5 Daya Tarik Pantai Bara dan Jalan Rahasia ke Sana

Setiap pulau di Indonesia menyajikan kecantikan yang istimewa dan biasanya tidak bisa ditemukan di pulau lainnya. Salah satu pulau menarik di Indonesia yang menawarkan pesona alam terbaik adalah Sulawesi. Pulau yang satu ini mempunyai pantai eksotis yang bernama Pantai Bara.Pantai Bara

Namanya memang jarang terdengar karena popularitasnya masih kalah dari saudara kembarnya, yaitu Pantai Bira. Keduanya memang berada di pulau yang sama dan siap untuk membuat setiap pengunjung terpesona. Seindah apakah Bara dan bagaimana cara menuju ke sana?

Daya Tarik yang Disajikan oleh Pantai Bara

Beberapa orang merasa sudah menemukan surga tersembunyi saat baru saja tiba di Bara. Tidak banyak wisatawan yang datang ke sana sehingga alamnya masih bisa disebut suci, alias belum terjamah tangan-tangan manusia yang kadang nakal membawa-bawa sampah.

Alam di sekitar pantai masih sangat hijau dan terjaga, siap menyebarkan ketenangan bagi para pengunjung yang datang. Kalau Sobat Pantai sedang butuh healing dengan suasana sunyi dan tenang, langsung saja pesan tiket dan segera terbang ke Bulukumba. Apa saja yang sudah Bara sediakan?

1.     Laut yang jernih menyegarkan

Jangan cuma duduk-duduk santai di tepi pantai saja. Air laut yang memanggil-manggil menawarkan kesegaran maksimal yang tidak tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta. Sulawesi memang terkenal mempunyai alam bawah laut yang tidak tertandingi.

Jadi, selagi masih menikmati pesona alam di Bara Bulukumba, sekalian saja mencoba diving atau snorkeling. Menyelami laut Bara akan memberikan pengalaman paling menarik selama liburan. Terumbu karang dan biota laut di dalamnya siap membantu melupakan sejenak rasa penat.

Baca Juga  Pantai Katembe, Pantai Terkenal di Sulawesi Tenggara

2.     Camping

Pengelola Bara Bulukumba juga sudah menyediakan area camping ground yang bisa digunakan oleh wisatawan yang enggan meninggalkan area pantai. Jika ingin menikmati pantai dalam suasana yang lebih sepi, coba cari spot camping ke sudut kanan, agak sedikit menjauh dari wisatawan yang lainnya.

Selain lebih tenang dan sepi, spot camping di bagian kanan Pantai Bara ini juga lebih bagus dan menarik. Batu karang dan dinding yang bertemu dengan birunya laut serta hijaunya pepohonan membuat pemandangan menjadi lebih eksotis, cocok untuk background foto bersama pasangan.

3.     Naik perahu

Beberapa nelayan di Bara Bulukumba menyediakan perahu mereka untuk disewa. Kalau Sobat Pantai ingin mencoba mencicipi angin laut langsung dari tengah laut, pertimbangkan untuk berlayar di atas perahu yang disewakan.

Selain memandangi laut dari tepi pantai dan melihat langsung alam bawah air, merasakan udara laut dari atas perahu menyediakan pengalaman lain yang cukup seru dan menyenangkan. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen yang jarang terjadi ini.

4.     Menikmati banana boat

Ingin menikmati suasana laut tapi tidak tertarik naik perahu keliling pulau? Coba nikmati wahana menarik banana boat yang juga tersedia di Bara Bulukumba. Wahana permainan yang satu ini memungkinkan pengunjung menonton langsung seberapa jernih air laut Bara dari dekat.

Segala yang ada di bawah air akan terlihat jelas dan lebih dekat saat pengunjung melintas di atas banana boat. Pengamanan yang diberikan juga memadai sehingga para pengunjung yang menaiki banana boat bisa merasa nyaman sekaligus aman saat menikmati wahana yang seru ini.

5.     Sunrise di tepi pantai

Para wisatawan Pantai Bara yang memilih untuk camping biasanya akan disambut dengan pemandangan sunrise yang indah di pagi hari. Bara sendiri merupakan pantai yang menghadap ke arah timur sehingga pemandangan sunrise pun bisa terlihat dengan jelas.

