Pantai Baron Jogja Fasilitas, Objek Wisata, Harga Tiket 2023

Pantai yang sudah melegenda ini sangat dikenal oleh masyarakat Yogyakarta. Pasalnya, pantai ini merupakan salah satu pantai klasik yang dari dulu ada. Berbeda dari pantai tetangga, seperti Parangtritis, Pantai Baron memiliki pasir putih dan air yang biru kehijauan.

Pantai Baron Jogja

Nama ‘baron’ sendiri diambil dari nama seorang pria Belanda yang konon berlabuh di sini. Tetapi bukan itu saja yang diburu pengunjung. Sobat Pesisir dapat menemukan mercusuar tinggi yang dibangun di atas bukit, inilah daya tarik utamanya.

Pantai ini juga memiliki keunikan lain, seperti adanya sungai kecil yang menjadi area pertemuan antara aliran air asin dan tawar. Area ini sering dijadikan sebagai area bermain air yang menyenangkan. Jika Sobat Pesisir ingin berkunjung, ketahui dulu beberapa informasi penting di bawah ini!

Sejarah

Menurut cerita yang turun-temurun di masyarakat, pantai ini dinamakan atas seorang berkewarganegaraan Belanda yang bernama Baron Skeber. Konon, pria ini berlabuh dengan kapalnya di pantai di selatan Yogyakarta ini.

Beberapa warga lokal menyebut Baron sebagai sosok di balik pemberontakan terhadap Raja Mataram Islam. Akan tetapi, belum ada yang tahu jelas mengapa nama Baron diabadikan menjadi sebuah pantai ini.

Ada yang mengatakan bahwa Baron menyukai kawasan teluk, sesuai dengan geografis pantai Baron. Selain cerita asal-usul Baron, ada juga sebuah gua yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Pada zaman dulu, terlihat seekor harimau yang menyeret mayat seseorang masuk ke dalam gua.

Ketika dicari, harimau tersebut tidak ditemukan, bahkan warga sempat menyusuri ke dalam gua. Sampai saat ini harimau tersebut tidak kunjung ditemukan dan tidak ada yang melihatnya keluar dari dalam gua.

Objek Wisata

Pantai dengan pasir cokelat kekuningan ini selalu ramai oleh pengunjung, khususnya pada akhir pekan, libur nasional dan liburan sekolah. Begitu banyak aktivitas seru yang dapat dicoba di pantai terbaik ini, seperti:

Baca Juga  Liburan Asyik Bersama Keluarga di Pantai Utama Raya Probolinggo

1. Naik ke Atas Mercusuar

Tidak banyak pantai umum yang memiliki mercusuar. Tentunya teman-teman harus memanfaatkan menara tinggi ini saat mampir. Mercusuar dengan tinggi 40 meter ini dibangun di atas perbukitan. Sekilas menara ini terlihat seperti dihimpit oleh dua bukit.

Naik ke Atas Mercusuar Pantai Baron Jogja

Sobat Pesisir boleh naik ke atas untuk melihat pemandangan laut selatan yang luar biasa. Dari ketinggian, teman-teman dapat melihat deretan kapal nelayan yang sedang melaut, hiruk pikuk para wisatawan di pesisir, hingga melihat aliran sungai kecil yang menuju ke laut.

Pemandangan spektakuler ini harus diabadikan dalam foto. Tetapi hanya ada akses tangga untuk mencapai titik paling atas mercusuar, jadi siapkan stamina yang cukup.

2. Kemah di Perbukitan Karang

Bagi yang ingin berdekatan dengan alam, bisa mencoba berkemah di dekat bukit karang. Area ini populer sebagai salah satu tempat kemah terbaik di Yogyakarta.

Pastikan mengajak rombongan teman supaya kegiatan kemah semakin menyenangkan. Ketika matahari sudah berganti bulan, Sobat Pesisir bisa menikmati ketenangan bersama langit yang bertabur bintang dan pantai yang sepi.

3. Main di Sungai Kecil

Banyak orang yang berkunjung hanya untuk melihat fenomena pertemuan antara aliran air tawar dan air asin. Teman-teman bisa menemukannya di muara Pantai Baron. Menurut warga setempat, aliran sungai tersebut berubah setiap 5 tahun sekali.

Misalnya, ketika air yang seharusnya mengalir ke barat, malah berubah menjadi ke arah timur, membuat fenomena seperti aliran sedang membelah pasir. Namun, kemungkinan ini berhubungan dengan bentuk pantai yang berupa teluk.

Bagian sungai kecil ini ramai oleh anak-anak. Sungainya dangkal dan dasarnya berupa pasir putih yang lembut. Airnya mengalir dengan deras, membasuh tubuh dengan kesejukannya.

