Pantai Apparalang, Raja Ampat Bulukumba

Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki banyak pantai dengan pesona yang menawan. Salah satunya ada di Kabupaten Bulukumba yaitu Pantai Apparalang. Objek wisata ini menyimpan keindahan eksotis yang mengagumkan sehingga membuat wisatawan bisa mendekatkan diri dengan alam.pantai apparalang

Air lautnya yang jernih dan semilir angin yang menyegarkan akan memberikan suasana baru yang menyenangkan. Dari pinggir pantai, Sobat Pesisir dapat menyaksikan langsung keindahan laut dan langit yang berwarna biru. Saat ini berlibur ke pantai memang seringkali menjadi pilihan.

Selain hemat, ada banyak spot yang bisa dieksplor. Kegiatan menenangkan diri sampai melakukan olahraga air bisa dilakukan secara lebih nyaman. Apalagi pantai ini jauh dari perkotaan sehingga bebas polusi.

Tentang Pantai Apparalang

Berbeda dari pantai pada umumnya, Pantai Apparalang terletak di bagian tepi tebing yang curam. Hembusan angin dan ombaknya yang kencang membuat suasana yang dihadirkan terasa tidak biasa dan menegangkan.

Tidak heran jika lokasi ini sering dimanfaatkan untuk menguji adrenalin dengan aktivitas olahraga air. Panoramanya yang eksotis membuat objek wisata ini patut dikunjungi ketika ke Sulawesi Selatan. Apparalang berasal dari Bahasa Konjo Pesisir yang artinya adalah ujung yang curam.

Tidak hanya menawarkan pesona lautnya saja, namun ada juga batu karang yang terlihat megah di sepanjang pantainya. Hal ini membuat penampilannya terlihat semakin eksotis. Keindahan tebing semakin lengkap dengan adanya perpaduan hutan hijau yang asri di sekitarnya.

Objek wisata ini pertama kali dibuka pada tahun 2011. Namun karena akses jalannya yang belum bagus, pantai ini dahulu belum dikenal. Ketika jalan penghubung dari Desa ke pantai sudah selesai, pada November 2014 objek wisata ini mulai dikenal oleh para wisatawan.

Baca Juga  Pantai Tambu Sulawesi Tengah: Info Harga Tiket, Fasilitas, dan Rute

Meskipun tidak memiliki pesisir, namun pesonanya tidak berkurang sama sekali karena digantikan dengan formasi tebing yang mempesona. Keindahan alam akan terlihat sangat nyata ketika berkunjung ke pantai ini.

Keistimewaan dan Daya Tarik Pantai Apparalang

Terdapat banyak sekali hal menarik yang bisa dieksplor di pantai ini. Pesonanya tidak akan habis meskipun Sobat Pesisir sudah berkeliling ke berbagai sudutnya. Suasananya yang menyegarkan membuat betah dan ingin kembali lagi. Apa saja keunikan panorama yang dihadirkan. Berikut uraiannya.

1. Hutan Rindang

Sekeliling pantai akan didominasi dengan pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Terlihat seperti hutan yang rindang dan teduh. Pohon yang ada seringkali dijadikan sebagai tempat bermain burung sehingga sering dihinggapi.

Berada di bawahnya dapat memberikan kedamaian yang nyaman. Mulai dari area parkir hingga tebing pantai, tidak hanya menyuguhkan pemandangan hutan rindang saja.

Namun ada juga lahan pertanian yang dimiliki oleh warga. Lahan tersebut umumnya digunakan untuk menanam jagung dan tumbuhan lainnya. Udaranya sangat sejuk sehingga berkeliling di area ini terasa sangat menyenangkan.

2. Gradasi Air Laut yang Unik

Warna lautnya yang biru terlihat sangat tenang dengan gradasi warna dataran landai yang membuatnya semakin memukau. Laut di pantai ini sangatlah unik dan menghadirkan empat gradasi warna yang berbeda.

Diantaranya dari tosca, putih, biru tua, hingga biru muda. Hal ini membuat pantai terlihat sangat cantik. Ditambah kondisinya yang masih asli dan belum banyak didatangi wisatawan sehingga terlihat lebih jernih dan indah.

Panoramanya mampu membuat jatuh cinta pada pandangan pertama. Terumbu karang dan ikan terlihat dari permukaan karena airnya yang sangat jernih.

3. Tebing Apparalang

Pesona pantai dan tebing Apparalang yang mempesona membuat objek wisata ini dijuluki sebagai Raja Ampat Bulukumba. Karakteristik pantainya sangat unik sehingga bisa memikat minat para wisatawan untuk berkunjung.