Baca Juga  Pantai Kamali: Keindahan Pantai Tersembunyi di Indonesia

Pastikan untuk bangun lebih awal sehingga tidak akan melewatkan momen matahari terbit yang mulai menerangi alam Indonesia yang masih sangat asri. Pengalaman seperti ini tidak mudah ditemukan di berbagai kota lain di Indonesia.

Harga Tiket Masuk ke Bara

Sebelum berangkat ke Bulukumba dan menambahkan Bara sebagai salah satu tempat wisata yang akan dituju, tentu Sobat Pantai perlu mencari tahu dulu seluk beluk pantai ini. Misalnya, orangtua yang akan membawa anak berlibur ke sana harus tahu apakah pantai ini aman untuk anak-anak.

Selain itu, setiap pengunjung yang akan berlibur ke pantai ini juga wajib mencari tahu informasi terbaru mengenai harga tiket masuk serta harga setiap fasilitas yang disediakan di pantai ini. Daftar lengkap harga-harga bisa dilihat langsung di tabel ini.

Fasilitas Harga
Tiket masuk ke pantai Rp25.000 per orang
Sewa lokasi kemah Rp35.000
Parkir Antara Rp10.000 hingga Rp20.000 tergantung jenis kendaraan
Toilet/kamar mandi untuk bilas Sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000
Sewa alat bakar ikan Antara Rp50.000 sampai Rp100.000
Sewa kapal Sekitar Rp300.000 sampai Rp800.000

Rute Menuju Bara Bulukumba

Lokasi Bara ada di desa Bira, Bontobahari, Bulukumba. Pantai yang letaknya di bagian selatan pulau Sulawesi ini tidak terlalu jauh dari saudara kembarnya, yaitu Pantai Bira. Dari pusat Bulukumba, jarak Bara sekitar 45km. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus melewati gerbang khusus.

Dimulai dari gerbang Kawasan Wisata Tanjung Bira, pengunjung perlu berkendara sejauh 15 menit menggunakan sepeda motor untuk mencapai Pantai Bara. Perjalanannya melewati jalanan dan perbukitan yang tidak terlalu besar tapi bisa dilewati mobil dan kendaraan roda empat lain.

Hindari menempuh perjalanan di sore apalagi malam hari. Sangat disarankan untuk menempuh perjalanan di pagi atau siang hari. Akses jalan berupa perbukitan dan hutan memungkinkan pengunjung untuk berpapasan dengan binatang liar jika memaksakan diri datang saat hari mulai gelap.

Baca Juga  Pantai Apparalang, Raja Ampat Bulukumba

Fasilitas di Pantai Bara

Sobat Pantai tidak perlu memusingkan perkara kenyamanan di pantai ini. Bara menyediakan berbagai fasilitas yang sudah pasti akan menunjang kenyamanan para pengunjungnya. Beberapa fasilitas yang tersedia di berbagai penjuru Bara Bulukumba antara lain:

  • Kamar mandi umum yang bisa diakses dengan mudah dan cepat karena lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai.
  • Tempat makan yang menawarkan berbagai jenis masakan yang tidak hanya enak dipandang tapi juga nikmat di lidah.
  • Area khusus untuk selfie dan mengambil foto bersama dengan rombongan. Contohnya adalah area ayunan atau hammock yang nyaman dan menarik.
  • Persewaan alat yang memungkinkan para pengunjung untuk membakar seafood bersama dan menikmati kebersamaan saat berkemah.
  • Area parkir cukup luas sehingga tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir dan gagal menikmati alam Sulawesi yang masih asri.

Tips ke Bara Lewat ‘Jalan’ Rahasia

Memang, jalur darat adalah yang paling pertama dipertimbangkan oleh para pengunjung yang akan menuju ke Bara. Tapi sebenarnya ada cara lain yang lebih eksotis dan seru daripada menempuh jalur yang biasa. Caranya adalah naik perahu dari Pantai Bira menuju ke Bara yang lokasinya tidak jauh.

Selama perjalanan, pengunjung juga bisa sekalian menikmati keindahan laut yang dilalui. Selain itu, para pengunjung juga tidak perlu khawatir bertemu dengan binatang liar dan monyet-monyet tak berekor yang menanti setiap wisatawan yang akan datang dan menikmati indahnya Pantai Bara.