Baca Juga  Pantai Ngetun Gunung Kidul Lokasi Harga Tiket & Fasilitas

4. Memancing

Lautan di pantai ini dikenal sebagai habitat predator kelas atas, seperti ikan barakuda, tenggiri, hingga kuwe gerong. Bagi Sobat Pesisir yang mau mencoba menaklukkan ikan-ikan tersebut, bisa berjalan singkat menuju area yang banyak kapal nelayan.

Teman-teman bisa bertanya langsung ke nelayan setempat terkait lokasi ikan-ikan tersebut. Pastikan menggunakan alat pancing yang kuat supaya berhasil, seperti menggunakan mata kail terbaik dan senar yang tidak mudah putus. Jika tidak sempat membawa alat pancing, belilah di gerai terdekat.

5. Menghadiri Larung Sesaji

Seperti diketahui, masyarakat tradisional Yogyakarta masih menegakkan budaya dan adat leluhur, salah satunya yang terus berlanjut adalah Larung Sesaji.

Upacara yang bertujuan menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan ini dilakukan setiap setahun sekali. Masyarakat umum bisa menghadirinya langsung untuk melihat acara yang magis ini berjalan.

6. Foto dengan Kapal Nelayan

Sayangnya kapal nelayan tidak disewakan untuk menyusuri Pantai Baron. Namun, teman-teman bisa berfoto dengan latar barisan kapal tradisional tersebut yang mana sama-sama meningkatkan estetika foto. Karena memang ini adalah spot yang selalu diburu para pemburu foto.

7. Kulineran

Tidak boleh ketinggalan adalah wisata kuliner di pantai ini. Mulai dari dekat pintu masuk hingga bibir pantai, Sobat Pesisir akan disuguhkan dengan aneka warung makan yang menjual berbagai menu lezat.

Menu yang paling laris tentunya masakan hewan laut, seperti kepiting, udang, ikan, cumi dan lain sebagainya. Bahkan teman-teman bisa membeli langsung hewan laut dari para nelayan, lalu meminta warung makan untuk mengolah makanan tersebut.

Fasilitas

Pihak pengelola terus mendirikan fasilitas untuk mendukung kenyamanan para pengunjung. Saat ini, beberapa fasilitas yang sudah berdiri di antaranya:

  • Area kemah
  • Area memancing
  • Gardu pandang
  • Kios alat pancing dan suvenir
  • Lahan parkir
  • Mercusuar
  • Tempat makan
  • Toilet bersih
Baca Juga  Pesona Eksotis Pantai Wohkudu Jogja yang Mengagumkan

Harga Tiket

Untuk menikmati seluruh akses yang ada di pantai ini, Sobat Pesisir tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Harga tiket Pantai Baron 2023 masih Rp10.000 per orang. Akan tetapi, biaya ini belum termasuk biaya parkir motor dan mobil. Masing-masing dikenakan tarif parkir seharga Rp3.000 dan Rp5.000. Bagi yang masuk ke menara mercusuar, akan dikenakan biaya tambahan seharga Rp5.000 per orang.

Rute Menuju Lokasi

Pantai ini berlokasi di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Lebih tepatnya di Desa Kemadang. Untuk mencapai lokasi bisa ditempuh menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Jika memilih opsi pertama, teman-teman cukup menggunakan bus dari Terminal Giwangan atau pilih bus dengan rute Yogyakarta-Wonosari. Sesampainya di Wonosari, dilanjut menggunakan bus mini dan berhenti di pantai ini.

Namun jika membawa kendaraan pribadi rutenya tidak jauh berbeda. Sobat Pesisir bisa berangkat dari titik Bukit Bintang Jogja, lalu ikuti petunjuk yang tertera pada plang jalan. Nantinya teman-teman akan tiba di lokasi dalam waktu singkat.

Tips

Jika teman-teman membawa anak, disarankan hanya bermain di sungai yang arusnya kecil saja. Pasalnya, ombak pantai selatan cukup berbahaya, khususnya saat musim hujan.

Selain itu, datanglah pada waktu yang tepat untuk melihat fenomena berubahnya aliran sungai yang menimbulkan ilusi seolah air membelah pasir.

Terakhir, bagi yang membawa kendaraan pribadi sebaiknya hati-hati. Jalanan menuju lokasi cukup berkelok, namun sudah beraspal.

Sudah siap mengunjungi Pantai Baron Yogyakarta? Dengan harga tiket yang terjangkau, Sobat Pesisir bisa menikmati semua keseruan tersebut. Jangan lupa untuk menaiki titik teratas menara mercusuar untuk melihat pemandangan laut yang tak terlupakan.