Baca Juga  Pantai Katembe, Pantai Terkenal di Sulawesi Tenggara

Dinding karangnya terlihat memanjang dari bagian utara hingga ke selatan dan dilengkapi dengan karang yang menonjol.

Hal inilah yang membuat tebing terlihat sangat eksotis dan berbeda. Kemiringannya sekitar 90 derajat dan dibawahnya dapat terlihat langsung air yang jernih dengan banyak sekali coral menarik.

Pada sisi tebing terlihat puluhan anak tangga yang terbuat dari kayu sehingga menambah keindahan tempat ini. Saat berjalan-jalan disekitar tebing, wisatawan harus berhati-hati karena tangganya cukup curam.

HTM dan Jam Operasional Pantai Apparalang

Biaya yang dibutuhkan untuk dapat berkunjung ke pantai ini tidaklah mahal. Harga tiket masuknya hanya sekitar Rp5 ribu. Untuk kendaraan yang dibawa, wisatawan akan dikenakan biaya parkir Rp5 ribu untuk motor dan Rp20 ribu untuk mobil.

Tidak ada batas waktu kunjungan yang ditetapkan sehingga wisatawan bisa bebas menghabiskan waktu sepuasnya. Pantai dibuka selama 24 jam sehingga pengunjung bisa datang kapan saja sesuai keinginan.

Rute Pantai Apparalang

Pantai Apparalang Bulukumba berada sejauh 36 KM dari pusat Kabupaten Sulawesi Selatan atau sekitar 190 KM dari pusat kota Makassar. Jarak tempuh yang dibutuhkan kira-kira selama 5 jam perjalanan.

Apabila memulai perjalanan dari kota Makassar, kendaraan bisa diarahkan menuju pusat pemerintahan Kabupaten Bulukumba. Setelah sampai ke kota Bulukumba, bisa mengikuti Jalan Poros Bira Bulukumba untuk kemudian menuju ke arah Tanah Lemo.

26 KM dari Kantor Bupati yang ada di Tanah Lemo, belok kiri ke jalan kecil. Ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu dengan pertigaan, kemudian belok kanan. Sekitar kurang lebih 1 KM, dapat terlihat gerbang masuk. Dari gerbang masuk ke lokasi pantai berjarak sekitar 2,5 KM.

Jalur perjalanan cukup kecil sehingga harus berhati-hati saat berpapasan dengan kendaraan lain yang berlawanan arah. Jika Sobat Pesisir datang dari arah Bandara Hasanuddin, bisa menggunakan rute Tanjung Bira. Waktu tempuh perjalanan dari Tanjung Bira ke Apparalang sekitar 20 menit.

Baca Juga  Pantai Enu Harga Tiket, Rute, dan Objek Wisata

Fasilitas yang Ada Di Lokasi Pantai

Ketika berkunjung ke pantai ini, Sobat Pesisir perlu menyiapkan perlengkapan dengan baik. Kondisi pantai masih dalam keadaan alami dan belum terlalu terkenal. Sehingga tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi pantai.

Namun jika berjalan di sekeliling pantai akan melihat beberapa rumah warga yang berjualan makanan. Sayangnya, hal ini hanya bisa ditemukan pada waktu tertentu saja seperti pada akhir pekan atau saat libur nasional.

Penginapan juga akan sulit ditemukan pada lokasi pantai ini. Namun jika ingin bermalam, bisa memilih penginapan di Tanjung Bira yang lokasinya tidak terlalu jauh.

Jika ingin merasakan sensasi alam yang sebenarnya, bisa mendirikan tenda dan tidur di gazebo dengan menggunakan sleeping bag yang dibawa sendiri. Kebersihan lingkungan sekitar sangat terjaga sehingga terasa nyaman.

Kesimpulan

Panoramanya yang menakjubkan membuat wisatawan betah untuk menghabiskan waktu yang lama di pantai ini. Untuk yang suka tantangan, bisa melakukan kegiatan melompat dari tebing karang. Lokasi ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai sarana menguji adrenalin.

Selain mampu menghadirkan sensasi semangat yang menyenangkan. Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam yang eksotis secara langsung. Untuk naik ke tebing tidak terlalu sulit karena sudah tersedia tangga untuk sampai ke puncak.

Kegiatan menyenangkan lainnya juga bisa dilakukan di Pantai Apparalang diantaranya seperti memancing, snorkeling, berenang, hingga hunting foto.