? Tidak perlu memesan tiket masuk sebelumnya, Anda bisa membelinya langsung di lokasi.